Kabar mengejutkan datang dari aktor Riverdale, Ryan Grantham (24). Ia mengaku membunuh ibunya dengan cara menembaknya di kepala belakangnya pada 2020.

Tak hanya itu saja, dikutip dari dailymail, Jumat (17/6/2022), Ryan Grantham menembak ibunya, Waite, agar menutup jejak serta saksi rencana pembunuhannya pada Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

Karena perbuatannya, Ryan dengan status bersalah atas pembunuhan tingkat dua kepada ibunya pada 2020 dan juga merencanakan untuk membunuh Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

Diketahui, Gratham membunuh ibunya yang sedang bermain piano dengan menembaki kepala belakangnya pada 31 Maret 2020.

Dikutip CBC, setelah sang Ibu tewas, Ryan menutupi jasad ibunya dengan sehelai kain dan meletakkan lilin di sekelilingnya.

Setelah menembak ibunya, Grantham menyimpan tiga senjata api, bom molotov, amunisi, dan perlengkapan berkemah, di mobilnya. Dengan senjata api tersebut, Justin berencana membunuh Trudeau keesokan harinya. Grantham mengemudikan mobilnya dan menuju Ridaeu Cottage di Ottawa, tempat Trudeau dan keluarganya tinggal.

Aktor 'Riverdale' Ryan Grantham, Diduga Berencana Bunuh PM Kanada?meaww.com

Tak hanya itu saja, ia juga hendak melakukan kerusuhan massal di sekolahnya di Universitas Simon Fraser, di Vancouver. Untungnya, kedua hal ini tak jadi ia lakukan. Ia malah pergi ke markas polisi Vancouver untuk menyerahkan diri.

Aktor asal Kanada tersebut mengatakan hal mengejutkan itu selama menjalani sidang hukuman pada Senin (13/6/2022).

Aktor tersebut menjalankan sidang hukumnya pada hari Senin, dalam menentukan berapa lama ia harus menjalani hukuman. Sidang yang berlangsung di Mahkamah Agung British Colombia ini juga menentukan berapa lama hukuman sebelum Ryan memenuhi bebas bersyarat.

For your information, pembunuhan tingkat dua diatur dengan hukuman seumur hidup wajib dan periode pembebasan bersyarat berkisar antara 10 hingga 25 tahun.

Ryan memiliki riwayat depresi dan penggunaan obat-obatan

Aktor 'Riverdale' Ryan Grantham, Diduga Berencana Bunuh PM Kanada?Ryan Grantham

Selama sidang hukuman Grantham di Mahkamah Agung British Columbia, hakim menjelaskan tentang kondisi mental dan perilaku aktor muda tersebut sebelum dan sesudah dia membunuh ibunya berusia 64 tahun, di rumah mereka. Sebelumnya, Grantham ditetapkan tingkat satu pembunuhan. Tetapi selama sidang berlanjut, dirinya ditetapkan bersalah atas pembunuhan tingkat dua.

Tak hanya menjalani pembunuhan ibunya saja, Grantham bahkan membuat video momen pasca pembunuhan tersebut.

Dikutip Complex Canada, dalam pernyataannya kepada polisi, Grantham menjelaskan rencananya untuk membunuh serta kutipan dari jurnal pribadinya yang dibacakan di pengadilan.

Melansir CBC, penuntut telah merujuk dua laporan psikiatris yang menunjukkan bahwa Grantham sedang mengalami depresi klinis yang intens dalam beberapa bulan menjelang pembunuhan. Kedua laporan mengatakan dia memiliki gangguan akibat penggunaan narkoba jenis ganja.

Diduga alasan Gantham membunuh ibunya agar ibunya tidak ingin melihat aksi kejahatannya itu. Laporan psikiatri juga menyebutkan bahwa Grantham memiliki kecenderungan untuk melakukan kekerasan dan bunuh diri. Hal itu diperparah dengan meningkatnya perasaan membenci dirinya dan rasa bersalah atas ibunya.

Sebagai mantan aktor cilik, Grantham telah muncul dalam beberapa film dan serial TV terkenal, termasuk Diary of a Wimpy Kid, The Imaginarium of Dr. Parnassus, Supernatural, Riverdale, dan iZombie.

Baca Juga: 7 Kasus Pembunuhan yang Paling Populer Sepanjang Sejarah Dunia

Baca Juga: Selain Jiyeon T-ARA, 8 Idol Kpop Ini Pernah Dapat Ancaman Pembunuhan

Baca Juga: 10 Daftar Kasus Penembakan Sekolah Paling Tragis di Amerika Serikat