Menghadirkan suasana makan yang mewah di rumah bukan hanya menyiapkan dari segi makanannya saja, lho, Bela. Tapi, piranti makan yang kita gunakan juga dapat menghadirkan pengalaman makan yang berbeda.

Mengganti piranti makanmu dari piring dan gelas biasa ke perabotan bermaterial keramik merupakan salah satu langkah mudah untuk mewujudkan pengalaman makan anti-mainstream di rumah. ZEN Tableware siap membantumu menghadirkan suasana baru di rumah menggunakan piranti makan terbaiknya yang berkolaborasi dengan Dian Sastrowardoyo.

Penasaran seperti apa tampilan piring keramik cantik hasil kolaborasi ZEN Tableware dengan Dian Sastrowardoyo? Simak berikut ini.

Industri keramik Indonesia berpotensi masuk ke dalam jajaran 4 besar dunia

ZEN Tableware X Dian Sastrowardoyo Hadirkan Piranti Makan nan MewahDok. ZEN Tableware

Dikutip dari Kementerian Perindustrian, industri keramik Indonesia sebenarnya memiliki potensi untuk menduduki peringkat 4 dunia. Untuk mencapai hal tersebut, ada empat poin strategis yang perlu dilakukan yakni ketersediaan bahan baku dengan harga kompetitif, inovasi, sumber daya manusia, serta pengembangan industri keramik dalam negeri.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor produk keramik sepanjang tahun 2018 mengalami pertumbuhan yang sangat tipis sebesar 1,24% secara tahunan dari US$339,50 juta menjadi US$343,72 juta. Asosiasi Industri Keramik Indonesia (ASAKI) juga menyatakan bisnis industri keramik terkena dampak melambatnya pertumbuhan ekonomi di masa pandemi. Utilisasi industri keramik sempat menurun menjadi 30% pada kuartal II 2020. Namun, mulai beranjak naik hingga 60% di kuartal III 2020.

Seiring semangat memajukan bisnis keramik Indonesia ini, ZEN Tableware, sebuah merek piranti makan berbahan porselen dari PT. Indo Porcelain terus berkomitmen untuk memenuhi permintaan pasar yang terus berkembang ini. Terbukti sebagai produsen whitest dan durable porcelain sejak 1979, ZEN Tableware hingga saat ini pun terus memenuhi standar, seperti halal dan SNI untuk kepuasan pelanggan. 

"Harmony in Diversity", koleksi terbaru ZEN Tableware kolaborasi dengan Dian Sastro

ZEN Tableware X Dian Sastrowardoyo Hadirkan Piranti Makan nan MewahDok. ZEN Tableware

Pada tahun 2021 ini, ZEN Tableware berkesempatan untuk mengembangkan produknya dan berkolaborasi dengan Dian Sastrowardoyo dalam peluncuran koleksi keramik tableware berupa dinner set dan tea set edisi istimewa yang diberi nama "Harmony in Diversity".

Kolaborasi cantik ini tertuang dalam padu-padan indah keramik makan yang terinspirasi gaya Asia dan Timur Tengah dengan paduan motif dan ornamen khas Nusantara. Koleksi terbaru ini juga tetap memiliki kualitas sama dengan produk ZEN Tableware sebelumnya, seperti microwave dan dishwasher-safe, serta lead dan cadmium-free.

ZEN Tableware X Dian Sastrowardoyo hadir dalam tiga varian koleksi cantik

ZEN Tableware X Dian Sastrowardoyo Hadirkan Piranti Makan nan MewahDok. ZEN Tableware

Khusus dalam varian terbaru di koleksi "Harmony in Diversity" ini, ZEN Tableware X Dian Sastrowardoyo menghadirkan varian warna Passionate Pink untuk melengkapi Green Harmony dan Royal Blue yang telah terlebih dahulu diluncurkan pada April 2021 lalu.

