Masih di dalam bulan yang sama saat perayaan Lebaran 2022, namun rasanya seperti sudah jauh terlewat. Momentum Lebaran yang lalu telah banyak dimanfaatkan oleh para UMKM lokal untuk meningkatkan penjualan dengan menyediakan berbagai pilihan hampers.

Sedikit kilas balik mengenai inisiatif Tokopedia untuk penuhi kebutuhan masyarakat dengan menghadirkan Tokopedia Ramadan Ekstra mulai dari 1-30 April 2022, serta Tokopedia NOW! yang siap membantu masyarakat memenuhi produk kebutuhan harian.

“Ada data yang menarik, ternyata dari segala macam kebutuhan menu sahur, mi instan menjadi yang favorit di Tokopedia Now!” ujar Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communication Tokopedia, pada virtual media gathering, Kamis (12/05/2022).

1. Kategori paling laris di Tokopedia

Kilas Balik Tokopedia Selama Ramadan 2022, Mi Instan Jadi Favoritinstagram.com/kursusbakingprivate

Selain menu makanan dan minuman, masyarakat banyak memburu produk fashion seperti kerudung, gamis, peci hingga menjadi produk paling dicari saat bulan Ramadan. Ekhel menyebutkan jika peningkatan hampir empat kali lipat dibanding rata-rata penjualan selama tahun 2022. Menilik lebih jauh, lewat Tokopedia NYAM! penjualan madu, kue kering dan kopi menjadi produk minuman dan makanan yang paling laris.

Kilas Balik Tokopedia Selama Ramadan 2022, Mi Instan Jadi Favoritinstagram.com/tokopediasalam

Bukan hanya menyediakan kebutuhan pokok dan harian, lewat Tokopedia pengguna dapat membeli tiket perjalanan ke luar kota. Tercatat, tiket menuju Jakarta, Surabaya, Denpasar, Medan dan Yogyakarta menjadi tujuan favorit untuk mudik. 

Ada pula tren yang konsisten setiap bulan Ramadan, yakni, masyarakat bisa berdonasi, membayar zakat, wakaf maupun zakat mal melalui Kotak Amal Tokopedia. Ditotal, sudah lebih dari 15 miliar pengumpulan donasi, zakat, wakaf dan fidyah yang terkumpul.

2. Panggung untuk UMKM lokal

Kilas Balik Tokopedia Selama Ramadan 2022, Mi Instan Jadi Favorittokopedia.com

Tokopedia berkomitmen untuk terus menghadirkan kesempatan yang merata bagi pembeli dan penjual di setiap daerah. Tokopedia berfokus dengan mendekatkan UMKM lokal di Indonesia dengan pembeli setempat untuk bertumbuh.

Menggunakan teknologi geo tagging, pembeli bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan lewat toko terdekat. Hal ini juga memberi kesempatan kepada penjual untuk lebih berkembang.

Kilas Balik Tokopedia Selama Ramadan 2022, Mi Instan Jadi Favoritinstagram.com/tokopedia

Kategori favorit lainnya adalah Tokopedia Parsel Ramadan. Menjadi kampanye yang menarik, sebab tersedia ribuan pilihan paket parsel untuk Lebaran. Mulai dari kue kering, makanan siap saji, alat makan, aroma terapi hingga peralatan ibadah.

Kampanye ini memberi kesempatan kepada para pegiat usaha lokal, agar memiliki panggung untuk menghadirkan produk parsel kepada pembeli. “Dan yang menarik sebetulnya, pengiriman parsel Lebaran terjauh selama Ramadan ini yaitu dari Pekanbaru ke Jayapura. Jadi, jarak tidak menghalangi kita untuk berbagi kebaikan dan menyampaikan rasa sayang,” ujar Ekhel Chandra.

3. Lonjakan permintaan hingga 3x lipat

Kilas Balik Tokopedia Selama Ramadan 2022, Mi Instan Jadi Favoritinstagram.com/pipiltincocoa

Salah satu UMKM lokal yang juga merasakan lonjakan penjualan yang cukup besar selama bulan Ramadan lalu yakni, Pipiltin Cocoa. Berkat kampanye Tokopedia Parsel Lebaran, penjualan Pipiltin Cocoa mengalami peningkatan hingga 3x lipat. 

Telah hadir sejak tahun 2013, usaha yang dibagun oleh Tissa Aunilla dan Irvan Helmi ini telah memberdayakan lebih dari 2000 petani cokelat lokal dari Aceh hingga Papua.

Kilas Balik Tokopedia Selama Ramadan 2022, Mi Instan Jadi Favoritinstagram.com/pipiltincocoa

Produk yang dijual Pipiltin Cocoa cukup unik, sebab mereka tidak mencampurkan cokelat dari daerah asal dengan rasa apa pun. Kini, Pipiltin Cocoa telah memiliki 6 jenis cokelat dari asal yang berbeda, yaitu, Aceh, Jawa Timur, Bali, Flores, Kalimantan Timur dan Papua Barat.

Selain itu, Pipiltin Cocoa juga memproduksi coklat couverture yang terbuat dari biji cokelat asli. “Jadi kalau biji cokelat itu dipress dengan mesin itu keluar yang namanya cocoa butter dan cocoa powdernya. Nah, kalau cokelat compound itu diganti cocoa butternya dengan minyak nabati, kami tidak melakukan itu. Hal itu membuat sensasinya berbeda,” ungkap Tissa Aunilla.

Berusaha memperkenalkan produk cokelat asli Indonesia bukan hanya kepada masyarakat Indonesia saja, penjualan Pipiltin Cocoa telah memasarkan produk mereka ke Jepang, Rusia, Singapura, hingga Switzerland.

Inovasi terus dilakukan Tokopedia untuk membuat pembeli maupun penjual bisa terus bertumbuh dan berkembang. Lewat inovasi yang dikeluarkannya, Tokopedia telah secara nyata membantu mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, serta membantu penjual memasarkan produknya. Kira-kira, ke depannya ada inovasi apa lagi, ya dari Tokopedia?

Baca Juga: Hadirkan Ekosistem Inklusif, Tokopedia Luncurkan Fitur Ramah Difabel

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Mengamankan Akun Tokopedia Dari Hacking

Baca Juga: Bantu UMKM di Masa Pandemi, ini Bentuk Dukungan Platform Fintech