Serupa Tapi Beda, Ini 7 Perbedaan Green Tea dengan Matcha! 

Jadi selama ini kamu tim apa?

Serupa Tapi Beda, Ini 7 Perbedaan Green Tea dengan Matcha! 

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Green tea dan matcha jadi pilihan rasa yang sudah nggak asing bagi banyak orang, Bela. Namun, keduanya justru kerap menjadi perdebatan, sebab terlihat serupa namun ternyata tak sama, lho

Hadir sebagai bagian dari jenis tanaman Camelia sinesis, green tea dan matcha ternyata cukup berbeda mulai dari proses produksi hingga hasil olahannya. Umumnya, perbedaan bisa dilihat dari green tea yang berwujud lintingan daun kering sedangkan matcha berbentuk serbuk sangat halus.

Namun, perbedaan keduanya tak sebatas itu saja.Nah, kira-kira apa saja perbedaan antara green tea dan matcha, simak dalam ulasan berikut yuk!

1. Pengertian Green Tea dan Matcha

Melansir dalam studi Nutrients, perbedaan antara green tea dan matcha yang pertama bisa kamu lihat dari definisinya.

Jika green tea adalah jenis teh yang terbuat dari daun pucuk teh yang tidak mengalami proses pelayuan. Proses oksidasinya serupa membuat teh oolong dan teh hitam.

Sementara, matcha adalah salah satu jenis teh hijau yang berbentuk bubuk. Hasil dari proses penggilangan daun teh hijau yang sudah dipisahkan dari urat dan batang daunnya. 

2. Proses produksi

Lanjut mengetahui proses produksi, mengutip dari World Tea News jika perbedaan green tea dan matcha pada cara pembuatannya.

Green tea melalui proses yang lebih lama dalam produksinya, mulai dari daun yang dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah itu, dipindahkan ke tempat lebih teduh agar mendapatkan karakteristik daun teh yang berkualitas.

Nah, untuk matcha diproses dengan cara dipanen dan kemudian dibakar untuk menghentikan oksidasi. Lalu daun akan didinginkan, digulung, dan dikeringkan.

Selanjutnya, daun diletakkan dalam ruangan bersuhu dingin lalu digiling menjadi bubuk halus dengan batu granit untuk membuat matcha. Proses pembuatan bubuk matcha memang jauh lebih rumit dibandingkan proses menghasilkan green tea.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here