Banyak orang beranggapan memakan buah dan sayuran mentah akan lebih segar dan banyak nutrisi yang nggak terbuang. Hal ini seperti memakan wortel, brokoli dan mentimun. Walaupun begitu, kamu nggak bisa menganggap semua makanan bisa dimakan mentah dengan aman.

Makanan tertentu butuh proses pemasakan agar rasanya enak dan yang lain karena bahaya jika dikonsumsi mentah. Jangan salah, inilah beberapa makanan yang beracun jika dikonsumsi mentah.

1. Kentang

Awas! Makanan Ini Beracun Jika Dikonsumsi Mentahfreepik.com/ fabrikasimf

Kentang sangat enak jika diolah menjadi sup, keripik, mashed potato, bahkan fried fries. Akan tetapi makanan itnggi karobohidrat ini mengandung senyawa beracun yaitu solanine yang berbahaya. Senyawa ini akan membuatmu sakit perut, sakit kepala dan yang terparah dapat membuat kelumpuhan.

Kentang yang mempunyai kandungan solanine banyak yaitu kentang hijau. Lagi pula, memakan kentang mentah juga memiliki rasa yang nggak enak, kan.

2. Daun rhubarb

Awas! Makanan Ini Beracun Jika Dikonsumsi Mentahrd.com/

Daun Rhubarb mengandung racun yang disebut asam oksalat. Hal ini akan membuat kerusakan ginjal hingga kematian. Salah satu gejala keracunan sayuran ini yaitu kesulitan bernapas, terbakar di mulut dan tenggorokan, mual, muntah, sakit mata, perut dan urin berwarna merah.

Daripada mendapati resiko yang fatal, lebih baik kamu memasak dengan benar sayuran ini ya, Bela.

3. Kecambah

Awas! Makanan Ini Beracun Jika Dikonsumsi Mentahfreepik.com/ liftwood

Walaupun di Indonesia kecambah digunakan untuk lalapan, banyak kandungannya yang membahayakan. Di kecambah mentah menjadi tempat bakteri yaitu salmonella, E. coli dan listeria.

Di kekebalan tubuh yang kurang fit, kamu akan merasakan sakit perut. Oleh sebab itu, kamu bisa membeli kecambah di tempat yang bersih dan mencucinya dengan benar.

4. Singkong

Awas! Makanan Ini Beracun Jika Dikonsumsi Mentahfreepik.com/ agartist

Singkong atau ketela merupakan tanaman yang awalnya dibawa oleh orang Portugis dan Castilla (Spanyol).  Tumbuh di iklim lembap, singkong memiliki banyak nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Akan tetapi singkong mentah mengandung senyawa yang dapat berubah menjadi hidrogen sianida di dalam tubuhmu. Hal ini akan mengganggu kemampuan tubuh mendapatkan oksigen.

Jika memasaknya dengan benar, kamu bisa memakan singkong dengan aman. Baik itu membuatnya keripik ataupun membuatnya sebagai campuran olahan masakan Nusantara. Nggak hanya itu, daunnya pun bisa direbus dan disajikan sebagai lauk.

5. Kacang merah

Awas! Makanan Ini Beracun Jika Dikonsumsi Mentahfreepik.com/ jcomp

Kacang merah mentah mengandung lektin yang dapat membuatmu sakit pencernaan, mual dan muntah. Untuk menghindari hal itu, kamu bisa merendamnya setidaknya lima jam dan merebusnya hingga matang.

Kacang merah bisa dijadikan sebagai lauk yang cocok di berbagai jenis olahan masakan. Antara lain untuk tambahan pada sup sayur atau untuk membuat lepet ketan sebagai teman kupat di hari Lebaran nanti.

6. Susu mentah

Awas! Makanan Ini Beracun Jika Dikonsumsi Mentahfreepik.com/ freepik

Susu yang nggak melalui pasteurisasi bisa membuatmu sakit perut. Pasalnya, proses pasteurisasi ini bisa membunuh bakteri seperti salmonella, E. coli, dan listeria tanpa mengurangi nutrisi dari susu itu sendiri.

Apalagi untuk anak-anak yang belum memiliki kekebalan imun yang stabil.

Baca Juga: Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Ketika Berbuka Puasa 

Baca Juga: Nggak Selalu Sehat, Ini Kenapa Kamu Harus Membatasi Asupan Jus Buah

Baca Juga: 6 Alasan Makanan Kukus Lebih Sehat untuk Makanan Sahur dan Berbuka