Demi mendorong tumbuhnya content creator baru di Indonesia, sejak 2021 GoPlay mulai aktif mengembangkan konten live interaktif. Bertujuan membuat para content creator lokal semakin dikenal luas, memiliki pendapatan yang sustainable, serta mendorong tumbuhnya ekonomi kreator di Indonesia, GoPlay resmi meluncurkan program GoPlay Creator Fund, Rabu (30/03/2022). 

“Kami terus berupaya mendorong tumbuhnya kreator baru, dengan menjalankan skema Professional User Generated Content (PUGC) yang membuka pintu selebar-lebarnya pada konten kreator baru untuk berkreasi lewat tayangan live stream dengan kualitas konten yang terus kami jaga. Dengan demikian, mereka berkesempatan untuk menemukan komunitas penggemar setia di GoPlay,” ujar Edy Sulistyo selaku CEO GoPlay, melansir dari keterangan resmi, pada Rabu (30/03/2022).

1. GoPlay Creator Fund akan berlangsung sepanjang tahun

Hadirkan GoPlay Creator Fund, GoPlay Ajak Kreator Jadi Diri Sendirihttps://goplay.co.id/live

GoPlay Creator Fund terbuka bagi seluruh kreator di Indonesia, mulai dari kreator pemula hingga yang sudah memiliki ribuan pengikut.

Menyiapkan dana lebih dari Rp15 miliar untuk program GoPlay Creator Fund, para kreator berkesempatan mendapat bonus bulanan dengan proses pencairan yang instan dan seamless, berpotensi mendapat virtual gift, pelatihan, hingga keuntungan khusus untuk meningkatkan skala program live show mereka sepanjang tahun. 

Tidak hanya itu, lewat fitur instant withdrawal yang dimiliki GoPlay, para kreator dapat menikmati proses pencarian dana yang cepat, bahkan setelah live show berakhir.

2. Apa itu True Fans?

Hadirkan GoPlay Creator Fund, GoPlay Ajak Kreator Jadi Diri SendiriVirtual Media Gathering - Peluncuran Program GoPlay Creator Fund dalam Dorong Tumbuhnya Konten Kreator Baru di Indonesia

True Fans adalah sebutan untuk orang-orang yang terus kembali, untuk melihat live streaming kamu minimal 2x dalam sebulan. GoPlay mendukung transparansi dan inovasi kreator dengan memberikan rapor bulanan performa yang akan dikirimkan secara langsung, serta akses untuk instant withdrawal setiap bulan atau ketika show berakhir.

Hadirkan GoPlay Creator Fund, GoPlay Ajak Kreator Jadi Diri Sendirigoplay.co.id

Berbeda dengan aplikasi serupa lainnya, GoPlay berkomitmen mendukung keberlangsungan content creator agar memiliki pendapatan yang berkelanjutan. Selain itu, GoPlay mendukung para content creator lokal agar tetap menjadi dirinya sendiri, tanpa mengejar view dengan isi konten yang kurang manfaat. 

“Di GoPlay Live kami tidak menilai keberhasilan dari angka tersebut (followers dan subscribers), tapi kami menghargai upaya kreator membangun hubungan yang dekat dan personal dengan penonton. Sehingga, kreator dapat memiliki penonton setia. Di GoPlay kami menyebutnya True Fans.” ujar Sandy Colondam, GoPlay content creator head at Gojek, pada konferensi pers GoPlay, Rabu (30/03/2022).

3. Menghadirkan magical experience bagi kreator dan penonton

Hadirkan GoPlay Creator Fund, GoPlay Ajak Kreator Jadi Diri SendiriVirtual Media Gathering - Peluncuran Program GoPlay Creator Fund dalam Dorong Tumbuhnya Konten Kreator Baru di Indonesia

GoPlay telah memudahkan penonton berinteraksi dengan kreator lewat ragam fitur interaktif seperti chat, live quiz, hingga live games. Penggemar juga dapat mengapresiasi content creator favorit secara finansial melalui fitur virtual gift

"Berangkat dari pemahaman serta interaksi kami yang intens bersama kreator lokal, GoPlay melihat semakin banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan konten kreator sebagai profesi utama. Sehingga, akses hasil virtual gift sebagai pendapatan setelah event atau liveshow yang dapat diandalkan secara cepat menjadi sangat krusial, karena menjadi sumber pemasukan utama sehari-hari mereka,” ujar Edy Sulistyo.

Sebagai seorang content creator  yang aktif membuat konten di YouTube, Jerome Polin sedikit membagikan pengalamannya, “Dari pengalaman aku, yang paling penting komunikasi. Jadi, semakin sering komunikasi, hubungan kita akan semakin mendalam, ini juga berlaku buat konten kreator.”

4. GoPlay membangun creators economy

Hadirkan GoPlay Creator Fund, GoPlay Ajak Kreator Jadi Diri Sendiriinstagram.com/goplayindonesia

Fitur virtual gift yang dikumpulkan dari penonton, telah membantu para kreator mendapatkan pendapatan dari hasil karya mereka. Mengutip dari keterangan resmi, para kreator berkesempatan untuk memperoleh berbagai keuntungan, yaitu: 

  • Dukungan promosi kreator maupun iklan berbayar pada berbagai media channel GoPlay.
  • Edisi spesial virtual gift dengan desain khusus pada live show yang diselenggarakan kreator.
  • Dapat menggunakan studio rekaman GoPlay di Jakarta untuk kebutuhan live streaming.
  • Dapat tampil dalam acara live show rutin GoPlay, seperti GoCoustic, hiburan akustik mingguan GoPlay.
  • GoPlay Playground, penampilan spesial bulanan yang menampilkan berbagai kreator unggulan GoPlay.
  • Kesempatan mendapat sponsor dari brand partner yang difasilitasi GoPlay.
  • Mentorship khusus dari tim GoPlay.
Hadirkan GoPlay Creator Fund, GoPlay Ajak Kreator Jadi Diri SendiriVirtual Media Gathering - Peluncuran Program GoPlay Creator Fund dalam Dorong Tumbuhnya Konten Kreator Baru di Indonesia

Chief strategic officer GoPlay, Martinus Faisal menambahkan, “Berbeda dengan platform lainnya, di mana kreator sangat bergantung pada sponsor dari brand untuk memperoleh pendapatan, GoPlay mendorong skema creators economy sejak awal berdiri. Creator economy mensyaratkan pendapatan yang diperoleh kreator tidak hanya dari brand, namun utamanya dari fans.”

Selain live chat interaktif, GoPlay juga menghadirkan fitur live game. Bukan hanya mencari keseruan pribadi, namun juga dapat merekatkan interaksi dengan penggemar. Yuk, nggak usah ragu dan mulai berkarya lewat fitur-fitur menarik dari GoPlay!

Baca Juga: 5 Film Komedi Romantis Korea di GoPlay untuk Temani Akhir Pekan Kamu

Baca Juga: Makin Banyak Pilihan, Ini Bedanya GoPlay, Netflix, iflix, dan Viu

Baca Juga: 5 Tips untuk Kreator Pemula Saat Membuat Konten Video Pendek Horor