7 Tsunami Paling Tinggi yang Pernah Ada Dalam Sejarah

Tingginya ada yang mencapai 500 meter lebih

7 Tsunami Paling Tinggi yang Pernah Ada Dalam Sejarah

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Tak ada satu pun manusia menginkan bencana datang, termasuk tsunami yang masuk dalam kategori musibah alam paling berbahaya dan paling mematikan di dunia. Gelombang raksasa tsunami yang bergerak cepat dapat menyapu bersih daratan beserta isinya.

Memakan ratusan bahkan ribuan korban jiwa serta kerusakan infrastruktur publik dan tempat tinggal, yang menimbulkan kerugian materil sangat besar serta menorehkan memori pilu bagi para korban selamat.

Beberapa bencana tsunami yang terjadi di berbagai belahan dunia tercatat memiliki gelombang tertinggi di dunia. Walau tak masuk dalam kategori paling destruktif, namun kerugian yang dihasilkan dari tsunami tersebut tetap saja terasa oleh masyarakat dan pemerintah. Apa saja?

7. Pulau Ambon dan Pulau Seram Indonesia (100 m)

7 Tsunami Paling Tinggi yang Pernah Ada Dalam Sejarah

Salah besar kalau kamu menganggap bahwa gelombang tsunami Aceh pada 2004 adalah yang tertinggi di Indonesia. Dari jurnal MDPI memaparkan bahwa gelombang tsunami di Pulau Ambon dan Pulau Seram mencapai tinggi puncak hingga 100 meter. Peristiwa tsunami pertama di Tanah Air ini terjadi di masa kolonialisme Portugis, tepatnya pada 17 Februari 1674.

Kala itu, gempa besar melanda Kepulauan Maluku yang berdekat dengan Laut Banda. Guncangan dahsyat ini menyebabkan getaran di bawah laut dan menimbulkan gelombang sangat besar dan cepat. Tercatat lebih dari 2000 orang menjadi korban jiwa dalam peristiwa tragis itu.

6. Teluk Lituya, Alaska (120 meter)

Musibah tsunami di Teluk Lituya pertama kali terjadi di akhir tahun 1853-1854. Tinggi gelombang pertamanya mencapai 394 kaki atau sekitar 120 meter. Masuk sebagai lokasi mega tsunami dalam sejarah, tsunami dahysat ini terjadi karena adanya tanah longsor dahsyat di pantai bagian selatan teluk dekat dengan Mudslide Creek.

Tak mengherankan, karena kawasan perairan ini punya dinding curam yang terlalu dekat dengan patahan Fairweather dan memicu gelombang destruktif.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here