Awas! Ini Alasan Mengapa AC Bisa Tularkan Virus Corona

Harus lebih waspada, nih!

Awas! Ini Alasan Mengapa AC Bisa Tularkan Virus Corona

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Di masa pandemi virus corona atau COVID-19 saat ini, memang penting untuk kita selalu waspada pada kondisi sekitar, bahkan pada benda seperti AC (Air Conditioning) atau pendingin udara. Ya, benda yang satu ini disebut-sebut bisa membantu penyebaran COVID-19 antar manusia, lho! 

Mengapa demikian, ya? 

1. AC tidak secara langsung menjadi media penyebar COVID-19

Awas! Ini Alasan Mengapa AC Bisa Tularkan Virus Corona

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan Komite Etik Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Guangzhou, Tiongkok, menyatakan bahwa aliran udara yang kuat dari AC bisa merambatkan tetesan dari satu tempat ke tempat lain.  

Penelitian ini bermula dari sebuah kasus di sana. Diketahui ada 10 dari 83 orang di sebuah restoran yang terinfeksi virus COVID-19. Hal ini membuat peneliti berspekulasi apakah virus bisa menyebar melalui AC. Namun, setelah ditelaah, virus bukanlah menyebar melalui AC di restoran tersebut.  

2. Meski begitu, pergerakan udara AC bisa memengaruhi pergerakan tetesan dari liur seseorang

Meski begitu, peneliti disana menemui kemungkinan besar lainnya. Tetesan pernapasan yang berukuran besar akan tetap di udara dalam waktu singkat dan bisa berpindah umumnya dalam jarak pendek umumnya. Namun, aliran udara yang kuat dari AC bisa merambatkan tetesan satu meja ke meja lain. 

Studi ini menyimpulkan bahwa faktor utama terjadinya infeksi adalah arah aliran udara, dan hal ini sangat dipengaruhi oleh gerakan angin dari AC.   

Hal senada diungkapkan oleh Maher Balkis, dokter penyakit menular di Cleveland Clinic, Abu Dhabi. Menurutnya, ia memang belum menemukan kasus AC dapat dengan langsung menjadi media penyebar virus COVID-19. Namun, pergerakan udara oleh AC bisa mempengaruhi perpindahan tetesan dari liur seseorang menjadi lebih jauh. 

"Namun, ada kemungkinan bahwa arus udara yang disebabkan oleh pendingin udara mungkin memungkinkan tetesan di udara menyebar lebih jauh dari yang seharusnya," ujar Maher. 

"Temuan ini didukung oleh apa yang kita ketahui tentang virus lain seperti influenza, yang diketahui tidak menyebar melalui sistem saluran udara, melainkan menyebar melalui kontak dekat dan tetesan yang terinfeksi," lanjut Maher.  

3. Matikan AC atau gunakan masker adalah solusi terbaik!

Untuk meminimalkan kemungkinan terinfeksi COVID-19, maka dua hal sederhana ini harus kamu coba! 

Pertama, matikan AC saat sedang berinteraksi dengan orang lain. Dengan ini, pergerakan udara oleh AC akan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk membawa virus dari orang lain untuk masuk ke tubuhmu.

Kedua, gunakan masker saat berada di ruangan yang berisi orang lain, khususnya di ruangan ber-AC. Penggunaan masker dapat menghindarkanmu dari paparan liur dari orang sekitarmu yang mungkin terinfeksi COVID-19. Tidak ada salahnya untuk waspada, bukan?

Stay safe, Bela!

Baca Juga :

Tak Terduga, Ini 7 Cara Penularan Virus Corona
Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Virus Corona  
Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Jangan Asal, Begini Tahapan Mencuci Tangan Yang Benar  
7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Virus Corona 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here