Memasak, adalah kegiatan dapur yang dianggap sebagian perempuan ribet. Berkelut dengan bumbu-bumbu dapur yang sangat beragam, ditambah lagi dengan cucian peralatan dapur yang nantinya menggunung setelah memasak. Akan tetapi jika kamu memiliki pemikiran demikian, ada beberapa cara untuk membuat kegiatan memasak kamu lebih menyenangkan lho. Dengan cara ini mindset itu akan hilang dan lebih membantumu untuk membuat masakan yang pastinya lezat. Apa saja itu?

1. Baca resep dan peralatan yang kamu butuhkan

13 Kitchen Hack yang Dapat Membuat Kegiatan Memasakmu Menyenangkan rawpixel.com/

Jika kamu membaca seluruh resep dari menu yang akan kamu buat, pasti kamu akan mengetahui peralatan apa saja yang akan kamu pakai. Dengan cara ini, akan lebih efektif untuk mencuci peralatan dapur setelah memasaknya.

2. Cuci peralatan masak

13 Kitchen Hack yang Dapat Membuat Kegiatan Memasakmu Menyenangkan pexels.com/ Pixabay

Jika kamu akan memasak suatu hidangan, pastikan peralatan yang kamu pakai sudah berada dalam keadaan bersih. Ini akan membuat masakan kamu terhindar dari bakteri ataupun debu yang telah lama menempel. Ingat, kebersihan itu penting ya!

3. Siapkan bahan-bahan

13 Kitchen Hack yang Dapat Membuat Kegiatan Memasakmu Menyenangkan freepik.com/ Valeria Aksakova

Jika kamu seorang pemula, pastikan bahan-bahan yang kamu perlukan sudah tersedia. Ini akan memudahkan kamu dalam mengambil dan mengolahnya. Jika bahan-bahan ini belum kamu persiapkan, bisa-bisa terlewatkan dan ada yang kurang dalam masakan.

4. Akan terasa mudah seiring waktu

13 Kitchen Hack yang Dapat Membuat Kegiatan Memasakmu Menyenangkan fancycrave.com/

Jika kamu terus berlatih akan membuat menu yang kamu masak semakin mudah. Dengan terus berlatih kamu akan bisa meng-improve rasa ataupun bahan, skill memasakmu pun akan bertambah. Wah, seru ya!

5. Panaskan oven sebelum memakainya

13 Kitchen Hack yang Dapat Membuat Kegiatan Memasakmu Menyenangkan pexels.com/ PhotoMIX Ltd

Jika kamu akan menggunakan oven dalam kegiatan memasakmu, alangkah lebih baiknya jika kamu memanaskan ovennya terlebih dahulu. Hal ini akan membantumu menghemat waktu untuk mencapai suhu yang diinginkan.

6. Letakkan serbet basah di bawah talenan

13 Kitchen Hack yang Dapat Membuat Kegiatan Memasakmu Menyenangkan pexels.com/ Lovefood Art

Untuk menggunakan talenan, kamu bisa meletakkan serbet basah di bawahnya. Hal ini akan menghindari resiko talenan terjatuh saat kamu memotong bahan-bahan. Nggak kebayang kan jika kamu terkena pisau karena talenannya basah?

7. Siapkan wadah untuk sampah bahan makanan

13 Kitchen Hack yang Dapat Membuat Kegiatan Memasakmu Menyenangkan pixabay.com/ babawawa

Terbayang bukan Bela, saat kamu memasak akan banyak bahan yang terbuang? Siapkan satu wadah untuk membuang bahan yang nggak terpakai itu. Dengan cara demikian, kamu nggak akan selalu mencari sampah ketika kamu ingin membuang bahan itu bukan?

8. Buat kuas sederhana

13 Kitchen Hack yang Dapat Membuat Kegiatan Memasakmu Menyenangkan pexels.com/ Zhugewala

Ketika kamu membutuhkan kuas untuk mengoles mentega ataupun kuning telur di permukaan pie yang akan dioven dan kamu nggak mempunyainya. Ambil cara yang mudah. Kamu bisa memakai kertas roti yang digulung kemudian lipat berkali-kali dan potong ujungnya seperti berbentuk kuas. Bagaimana, mudah bukan?

9. Buat gula halus sendiri

13 Kitchen Hack yang Dapat Membuat Kegiatan Memasakmu Menyenangkan kaboompics .com/

Membutuhkan gula halus dan nggak mempunyai bahan tersebut? Kamu bisa mem-blender gula pasir sampai dengan tingkat kehalusan yang kamu inginkan. Dengan cara seperti ini, kamu nggak perlu membelinya terlebih dahulu saat membutuhkannya mendadak bukan?

10. Ganti dengan pisau bergerigi

13 Kitchen Hack yang Dapat Membuat Kegiatan Memasakmu Menyenangkan pexels.com/ Craig Adderley

Jika kamu menggunakan pisau tetapi sudah nggak tajam? Sepertinya kamu harus mengganti dengan pisau bergerigi. Ini akan memudahkanmu untuk memotong bahan yang keras. Lebih mudah kan?

11. Tes kualitas telur

13 Kitchen Hack yang Dapat Membuat Kegiatan Memasakmu Menyenangkan pexels.com/ Pixabay

Pernahkah kamu memecahkan telur yang sudah kadaluarsa ke bahan-bahan yang siap diolah? Wah sepertinya itu definisi sakit yang tak berdarah ya Bela! Untuk meminimalisir hal itu terjadi, pastikan kamu mengetahui kualitas telur dengan merendamnya ke air. Telur yang bagus akan tenggelam dan yang sudah kadaluarsa akan mengapung.

12. Bersihkan panci panggangan

13 Kitchen Hack yang Dapat Membuat Kegiatan Memasakmu Menyenangkan pexels.com/ Daria Shevtsova

Untuk membersihkan kerak panggangan di panci kamu bisa menggunakan sikat kecil yang halus. Itu akan lebih efektif daripada harus merusak spons-mu bukan? Ide ini akan memudahkanmu dalam memasak.

13. Jangan biarkan ada bahan terbuang

13 Kitchen Hack yang Dapat Membuat Kegiatan Memasakmu Menyenangkan pexels.com/ Pixabay

Jika kamu menggunakan bahan kering seperti tepung, gula ataupun bahan kering lainnya, alasi dengan kertas. Bahan yang tercecer di sekitarnya bisa kamu manfaatkan lagi dengan memasukkannya ke wadah lagi dengan memiringkan kertas tersebut. Cukup simple bukan?

Baca Juga: Mudah dan Praktis, Inilah Inspirasi Pie yang Bisa Kamu Buat di Rumah