Siapa di sini yang sudah rindu sekali dengan jalan-jalan ke Singapura? Selain kota ini sangat bersih, transportasi umum yang sangat memadai, rasa aman ketika jalan kaki sampai malam, belanja, sampai kulinernya pun sangat memanggil pelancong untuk kembali!

Nah, karena Singapura bertetangga dengan Malaysia dan Indonesia, tidak heran jika makanannya pun tidak jauh berbeda. Contohnya, nasi lemak. Makanan khas melayu yang juga bisa ditemukan di Malaysia, atau di Indonesia dengan varian bernama nasi gurih dan nasi uduk, sudah pasti sangat menggugah selera. 

Melansir dari sethlui.com, sebuah situs gaya hidup berbasis di Singapura, berikut rekomendasi kuliner nasi lemak yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Singapura, berdasarkan hasil kompilasi sang penulis, Stacey Hong.

1. Changi Nasi Lemak

7 Kedai Nasi Lemak Terbaik di Singapura, Wajib Kuliner ke Sini!sethlui.com

Mau kamu baru datang atau sebelum pulang kembali ke Indonesia, Changi Nasi Lemak berlokasi di Bukit Batok Street. Berdiri pada tahun 1970-an, Changi Nasi Lemak telah menyajikan Changi Chilli  Legendaris mereka bersama dengan nasi lemak mereka. Melalui tiga generasi, mereka telah melalui inovasi dan topping menarik yang akan memanjakan lidahmu.

Salah satu set nasi lemak menarik yang ditawarkan Changi Nasi Lemak adalah picy Thigh (McSpicy-inspired) Set seharga S$5.80. Lalu jangan lupa mencoba Chicken Wing Set (S$3.90), Chicken Cutlet Set (S$4.50) dan Curry Chicken Drumstick Set (S$4.90).

Changi Nasi Lemak: 323 Bukit Batok Street 33, Singapore 650323 | Jam buka: 07:00 – 15:00 (Selasa - Minggu), Hari Senin tutup | Tel: +65 8728 8886

2. Nurul Delights

7 Kedai Nasi Lemak Terbaik di Singapura, Wajib Kuliner ke Sini!sethlui.com

Terletak di kedai kopi di Bukit Batok, Nurul Delights menyajikan beragam hidangan Melayu yang mengesankan. Tapi hidangan nasi lemak dengan harga terjangkau (S$2,50), adalah yang paling dicari oleh sebagian besar pelanggan.

Setiap set termasuk irisan telur goreng dan sayap ayam dengan ukuran yang pantas juga. Dengan lapisan luar yang renyah, daging ayamnya terasa juicy dan empuk.

Nurul Delights: 413 Bukit Batok West Avenue 4, Singapore 650413 | Jam buka: 07:45 - 20:00 (Senin - Jumat), 08:00- 14:00 (Sabtu & Minggu)

3. Mizzy Corner Nasi Lemak

7 Kedai Nasi Lemak Terbaik di Singapura, Wajib Kuliner ke Sini!sethlui.com

Pusat Jajanan Hawker Center Changi adalah medan pertempuran yang terkenal dengan kedai nasi lemak, dan salah satu pesaing utamanya adalah Mizzy Corner Nasi Lemak. Kamu bisa memilih dari beberapa set makanan yang berbeda di sini. 

Set A standar (S$3,50) dilengkapi dengan telur goreng, sayap ayam, ikan teri dan sambal cabai. Nah, sisa-sisa adonan yang menggantung di sayap ayam, membuat kulitnya luar biasa renyah!

Mizzy Corner Nasi Lemak: 2 Changi Village Road, # 01-26, Changi Village Hawker Centre, Singapore 500002 | Jam buka: 07:30 - 13:00 (Setiap Hari) 

4. Kedai Makan Muhajirin

7 Kedai Nasi Lemak Terbaik di Singapura, Wajib Kuliner ke Sini!sethlui.com

Sudah pasti jaminan halal, harga untuk paket set nasi lemak di sini mulai dari S$1, lho, Bela! Tak heran jika antriannya bisa sangat mengular. Kombo dasar dilengkapi dengan telur goreng, sambal cabai, dan pilihan makarel goreng atau ikan bilis. Nasi mereka memiliki rasa kelapa dan pandan yang pas, dengan sambal yang tidak terlalu manis atau pedas. Untuk porsi yang begitu besar dengan harga ini, kami rasa tidak ada penawaran yang lebih baik di tempat lain.

