Pada bulan November 2021, FORTUNE Indonesia menampilkan 20 FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year 2021. Nama-nama terpilih memiliki asal-usul yang beragam, mulai dari pendiri, pemilik, hingga Chief Executive Officer. Pemilihan 20 pebisnis terbaik Indonesia pada tahun ini tak hanya bertujuan untuk memberikan apresiasi, namun juga untuk menginspirasi para pebisnis lainnya. Cara mereka masing-masing dalam menghadapi berbagai tantangan di masa pandemik pun bisa dijadikan pelajaran penting dalam melakoni bisnis.

1. Mengupas kisah ke-20 tokoh

Telah Hadir! 20 FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year 2021Dok. IDN Media

Melalui edisi keempatnya, FORTUNE Indonesia mengupas kisah dari para tokoh yang masuk ke daftar 20 FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year 2021. Dimulai dari Garibaldi Thohir, Presiden Direktur dan CEO PT Adaro Energy Tbk; Franky Oesman Widjaja, Chairman & CEO Golden Agri-Resources Ltd (GAR), seorang pemimpin yang dengan cermat memanfaatkan precision agriculture service; Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), sosok perempuan yang memimpin perusahaan minyak dan gas di Indonesia, satu-satunya perusahaan Indonesia yang berhasil masuk ke dalam jajaran perusahaan dengan pendapatan terbesar di dunia.

2. Metodologi yang digunakan

Telah Hadir! 20 FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year 2021Dok. IDN Media

Mengacu pada metodologi yang digunakan prinsipal FORTUNE di Amerika Serikat, penilai ditentukan berdasarkan kinerja yang dihasilkan oleh perusahaan pada tahun 2020 dan semester pertama tahun 2021. Di samping itu, Businessperson of the Year 2021 juga dinilai dari sejumlah indikator seperti kepemimpinan yang transformatif, Good Corporate Governance (GCG) yang efektif, dan aksi korporasi yang adaptif.

3. Token apresiasi bagi para pelaku bisnis terpilih

Telah Hadir! 20 FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year 2021Hendra Soeprajitno, Editor-in-Chief FORTUNE Indonesia (Dok. IDN Media/Herka Pangaribowo)

Hendra Soeprajitno, Editor-in-Chief FORTUNE Indonesia: “Pada edisi ke-4 ini, FORTUNE Indonesia hadir dengan 21 sampul yang berbeda yang merupakan hasil karya ilustrator kami, Bedoel Achmad. Dua puluh cover di antaranya menampilkan 20 tokoh dari FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year 2021. Dinilai berdasarkan beberapa indikator fundamental,  seperti keuangan yang positif, kepemimpinan transformatif yang menekankan pada revitalisasi institusinya, Good Corporate Governance (GCG) yang efektif, dan aksi korporasi yang adaptif. Kategori ranking ini merupakan token apresiasi bagi para pelaku bisnis yang telah terpilih, sekaligus sumber inspirasi bagi para pelaku bisnis yang lain. Selamat!”

FORTUNE Indonesia dapat diakses di fortuneidn.com. Klik bit.ly/fortuneidn untuk berlangganan.