Telur rebus merupakan makanan yang bisa dimakan sebagai lauk, ataupun sebagai makanan utama untuk para pelaku diet. Bisa dibuat dengan mudah dan nggak memakan waktu banyak, juga bisa disajikan di atas salad ataupun roti bakar.

Telur rebus sangat mudah dibuat, akan tetapi proses mengupasnya akan menjadi bagian yang lama dan nggak menyenangkan. Dengan tiga langkah ini, kamu bisa mengupasnya dengan sangat mudah.

1. Mulai dengan telur yang tua

Cara Mengupas Telur Rebus dengan Mudah   freepik.com/ freepik

Mungkin akan terdengar aneh, tetapi telur yang sudah tua atau lama akan mudah untuk proses pengupasan. Seiring lamanya waktu, putih telur akan lebih menyusut yang akan menyisakan kantong udara antara cangkang dan telur.

2. Rendam dalam air es

Cara Mengupas Telur Rebus dengan Mudah   freepik.com/ freepik

Setelah memilih telur yang sudah tua, kamu bisa merebusnya di dalam air panas. Setelah mendidih, kamu bisa memasukkannya ke dalam mangkuk besar berisi air es. Nggak hanya akan menghentikan proses memasak, ini juga akan mencegah cangkang luar menempel ke kulit. Dan pastinya akan lebih mudah mengupas telur yang dingin daripada yang panas.

3. Kupas dengan hati-hati

Cara Mengupas Telur Rebus dengan Mudah   freepik.com/ detry

Gunakan sendok atau tepi permukaan yang keras untuk membuat retakan kecil di tengah telur. Kupas cangkang telur rebus dengan hati-hati. Jika kamu akan mengupas lebih dari satu telur, isilah mangkuk sedang dengan air untuk membantu membersihkan telur dari serpihan cangkang yang masih menempel di permukaan telur.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Telur buat Kamu yang Nggak Punya Banyak Waktu, Enak!