Berbicara soal Bandung rasanya tidak akan pernah ada habisnya. Setiap hari, pasti selalu ada saja hal baru yang bisa dieksplorasi dari Kota Kembang tersebut. Salah satunya adalah wisata kulinernya. Banyak menu yang wajib kita cicipi saat berkunjung ke Bandung. Atau sekadar mampir untuk menikmati nuansa tempat makan yang unik.

Kalau kamu ada rencana ke Bandung dalam waktu dekat, berikut ini delapan wisata kuliner Bandung yang wajib kamu coba. Apa saja ya?

1. Lereng Anteng Panoramic Cafe

8 Wisata Kuliner Bandung yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/lerenganteng

Tempat makan yang satu ini memang unik banget. Berlokasi tepat di lereng Lembang, Bandung, Lereng Anteng Panoramic Cafe bukan hanya menyajikan menu makanan yang lezat tetapi juga pemandangan yang menakjubkan. Di sini kamu bisa menikmati secangkir kopi atau menu tradisional lainnya, seperti bala-bala, nasi goreng, hingga seblak.

Alamat: Kampung Pagermaneuh, RT. 03/07, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

2. Tafso Barn Cafe

8 Wisata Kuliner Bandung yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/heytafso

Tepat berlokasi di samping Lereng Anteng Panoramic Cafe, ada cafe unik yang bisa kamu kunjungi juga, yakni Tafso Barn Cafe. Cafe yang menjadi salah satu wisata kuliner Bandung ini menyajikan menu yang lebih beragam. Tafso Barn menyajikan menu western dengan daging sebagai bahan utamanya. Untuk kamu yang suka makan makanan tradisional, banyak kuliner yang bisa kamu coba. Misalnya es pisang ijo, sup iga sapi, dan nasi liwet.

Alamat: Jalan Baru Laksana No.75, Pagerwangi, Lembang, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

3. Kampung Daun Bandung

8 Wisata Kuliner Bandung yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/kampungdaun

Kampung Daun Bandung menjadi lokasi wisata kuliner Bandung yang dapat kamu nikmati bersama keluarga. Masakan Sunda rumahan yang disajikan dijamin membuat siapa saja ingin mencicipinya. Menu favorit di sini ada ayam bekakak, bala-bala, bebek goreng kremes, dan sate sirloin maranggi.

Alamat: Perumahan Villa Triniti Blok RR1, Jalan Sersan Bajuri No.88 Km.4,7, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

4. Equator Wood

8 Wisata Kuliner Bandung yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/equatorwood

Sesuai dengan namanya, Equator Wood memang menyajikan tampilan interior restoran yang didominasi material kayu. Awalnya, Equator Wood merupakan toko perabotan berbahan dasar kayu. Seiring berkembangnya waktu, Equator Wood berevolusi menjadi tempat makan instagramable yang menyajikan kuliner khas Kota Bandung.

Alamat: Jalan Sulanjana No. 32 Bandung.

5. One Eighty Coffee Music

8 Wisata Kuliner Bandung yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/oneeightycoffee

Nggak Cuma menyajikan kopi dan musik, One Eighty Coffee Music juga menyajikan menu makanan sehat yang jarang kamu temui di cafe serupa. One Eighty Coffee Music menyajikan kuliner sehat dengan kalori yang terkontrol. Misalnya, ada caesar salad, croissant, dan tuna balinese yang super lezat.

Alamat: Jalan Ganesah No. 3 Bandung.

6. Yamie Toko You Bandung

8 Wisata Kuliner Bandung yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/bandungfoodie

Ingin menikmati wisata kuliner Bandung yang otentik dan legendaris? Kamu bisa mampir ke Toko You. Toko yang sudah buka sejak tahun 1947 ini menghadirkan menu makanan yang lezat dengan resep turun temurun. Salah satu menu andalan di rumah makan ini adalah yamie asin dan swike mentega. Kamu wajib coba nih!

Alamat: Jalan Hasanudin No.12, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung.

7. Roti Bakar Cari Rasa

8 Wisata Kuliner Bandung yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/bubueataway

Nggak mau makan berat? Kamu bisa ngemil Roti Bakar Cari Rasa yang sudah legendaris. Roti Bakar Cari Rasa sudah ada di Bandung sejak tahun 1960 dan merupakan salah satu toko roti pertama yang ada di Bandung.

Alamat: Pasar Kosambi, Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 149, Bandung.

8. Warung Kopi Purnama

8 Wisata Kuliner Bandung yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/warungkopipurnama

Untuk si pencinta kopi, saat main ke Bandung jangan lupa mampir ke Warung Kopi Purnama. Warung kopi ini sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1930. Meski jadul, menunya sangat up to date lho. Kamu bisa memesan capucino atau es kopi susu kekinian di warung ini.

Alamat: Jalan Alkateri No.22, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung.

Bagaimana, melihat deretan wisata kuliner Bandung yang sudah disebutkan di atas, bikin kepengen ya. Yuk jalan-jalan ke Bandung!

Baca Juga: Paket Wisata Bandung Murah Bikin Liburanmu Lebih Terencana