Kedai Makan Muhajirin: 20 Toa Payoh Lorong 7, Singapore 310020 | Jam buka: 06:00 – 13:30pm (Setiap hari), Tutup hari Senin tertentu

5. Adimann

7 Kedai Nasi Lemak Terbaik di Singapura, Wajib Kuliner ke Sini!sethlui.com

Kalau kamu mencari sesuatu yang tidak biasa, Adimann adalah tempatnya. Berlokasi di Golden Mile Food Centre, kedai jajanan ini menghadirkan kembali nasi lemak klasik dengan memberikan ciri khasnya sendiri.

Best seller tempat makan ini adalah Nasi Lemak Cutlet (S$7,50), yang dilengkapi dengan potongan ayam yang renyah dan nikmat. Paket tersebut termasuk salad khusus yang terdiri dari telur puyuh dan anggur. Kamu juga bisa memilih Salted Egg Sauce yang berlimpah hanya dengan S$1 saja, untuk membuat hidangan makananmu semakin lezat!

Meskipun makanan di Adimann agak mahal, tapi porsinya besar dan worth it sekali!

Adimann: 505 Beach Road, # B1-12, Golden Mile Food Centre, Singapore 199583 | Jam buka: 10:00 - 21.30 (Setiap hari)

6. Selera Rasa Nasik Lemak

7 Kedai Nasi Lemak Terbaik di Singapura, Wajib Kuliner ke Sini!sethlui.com

Warung nasi lemak terkenal lainnya di Singapura adalah Selera Rasa Nasi Lemak. Terletak di Adam Food Center, warung ini menawarkan berbagai lauk sesuai selera kamu, Bela. Paket Royal Flush (S$5,40) mereka mencakup nasi Basmati yang lembut dan harum. Selera Rasa juga membuat sambal tajam yang sangat cocok dengan sajian ini.

Set ini dilengkapi dengan berbagai bahan lain seperti otak, perkedel, telur, ikan teri, hingga sayap ayam. Psst, kamu tahu nggak, Sultan Brunei adalah salah satu penggemarnya, lho! 

Selera Rasa Nasi Lemak: 2 Adam Road, # 01-02, Adam Road Food Centre, Adam Road, Singapore 289876 | Telp: +65 9843 4509 | Jam buka: 07:00 - 17:00 (Senin - Kamis), 7:00 - 15:00 (Sabtu & Minggu), Jumat tutup

7. Ponggol Nasi Lemak

7 Kedai Nasi Lemak Terbaik di Singapura, Wajib Kuliner ke Sini!sethlui.com

Dengan tiga lokasi di seluruh Singapura, waralaba Ponggol Nasi Lemak adalah favorit di antara banyak penduduk setempat. Set 2 mereka (S$4,70), adalah salah satu favorit yang dilengkapi dengan sayap ayam, telur mata sapi, ikan bilis dan sambal cabai. Meskipun harga di sini relatif mahal, banyak pelanggan yang kembali untuk membeli sayap ayam yang terasa juicy. Nasi kelapa yang dimasak dengan sempurna juga mendapat banyak pujian.

Ponggol Nasi Lemak: 371 Jalan Besar, # 01-01, Singapura 208998 | Telp: +65 6293 0020 | Jam buka: 12:00 - 23.00 (Jumat - Rabu), Kamis tutup

Sebenarnya daftar lokasi tempat nasi lemak terenak di Singapura, masih panjang, Bela. Kamu langsung saja meluncur ke situ sethlui.com untuk mencari kuliner terbaik di Singapura berdasarkan rekomendasi penduduk lokal.

Baca Juga: Lagi WFH? Yuk, Coba 3 Resep Nasi Goreng yang Siap Memanjakan Lidah 

Baca Juga: Resep Lobster Saus Singapura yang Bisa Kamu Masak Sendiri di Rumah

Baca Juga: 10 Hal Unik yang Akan Kamu Jumpai Saat Berkunjung ke Singapura