Ini Cara Mendapatkan Kuota 50 GB dari Kemendikbud

Diberikan selama empat bulan berturut-turut, lho!

Ini Cara Mendapatkan Kuota 50 GB dari Kemendikbud

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Demi menyukseskan pembelajaran jarak jauh (PJJ), pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), akan memberikan kuota internet gratis kepada siswa, guru, mahasiswa dan juga dosen. Pemberian kuota internet gratis yang tertera di surat edaran (Kemendikbud) dengan nomor surat 8202/C/PD/2020 ini akan dibagikan selama 4 bulan berturut-turut, mulai dari September hingga Desember 2020. Untuk besaran kuota, tiap pihaknya akan mendapatkan jumlah yang berbeda-beda. Setiap bulannya, 35 GB kuota akan diberikan untuk siswa, 42 GB untuk guru, dan 50 GB untuk mahasiswa serta dosen. 

Lalu, bagaimana cara mendapatkan kuota internet yang akan langsung dikirimkan ke nomor ponsel siswa, guru, mahasiswa dan dosen ini? Berikut ini caranya.

Mendaftarkan nomor ponsel

Ini Cara Mendapatkan Kuota 50 GB dari Kemendikbud

Untuk mendapatkan kuota gratis, maka nomor ponsel siswa serta pengajar harus didaftarkan melalui aplikasi Data Pokok Pendidikan atau Dapodik. Nah, Dapodik sendiri merupakan sistem pendataan skala nasional yang terpadu dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional. Aplikasi ini berfungsi untuk menjaring data pokok pendidikan yang akan dimanfaatkan dalam berbagai kebijakan pendidikan. 

Pengisian data di Dapodik ini hanya bisa dilakukan oleh satuan pendidikan, yaitu sekolah atau universitas. Hal ini sesuai dengan perintah yang tertera di surat edaran 8202/C/PD/2020 yang ditandatangani oleh Jumeri, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, serta Pendidikan Menengah. 

"Menugaskan kepada seluruh Kepala Satuan Pendidikan agar melengkapi Nomor Handphone untuk peserta didik yang aktif melalui aplikasi Dapodik," seperti tertulis dalam surat edaran tertanggal 27 Agustus 2020.

Jumeri juga memberikan penjelasan bahwa siswa yang tidak memiliki ponsel bisa mendaftarkan nomor ponsel orangtuanya. Tak hanya itu, ia juga mengatakan apabila nantinya masih ada siswa yang belum mendapatan subsidi yang dianggarkan sebesar Rp7,2 triliun ini, maka akan ada tahapan berikutnya.

Didaftarkan sebelum tanggal 11 September 2020

Sebelumnya, tenggat waktu pengumpulan nomor ponsel ke dalam Dapodik ialah 31 Agustus 2021. Namun, tenggat tersebut diperpanjang hingga 11 September 2020. Hal ini tertera di surat edaran susulan bernomor 8310/C/PD/2020.  

"Tenggat waktu penginputan nomor handphone peserta didik ke dalam Aplikasi Dapodik diperpanjang sampai dengan 11 September 2020," seperti yang tertera dalam surat edaran tertanggal 30 Agustus 2020.

Itulah cara mendapatkan kuota 50 GB dari Kemendikbud, ya, Bela. Semoga bisa memberi manfaat besar untuk proses belajar mengajar kamu.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here