Untuk membuat bahan baku makanan tahan lama, salah satunya dengan menaruhnya ke dalam freezer. Salah satu bahan makanan yang biasanya tersimpan adalah ayam. Tapi, jangan salah, ada 3 metode berbeda untuk mencairkan ayam beku dengan cara yang benar. Salah mencairkannya, malah akan membuat bakteri berkembang biak dengan cepat, lho.

Agar nggak salah langkah, inilah 3 metode mencairkan ayam beku di freezer.

1. Metode kulkas

3 Metode Mencairkan Ayam Beku dari Freezerfreepik.com/ freepik

Metode ini membutuhkan waktu yang lebih lama, setidaknya memerlukan sehari penuh untuk mencairkannya. Akan tetapi ini cara yang paling aman dan direkomendasikan. Kamu bisa menempatkan ayam beku di lemari es di suhu 5°C atau lebih di dalam wadah kedap udara.

Kamu memerlukan waktu sekitar 24 jam untuk mencairkan ayam di metode ini. Sehingga, sehari sebelum kamu memasaknya, pindahkan ayam dari freezer ke rak kulkas. Setelah dicairkan, ayammu akan bisa langsung dimasak ataupun dibekukan kembali walaupun ada beberapa penurunan kualitas.

2. Metode air dingin

3 Metode Mencairkan Ayam Beku dari Freezerfreepik.com/ repinanatoly

Meskipun lebih cepat daripada pencairan di kulkas, metode ini membutuhkan banyak perhatian. Kamu bisa meletakkan ayam di kantong plastik untuk mencegah bakteri dari udara masuk ke ayam dan mencegah air merusak jaringan ayam. Kemudian, celupkan plastik berisi ayam ke dalam air dan menggantinya setiap 30 menit.

Di metode ini kamu memerlukan waktu satu hingga tiga jam. Ayam yang dicairkan dengan metode ini harus segera dimasak. Sehingga, sebelum memasukkannya ke freezer, terlebih dahulu bagi potongan ayam sesuai dengan jumlah yang mau kamu masak. Hal ini untuk mencegah ayam keluar-masuk freezer dan merusak kualitas dagingnya.

3. Metode microwave

3 Metode Mencairkan Ayam Beku dari Freezerfreepik.com/ natashabreen

Jika kamu sedang terburu-buru, kamu bisa menggunakan microwave untuk metode tercepat mencairkan ayam dengan aman. Lepaskan kemasan apapun sebelum menempatkannya di piring atau wadah, gunakan pengaturan pencairan waktu dua menit untuk mencairkan es, kemudian kamu bisa memeriksa ayam dan membalik-baliknya secara berkala untuk memastikannya mencair hingga 7 menit.

 

Selamat memasak, Bela!

Baca Juga: Gurihnya Legit! Ini Resep Mudah Soto Ayam Santan

Baca Juga: Makanan yang Bisa Tahan Lama dalam Freezer Saat #DiRumahAja

Baca Juga: 7 Olahan Makanan Tetap Sedap dengan Microwave