Adanya pandemi corona ini pastinya akan membuatmu insecure ketika mengonsumsi makanan, baik yang diolah terlebih dahulu ataupun buah dan sayur. Hal ini karena penyebaran corona di makanan atau permukaan sebuah benda, tidak bisa dipastiakn benar berapa lama bisa bertahan.

Akan tetapi, beberapa tindakan pencegahan di antaranya adalah mencuci buah dan sayur sebelum kamu makan. Hal ini untuk menjaga makananmu tetap aman dan bebas dari kuman atau virus. Inilah beberapa cara mencuci buah dan sayur agar lebih aman dikonsumsi.

1. Cuci tangan sebelum mencuci buah dan sayur

Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar di Masa Pandemi Coronafreepik.com/ freepik

Pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun ini untuk mencegah penyebaran COVID-19. Bahkan ketika kamu mencuci buah dan sayuran, pastikan tanganmu dalam keadaan bersih. Cuci tangan setidaknya selama 20 detik sebelum membersihkan buah dan sayur.

2. Cuci buah dan sayuran dengan air mengalir

Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar di Masa Pandemi Coronafreepik.com/ angelina_zinovieva

Bersihkan engan iar mengalir semua buah dan sayuran yang kamu beli dari pasar, swalayan ataupun e-commerce. Dilanjutkan dengan menggosok semua sisi buah dan sayuran dengan hati-hati. Kotoran dan bakteri akan larut dalam air yang mengalir tersebut.

3. Jangan gunakan sabun atau deterjen apapun

Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar di Masa Pandemi Coronafreepik.com/ user17804885

Nah, perhatikan ya, Bela. Ada mitos yang berkembang bahwa mencuci buah dan sayur dengan sabun ataupun deterjen akan membunuh bakteri yang ada. Akan tetapi hal ini nggak dibenarkan. Jika kamu menemui beberapa kerusakan atau memar pada buah dan sayur, yang terbaik adalah memotong bagian yang rusak tersebut.

4. Gunakan kuas atau spons

Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar di Masa Pandemi Coronafreepik.com/ user13397144

Saat membersihkan sayur, pasti ada bagian yang sulit dibersihkan seperti kentang ataupun wortel. Sikat sayur ataupun buah dengan spons lembut untuk memastikan semua kotoran hilang. 

5. Perhatian lebih untuk sayuran dan buah-buah tertentu

Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar di Masa Pandemi Coronafreepik.com/ senivpetro

Beberapa buah seperti buah berry membutuhkan perhatian yang ekstra dalam proses pembersihan. Tempatkan buah berry pada saringan dan bilas di bawah air mengalir untuk menghilangkan patogen. Begitupun pada daun selada dan sayur hijau juga harus ditempatkan dalam mangkuk berisi air dingin. Ataupun kubis dan selada yang harus dibuang daun terluarnya.

Itulah cara mencuci buah dan sayur agar lebih aman dikonsumsi. Semoga bermanfaat ya, Bela.

Baca Juga: Ini Resep Plant-Based Diet Termudah untuk Jaga Imunitas dari Virus

Baca Juga: Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan 4 Resep Minuman Tradisional Ini

Baca Juga: Tingkatkan Imunitas Tubuh, Ini 8 Makanan yang Kaya Vitamin C