Pandemi corona memengaruhi banyak aspek kehidupan kita sehari-hari, namun upaya untuk tetap positif dan bersemangat harus kita lakukan demi menjaga kesehatan diri juga. Salah satu hal positif yang bisa kamu lakukan adalah membahagiakan diri sendiri dengan memasak atau membuat camilan.

Hal ini menjadi kesempatan kamu untuk menghabiskan beberapa jam ekstra di dapur dan menguasai beberapa resep membuat kue yang belum sempat kamu lakukan.

Salah satu makanan yang bisa kamu buat adalah kue yang bisa menemanimu di rumah, yaitu Swirled Cinnamon Sugar Croissant Loaf. Simak cara membuatnya berikut ini, ya.

Bahan Swirled Cinnamon Sugar Croissant Loaf

Resep Cinnamon Sugar Croissant Loaf yang Lezat dan Mudah Pexels.com/pixabay

Sebelum mulai membuat, siapkan dulu bahan-bahan berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1 3/4 gelas susu hangat
  • 1 sendok makan ragi instan
  • 2 sendok makan madu
  • 4 1/2 - 5 cangkir tepung serbaguna, tambah lagi untuk dipakai menggulung
  • 2 sendok teh garam
  • 6 sendok makan mentega asin, diamkan dulu pada suhu kamar
  • 2 batang (1 cangkir) mentega, diiris menjadi potongan-potongan tipis
  • 1/2 gelas gula pasir
  • 1 sendok makan bubuk kayu manis
  • 1 butir telur, kocok, untuk olesan

Cara membuat Swirled Cinnamon Sugar Croissant Loaf

Resep Cinnamon Sugar Croissant Loaf yang Lezat dan Mudah Pexels.com/pixabay

Jika semua bahan sudah tersedia, simak cara membuatnya berikut ini.

Cara membuat:

1. Gunakan mixer, gabungkan susu, madu, 4 1/2 cangkir tepung, ragi, dan garam. Aduk sampai tepung benar-benar menyatu, sekitar 4-5 menit. Tambahkan 4 sendok makan mentega yang sudah didiamkan terlebih dahulu dalam suhu ruangan dan aduk hingga tercampur. Kemudian, tambahkan 1/2 cangkir tepung tambahan sesuai kebutuhan, sampai adonan bisa ditarik dari sisi mangkuk.

2. Tutup mangkuk dengan bungkus plastik dan diamkan pada suhu kamar selama 45 menit hingga 1 jam atau sampai mengembang dua kali lipat.

3. Jika sudah mengembang, gulung adonan di atas meja yang diberi sedikit tepung, buat persegi panjang besar. Lapisi irisan tipis mentega beku di tengah 1/3 adonan, kemudian gulung adonan menggunakan tangan.

4. Gulung adonan hingga memiliki tumpukan yang cukup. Jika sudah, diamkan adonan di dalam freezer. Untuk mendapatkan hasil yang lebih berlayer, ulangi membuat lipatan hingga dua atau tiga kali sesuai selera.

5. Sementara itu, taruh mentega pada dua loyang roti. Dalam mangkuk kecil, campur gula dan kayu manis.

6. Keluarkan adonan dari freezer. Gulung adonan menjadi persegi panjang. Sebarkan adonan dengan 2 sendok makan mentega lunak dan taburkan gula kayu manis di atas mentega. 

7. Potong adonan menjadi dua. Potong setiap bagian menjadi 10-11 gulungan. Atur setiap gulungan ke dalam loyang roti yang sudah disiapkan. Tutup dan biarkan mengembang kurang lebih selama 15 menit.

8. Memanaskan lebih dulu oven ke 350 derajat F. Tempatkan loyang roti di atas loyang berbingkai dan oleskan setiap roti dengan telur kocok. Pindahkan ke oven dan panggang 35-40 menit atau sampai berwarna cokelat tua. Biarkan dingin dalam panci selama 5 menit. Iris dan sajikan hangat lebih nikmat.

Bagaimana Bela, tertarik membuat resepnya di rumah?

Baca Juga: Resep Dalgona Coffee, Kopi Kekinian yang Hits Saat Social Distancing

Baca Juga: Bon Appétit! Ini Resep Bikin 'Bicolor Croissant'

Baca Juga: 7 Rekomendasi Camilan Sehat Selama Work From Home