Apakah kamu salah satu penggemar aneka olahan panggang, Bela? Mau memanggang steak untuk makan malam ataupun melalukan barbercue party dengan para sahabat, maka kamu akan berurusan dengan alat pemanggang.

Nah, untukmu yang sering memasak dengan teknik memanggang ini, rasanya paling mager untuk membersihkan panggangannya? Makanan yang terpanggang lengket dan gosong kerap kali susah untuk dibersihkan, sekalipun sudah direndam lama.

Ternyata, untuk membersihkan alat pemanggang kamu nggak perlu banyak tenaga, cukup bersihkan dengan tiga bahan ini.

1. Gosok dengan bawang bombay

Cara Membersihkan Alat Pemanggang dengan Mudahfreepik.com/ stocking

Mungkin biasanya kamu sering menggosok-gosokkan alat pangganganmu hingga kamu merasa lelah. Nah, menggunakan bawang bombay bisa menjadi salah satu alternatifnya. Potong bawang menjadi dua bagian, gunakan sisi yang terpotong untuk menggosok residu makanan yang tertinggal pada panggangan yang masih terkena panas.

Agar nggak membuat tanganmu panas, gunakan garpu untuk menggosokkan bawang bombaynya ya, Bela.

2. Bersihkan dengan aluminium foil

Cara Membersihkan Alat Pemanggang dengan Mudahfreepik.com/ nndanko

Ternyata, aluminium foil nggak hanya digunakan untuk meratakan panas ke makanan, tetapi juga membersihkan alat panggangan. Cara kerjanya sangat mudah, gulung aluminium foil menjadi bola, pegang menggunakan penjepit isolator. Gosokkan halus ke panggangan agar sisa makanan bisa jatuh dengan sendirinya. Lakukan berulang sampai alat pangganganmu bersih.

3. Menggunakan kopi

Cara Membersihkan Alat Pemanggang dengan Mudahfreepik.com/ freepik

Wah, ternyata kopi nggak hanya milik 'kaum senja', nih.  Dengan menyeduh kopi, kamu juga bisa menghilangkan bekas alat pangganganmu nih dari sisa-sisa makanan.

Saat alat panggangan sudah dingin, lepaskan tungku dan bagian panggangan, rendam dalam cairan kopi yang sudah kamu seduh tadi. Diamkan selama satu jam, biarkan asam dalam kopi memecah saus dan minyak yang menempel. Setelah itu, angkat dan cuci panggangan agar bersih. 

Itulah cara membersihkan panggangan dengan mudah. Selamat mencoba, Bela.

Baca Juga: Tidurmu Nggak Akan Nyenyak Kalau Sering Konsumsi 6 Makanan Ini

Baca Juga: 14 Benda di Rumah ini Sarang Kuman, Jangan Lupa Dibersihkan!

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Rumah