Disaat cuaca yang panas, sangat cocok untuk membuat minuman yang dingin. Ya, dengan tambahan es batu di dalamnya. Semakin beraneka ragam variasi makanan, es batu nggak hanya terbuat dari air putih yang dibekukan, akan tetapi dari berbagai bahan yang inovatif, bahkan unik dan tak biasa. Nggak berfungsi untuk minuman dingin, akan tetapi untuk bahan makanan juga lho, Bela. Inilah bahan yang bisa dijadikan es batu untuk disimpan lebih lama.

1. Lemak bacon

Bahan yang Bisa Dijadikan Es Batu yang UnikDok. Pinterest

Lemak bacon sangat lezat jika dibuat makanan yang beraneka ragam. Jika terdapat sisa lemak, akan tetapi kamu masih ingin menggunakan untuk memasak berikutnya, kamu bisa membekukannya di wadah es batu. Kamu bisa menghangatkannya untuk dimasukkan ke dalam makananmu, seperti salad, tumisan sayuran atau campuran untuk popcorn, bahkan masakan lainnya.

2. Bawang putih atau jahe

Bahan yang Bisa Dijadikan Es Batu yang UnikDok. Pinterest

Jika kamu memasak dengan komposisi bawang putih yang sedang ditumbuk atau parutan jahe yang berlebih, tak usah khawatir. Kamu bisa menyimpannya dengan membekukannya. Sekarang nggak hanya saat kelebihan bahan baku, kamu bisa menghaluskannya terlebih dahulu untuk kemudian dipanaskan kembali terlebih dahulu agar saat memasak akan lebih menghemat waktu.

3. Kopi dan teh

Bahan yang Bisa Dijadikan Es Batu yang UnikDok. Pinterest

Saat cuaca sedang panas-panasnya, meminum minuman yang dingin sangatlah segar. Mungkin kamu bisa membuat es teh atau pun es kopi susu. Untuk lebih mengkreasikan tanpa menghilangkan cita rasa dari teh ataupun kopi susu itu sendiri, kamu dapat menambahkan es batu yang terbuat dari teh dan kopi itu sendiri. Jika dengan menggunakan air putih, rasa manisnya akan berkurang, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi.

4. Lemon atau jeruk nipis

Bahan yang Bisa Dijadikan Es Batu yang UnikDok. Pinterest

Jika kamu sering menggunakan lemon ataupun jeruk nipis di dalam masakanmu seperti mengolah ayam, dressing salad, membuat saus sekarang tak perlu memeras jeruk ini lagi. Kamu bisa memeras sarinya beberapa saat sebelumnya. Bagaimana, praktis bukan?

5. Sayuran dan buah yang dihaluskan

Bahan yang Bisa Dijadikan Es Batu yang UnikDok. Pinterest

Nggak hanya bahan perasa seperti bawang yang dapat dibuat es batu untuk lebih praktis, akan tetapi sayuran dan buah pun juga bisa. Kamu bisa menambahkan jus bayam di dalam smoothie-mu agar lebih kental, menambahkan manga beku di dalam jus jeruk, atau ubi ungu beku yang dapat dicampurkan ke adonan pancake, bahkan jus pisang beku untuk dioleskan di muffin.

6. Mentega

Bahan yang Bisa Dijadikan Es Batu yang UnikDok. Pinterest

Kamu dapat membuat mentega cair yang dibekukan untuk mengolah kentang goreng, ayam goreng yang renyah, krim panna cotta, ataupun campuran waffle lembut yang siap disajikan untuk sarapan.

Baca Juga: Resep Membuat Camilan Chicken Cheesy Bites