9 Fakta di Balik Tutupnya Bogor Mini Zoo, Ada Kasus 2 Monyet Mati

Bogor Mini Zoo memelihara satwa dilindungi secara ilegal

9 Fakta di Balik Tutupnya Bogor Mini Zoo, Ada Kasus 2 Monyet Mati

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Pada 16 September lalu, sebuah video muncul di media sosial yang mengungkapkan adanya dua ekor anak monyet mati di dalam kandangnya dengan dugaan karena kelaparan di Bogor Mini Zoo. Video tersebut merupakan unggahan dari akun Instagram @doniherdaru yang menampilkan sebuah kandang yang tidak layak, berisi 14 ekor bayi monyet yang masih memerlukan asuhan induknya.

Mirisnya adalah terdapat seekor bayi monyet sampai mengorek-orek tanah untuk mencari makan. Mengetahui hal tersebut, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menutup sementara Bogor Mini Zoo karena penyebab kematian kedua monyet tersebut belum jelas. Tak hanya itu saja, ia juga melihat adanya ketidaksesuaian dengan aturan pengelolaan dan perawatan satwa di sana.

Lantas, apa saja hal tidak sesuai yang ditemukan di Bogor Mini Zoo sehingga harus ditutup sementara? Berikut ini, Popbela rangkumkan deretan 9 fakta di balik tutupnya Bogor Mini Zoo.

1. Terjadi perbedaan pernyataan

9 Fakta di Balik Tutupnya Bogor Mini Zoo, Ada Kasus 2 Monyet Mati

Sebelumnya, Doni Herdaru, selaku penyebar informasi tersebut menyimpulkan perbedaan pernyataan dari pihak Bogor Mini Zoo. Awalnya, GM Hotel Green Forest Bogor, Richard Silaban mengatakan bahwa dua ekor monyet tersebut bukanlah bayi monyet, melainkan monyet dewasa berjenis monyet pantai. Doni mengungkapkan kalau hal tersebut bertolak belakang karena monyet ekor panjang dewasa tidak berukuran sekecil itu.

Selain itu, dari pihak Bogor Mini Zoo juga menyebutkan kedua monyet tersebut mati sehabis berkelahi di hari itu juga lantaran tidak tahan dengan lukanya. Namun, Doni menepis pernyataan pihak tersebut dengan bagaimana rutinitas pemberian makan dan obatnya. Lalu, monyet biasanya berkelahi layaknya tawuran sehingga menyebabkan setidaknya satu ekor saja yang tumbang.

2. Kondisi Bogor Mini Zoo yang memprihatinkan

Richard Silaban juga menegaskan kalau kondisi kebun binatang mini saat itu tidak mengkhawatirkan sama sekali. Sekedar informasi, Bogor Mini Zoo merupakan bagian dari Hotel Green Forest Bogor di Pamoyanan, Bogor. Kebun binatang ini ditujukan tak hanya pengunjung hotel, tapi juga dibuka untuk umum.

Doni Herdaru kembali mengungkapkan dengan kesaksian warga yang telah berkunjung ke sana. Bahkan, ia juga menyebutkan kesaksian dari 2020 dan 2021 bahwa kondisinya prihatin, seperti tidak terurus dari kulit binatang yang sakit sehingga lalat mengerubungi, kelaparan, hingga kandang terlihat kotor.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here