Kamu yang sering berkunjung ke kawasan Jakarta Pusat, pasti nggak asing dengan gerai McDonald's yang terletak di sudut pusat perbelanjaan Sarinah, Thamrin ini. Keberadaannya yang sangat strategis, membuat McDonald's Sarinah menjadi lokasi yang ikonik sebagai titik kumpul atau sekadar makan siang. Sayangnya, gerai bersejarah ini harus tutup selamanya terhitung mulai tanggal 10 Mei 2020 mendatang.

Hal ini dilakukan atas permintaan manajemen gedung Sarinah melalui surat resmi yang diterima oleh manajemen McDonald’s Indonesia pada hari Kamis, 30 April 2020. Manajemen gedung Sarinah akan melakukan renovasi dan akan melakukan perubahan strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah tersebut. 

Secara resmi McDonald’s akan menutup restoran di Sarinah Thamrin tersebut secara permanen pada hari Minggu, 10 Mei 2020 pukul 22.05 WIB.

Resmi Tutup, Ini Sejarah McDonald's Sarinah yang Tak TerlupakanInstagram.com/mcdonaldsid

“Bagi kami, McDonald’s Thamrin adalah flagship store yang menjadi tonggak sejarah kehadiran McDonald’s di Indonesia. Namun bagi jutaan konsumen McDonald’s yang pernah singgah di restoran kami tersebut, McDonald’s Sarinah Thamrin adalah kenangan indah yang telah menciptakan jutaan momen berharga dan tak terlupakan. Banyak konsumen kami yang memiliki pengalaman pertama bersama McDonald’s di Sarinah Thamrin dan sekarang mewariskan pengalaman itu kepada anak-anak mereka dengan tetap menjadi pelanggan setia McDonald’s Sarinah Thamrin,” ujar Michael Hartono, Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia seperti dikutip dari rilis resmi mereka.

Untuk mengenang gerai tertua milik McDonald's, simak yuk, foto-foto bersejarah yang tak terlupakan berikut ini.

McDonald’s pertama kali dibuka di Sarinah Thamrin pada 23 Februari 1991 dan menjadi restoran McDonald’s pertama di Indonesia

Resmi Tutup, Ini Sejarah McDonald's Sarinah yang Tak TerlupakanTwitter.com/kievhwang

Memiliki patung Ronald besar di atasnya, tentu membuat McDonald's sangat ikonik pada masa itu

Resmi Tutup, Ini Sejarah McDonald's Sarinah yang Tak TerlupakanTwitter.com/kievhwang

Tak hanya itu, McDonald's Sarinah juga pernah memiliki kursi berbentuk burger lengkap dengan matanya yang menggemaskan

Resmi Tutup, Ini Sejarah McDonald's Sarinah yang Tak TerlupakanTwitter.com/kievhwang

Di tahun 1996, petinju dunia Muhammad Ali pernah datang berkunjung ke gerai saat ia datang ke Jakarta untuk misi kemanusiaan. Tak hanya makan untuk dirinya sendiri, Muhammad Ali bahkan mentraktir 100 warga Jakarta yang ada di McDonald's Sarinah pada saat itu

Resmi Tutup, Ini Sejarah McDonald's Sarinah yang Tak TerlupakanTwitter.com/kievhwang

Tahun 2009, McDonald's sempat berganti menjadi gerai Tony Jack's. Namun di tahun 2011 lewat proses tender, McDonald's kembali hadir di Sarinah hingga saat ini

Resmi Tutup, Ini Sejarah McDonald's Sarinah yang Tak TerlupakanDok. Internet

Bagi sebagian warga Jakarta keberadaan McDonald's Sarinah tentu sangat berharga, sebab banyak kenangan manis yang terjadi di sana. Kamu sendiri punya kenangan apa di McDonald's Sarinah? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Apresiasi Pekerja Pelayan Publik, McDonald's Bagikan 213 Ribu Sarapan

Baca Juga: 5 Kreasi Makeup yang Terinspirasi dari McDonald's

Baca Juga: 10 Varian Menu McDonalds yang Nggak Ada di Indonesia