Sarapan menjadi salah satu momen penting bagi kita. Sebab, dengan sarapan yang sehat dan cukup, kita bisa menjalani hari yang sibuk dengan penuh semangat. 

Berbicara soal sarapan, sudah 10 tahun McDonald’s Indonesia secara konsisten mengingatkan masyarakat Indonesia akan pentingnya sarapan sebagai sumber energi untuk memulai hari melalui inisiatif National Breakfast Day (NBD). Inisiatif ini dilakukan dengan membagikan Chicken Muffin gratis disertai pembelian Hot Coffee.

Yang membuat NBD tahun ini lebih spesial adalah McDonald's memberikan sarapan gratis untuk 2000 guru di seluruh Indonesia. Penasaran seperti apa keseruannya? Simak berikut ini.

McDonald's bagikan sarapan untuk 2000 guru di 203 sekolah

National Breakfast Day, McDonald's Bagikan Sarapan Gratis untuk GuruDok. McDonald's

Pada tahun ini, sejalan dengan misi Good Neighborhood yang selalu menyertai NBD, McDonald’s juga turut berbagi kebahagiaan dengan membagikan paket sarapan kepada 2000 guru di 203 sekolah di seluruh Indonesia. Hal ini sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih kepada para guru yang tak kenal lelah memberikan kontribusi terbaiknya dalam memajukan pendidikan anak-anak Indonesia. 

"Melalui NBD tahun ini, kami juga ingin mengapresiasi para guru atas ketulusannya yang sejak pagi hari sudah bersiap untuk mengajar anak-anak dan terutama di masa pandemi yang penuh tantangan, namun para guru dapat beradaptasi dan tetap semangat," ungkap Sutji Lantyka selaku Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia.

McDonald's juga bagikan ribuan sarapan di 202 gerai di seluruh Indonesia

National Breakfast Day, McDonald's Bagikan Sarapan Gratis untuk GuruDok. McDonald's

Pelaksanaan National Breakfast Day ke-10 dilakukan secara serentak di 202 gerai McDonald’s Indonesia dengan membagikan Chicken Muffin gratis kepada konsumen yang melakukan pembelian Hot Coffee melalui Drive Thru pada 7 Maret 2022 dari pukul 06.00 hingga 11.00. Selain itu, McDonald’s juga turut memberikan kejutan spesial berupa exclusive cushion kepada 10 konsumen Drive Thru pertama yang mengikuti NBD dengan plat kendaraan dengan angka 10 didalamnya.

Tak hanya sampai di situ, McDonald’s Indonesia juga memberikan hadiah istimewa kepada para konsumen berupa kupon Buy One Get One Hot Coffee yang dapat ditukar pada tanggal 8-14 Maret 2022 di McDonald’s Drive Thru, mulai pukul 05.00 hingga 11.00.

Untuk menambah semarak perayaan NBD yang ke-10, McDonald’s Indonesia juga mengadakan kompetisi. Yaitu, konsumen dapat mengunggah foto ketika menikmati Hot Coffee dan Chicken Muffin dari National Breakfast Day ke-10 di media sosial seperti Facebook, Instagram ataupun twitter dengan syarat follow dan mention ke akun media sosial McDonald’s Indonesia, serta mencantumkan hashtag #McDNBD10.

Akan terdapat 30 pemenang terpilih untuk mendapatkan gift card senilai Rp100,000 dan NBD exclusive cushion yang akan diumumkan tanggal 1 April 2022.

McDonald's tekan food waste dengan menggandeng FoodCycle

National Breakfast Day, McDonald's Bagikan Sarapan Gratis untuk GuruDok. McDonald's

Berita baik dari McDonald's tak hanya terhenti pada acara NBD, Bela. McDonald's Indonesia bekerja sama dengan FoodCycle menyelenggarakan sebuah program yang dinamakan Food Rescue, untuk mengelola donasi surplus makanan dari restoran McDonald’s Indonesia untuk kemudian dibagikan kepada pihak yang membutuhkan.

FoodCycle adalah sebuah lembaga nonprofit yang bekerja untuk mendistribusi, memproses, dan mendaur ulang surplus makanan dari berbagai tempat. Program ini sejalan dengan program McD Berbagi dari McDonald's Indonesia.

"McD Berbagi adalah program rutin McDonald's Indonesia untuk menyebarkan semangat berbagi kepada sesama. Antara lain, kami selalu mengirimkan donasi makanan ke daerah-daerah yang tertimpa bencana, ke komunitas-komunitas yang membutuhkan di sekitar restoran McDonald’s, kepada para petugas pelayanan publik, dan sejak pandemi juga kami rutin mengirimkan makanan untuk para petugas kesehatan dan sukarelawan di rumah sakit, termasuk rumah sakit darurat, serta kepada para pengemudi ojek online," kata Sutji.

Apa saja makanan yang dibagikan McDonald's bersama FoodCycle?

National Breakfast Day, McDonald's Bagikan Sarapan Gratis untuk GuruDok. McDonald's

Surplus produk yang dibagikan adalah makanan yang masih layak dan aman untuk dikonsumsi dan masih memiliki kandungan nutrisi yang baik. Berbagai surplus produk yang telah dibagikan antara lain fried product seperti ayam goreng, chicken nugget, juga produk makanan lainnya seperti kue, cookies dan muffin.

"Secara keseluruhan, McDonald’s tetap akan memastikan bahwa seluruh produk yang didonasikan dalam keadaan aman dan layak dikonsumsi baik secara kualitas, rasa dan bentuk, serta diterima oleh pihak yang tepat. Sejak tahun 2020 hingga saat ini, McDonald’s Indonesia telah membagikan surplus produk sebanyak lebih dari 9,8 ton makanan dan telah mendistribusikannya kepada total 51 yayasan yang membutuhkan," kata Imam Gazali selaku Quality Assurance Manager McDonald’s Indonesia.

Kerja sama dengan FoodCycle merupakan wujud tanggung jawab McDonald's Indonesia terhadap lingkungan untuk meminimalkan limbah makanan. Menurut data yang didapat dari riset FoodCycle, sejak tahun 2000 hingga 2019, sampah makanan di Indonesia mencapai 23 juta hingga 48 juta ton.

Jumlah limbah makanan di Indonesia dalam satu tahun setara dengan makanan yang dapat dikonsumsi 28 juta orang. Oleh karena itu, McDonald’s berpartisipasi aktif dalam mengambil langkah bijak untuk mengolah makanan berlebih.

Baca Juga: Deretan Pakaian yang Terinspirasi dari McDonald's, Unik Semua!

Baca Juga: Kolaborasi dengan McDonald's, 10 Meme Reaksi Warganet Soal BTS Meal

Baca Juga: 7 Rahasia McDonald's yang Membuat Makanannya Populer Sepanjang Waktu