Varian Passionate Pink ini dipilih untuk menunjukkan sisi feminin yang penuh cinta, romantisme, serta kehangatan. Selain itu, varian ini juga kaya dengan ornamen khas Nusantara, seperti bunga melati yang menunjukkan kesucian, bunga kamboja yang melambangkan kebaikan dan bunga sepatu merah yang menandakan cinta serta gairah. Tak ketinggalan, motif fauna khas Indonesia juga tampil dalam desain burung kakak tua untuk melengkapi keragaman flora dan fauna di varian Passionate Pink ini.

Tak hanya cantik sebagai piranti makan, ZEN Tableware X Dian Sastrowardoyo juga estetik sebagai dekorasi rumah

ZEN Tableware X Dian Sastrowardoyo Hadirkan Piranti Makan nan MewahDok. ZEN Tableware

Kolaborasi ZEN Tableware X Dian Sastrowardoyo ini juga hadir untuk mengakomodasi penataan dan dekorasi rumah yang trennya sedang naik baru-baru ini. Seperti kita ketahui, menata atau mendekorasi rumah saat ini menjadi salah satu kebiasaan baru yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, terutama di masa pandemi di mana lebih banyak waktu dan aktivitas dihabiskan di rumah.

Berbagai macam cara dilakukan untuk membuat hunian terasa lebih nyaman, salah satunya dengan mendekorasi rumah. Tableware, yang tidak hanya berfungsi sebagai piranti makan, dapat digunakan pula sebagai salah satu elemen penting dalam mendekorasi ruangan.

"Melihat hasil kolaborasi pertama yang sukses, kami merasa kolaborasi kedua lewat varian Passionate Pink dengan Dian adalah Figur yang tepat karena di samping seorang pekerja seni yang tentu akrab dengan hal-hal kreatif, Dian juga adalah penggemar keramik dan sangat senang dengan hal-hal terkait dekorasi rumah," ujar Lina Darmali selaku GM Sales & Marketing ZEN Tableware.

"Ditambah pengetahuan luasnya tentang seni dan budaya, beliau datang dengan konsep yang sangat menarik, yakni Harmony in Diversity yang memadukan gaya Maroko dan Chinoserie dengan motif dan ornamen asli Indonesia, sehingga hasilnya adalah desain cantik dan elegan dengan detil-detil elemen Nusantara yang terlihat," tambahnya lagi.

Sebagian keuntungan ZEN Tableware X Dian Sastrowardoyo disumbangkan untuk pendidikan

ZEN Tableware X Dian Sastrowardoyo Hadirkan Piranti Makan nan MewahDok. ZEN Tableware

Koleksi ZEN Tableware X Dian Sastrowardoyo terbaru ini juga hadir dengan koleksi lengkap dinner set dan tea set yang terdiri dari piring makan, piring salad, piring oval, mug, teapot, serta cangkir dan piring tatakan. Kolaborasi ini juga tidak melulu ditujukan untuk kepentingan bisnis, Dian sendiri sepakat untuk menyumbangkan sebagian keuntungan akan untuk memajukan pendidikan di Indonesia melalui Yayasan Dian Sastrowardoyo.

"Saya gembira saat ditawari berkolaborasi Kembali dengan ZEN Tableware karena salah satu hobi saya adalah mendekorasi rumah dan melalui kerja sama ini, saya dapat menuangkan ide-ide saya lebih lagi serta memasukkan unsur-unsur Indonesia ke dalam desain ini," ujar Dian, seperti dikutip dari rilis yang diterima Popbela.

"Alasan lain menerima ajakan kerja sama ini adalah karena kolaborasi ini mempunyai nilai lebih dan dapat membuat kontribusi nyata di bidang pendidikan," tutup Dian.

Bagaimana, Bela? Siap menyantap makanan dengan pengalaman baru?

Baca Juga: Fakta & Lirik "Perjumpaan Kita", Candra Darusman - Dian Sastrowardoyo

Baca Juga: Ada Dian Sastro, Ini 7 Film Kolosal Terbaik Sepanjang Masa

Baca Juga: Gaya Dian Sastro & Sneakers Andalannya! Contek Yuk!