Dari Daging Hingga Vegan, ini Varian Nasi Biryani Khas India

Memanjakan lidah dengan menu yang berbeda

Dari Daging Hingga Vegan, ini Varian Nasi Biryani Khas India

Nasi biryani atau yang kadang disebut briyani adalah hidangan nasi yang dimasak dengan rempah-rempah lalu ditambah dengan sayuran atau daging. Terkenal berasal dari Asia Selatan yaitu India dan Pakistan, nasi biryani sebenarnya memiliki sejarah awal mula yang panjang.

Nasi biryani merupakan hasil dari pencampuran budaya dan tradisi dalam sebuah masakan. Pencampuran ini berawal dari pedagang Turki, Afghanistan, Persia, dan Arab yang singgah di India dan meninggalkan budaya makanan yang khas dengan rasa rempah-rempah yang kuat. Pada abad ke 18 hingga 19 bersamaan dengan kehadiran bangsa Eropa, kemudian meningkatkan popularitas sayuran seperti kentang dan tomat di India.

Namanya sendiri berasal dari bahasa Persia yang berarti goreng atau panggang. Penamaan ini diberikan karena pada awalnya, proses memasak beras dimulai dengan penggorengan di dalam minyak samin sebelum direbus bersama rempah-rempah hingga setengah matang.

Nasi biryani umumnya menggunakan daging kambing. Tetapi, seiring dengan penyebarannya, ada nasi biryani yang menggunakan daging sapi, ayam, udang, ikan atau sayuran. Dalam pembuatannya, nasi biryani menggunakan berbagai jenis rempah-rempah mulai dari pala, cengkeh, kayu manis, lada, ketumbar dan saffron.

Untuk bumbunya sendiri, salah satu bumbu yang paling menonjol dan menjadi ciri khas adalah garam masala. Dengan keunikan ini, makanan India menjadi salah satu jenis makanan yang memicu rasa penasaran banyak orang.

Penasaran dengan menu khas India satu ini, Bela? Saat ini di Indonesia sudah cukup banyak ditemukan restoran yang menyajikan masakan khas India. Salah satunya Accha - Indian Soul Food on The Go. Tak hanya daging, nasi biryani di sini juga ramah untuk kamu yang vegetarian. 

Chicken Biryani

Dari Daging Hingga Vegan, ini Varian Nasi Biryani Khas India

Chicken Biryani menyuguhkan cita rasa khas India yang lengkap mulai dari nasi hingga lauknya. Chicken Biryani Bowl merupakan nasi Biryani yang menggunakan beras basmati khas India dengan potongan daging ayam yang dimarinasi dengan kari spesial.

Menu ini cocok untuk kamu yang belum pernah mencoba makanan India karena lauknya yang umum untuk disantap. Dengan satu suapan dapat membawa kamu ke dalam leburan rasa rempah yang menghangatkan. Supaya semakin nikmat, kamu bisa menambahkan Papadum atau kerupuk khas India dan saus yogurt.

Lamb Biryani

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here