Lestarikan Kuliner Otentik Indonesia di Festival Jajanan Bango 2022

Puaskan lidah sambil melestarikan kuliner tradisional

Lestarikan Kuliner Otentik Indonesia di Festival Jajanan Bango 2022

Sebagai warga Indonesia, tentu kita sudah mengetahui bahwa Nusantara kaya akan keragaman kulinernya. Namun, di tengah gempuran makanan-makanan modern dan fussion dengan makanan dari luar negeri, membuat makanan tradisional mulai terlupakan.

Bukan hanya kurangnya sarana promosi, terkadang kurangnya informasi juga membuat kuliner khas Indonesia ini kurang diketahui oleh masyarakat. Padahal dari segi rasa, makanan-makanan otentik Indonesia tak kalah lezat dan unik, lho. Rasanya, sayang jika kuliner tersebut tidak dilestarikan.

Memahami hal ini, Bango kembali menggelar Festival Jajanan Bango 2022 untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan kuliner khas Indonesia. Siap berwisata kuliner di akhir pekan ini di Festival Jajanan Bango 2022? Simak selengkapnya tentang acara ini di artikel berikut, yuk!

Masih banyak jenis kuliner nusantara yang belum familiar di kalangan millennial dan gen z

Kekayaan ragam kuliner bangsa menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tradisi kuliner paling kaya di dunia. Namun sayangnya, dari 3.259 ragam kuliner otentik yang hingga kini terpantau, baru segelintir di antaranya yang dikenali oleh masyarakat luas. 

Di tengah kefamiliaran kita terhadap ragam kuliner ikonik seperti nasi goreng, sate, soto, dan sambal, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa negeri kita memiliki 104 jenis nasi goreng, 252 ragam sate, lebih dari 100 varian soto, hingga 322 macam sambal. Begitupun pengetahuan tentang kuliner khas daerah.

Misalnya, kuliner Minang baru dikenal dengan Rendang, kuliner Palembang dengan Pempek, kuliner Yogyakarta dengan Gudeg, dan lain-lain. Padahal, tercatat kuliner khas Minangkabau setidaknya ada 220 jenis, kuliner khas Palembang ada lebih dari 200 jenis, kuliner khas Yogyakarta ada lebih dari 192 jenis, dan seterusnya. Pengenalan yang masih minim ini tentunya menjadi tantangan bagi upaya pelestarian kuliner.

Eksplorasi keragaman kuliner diharapkan mampu mendorong kiprah UMKM di Indonesia

Lestarikan Kuliner Otentik Indonesia di Festival Jajanan Bango 2022

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyampaikan bahwa Festival Jajanan Bango merupakan bentuk kolaborasi antara Kemenparekraf RI dengan Unilever Indonesia melalui Bango yang turut memperkuat program 'Indonesia Spice Up the World' dalam memperluas pemasaran produk bumbu rempah Indonesia, dimana kecap adalah salah satu bumbu yang menjadi ciri khas, yang mempersatukan keragaman kuliner Indonesia.

"Tema 'Kenali Rasanya Indonesia' yang diangkat di Festival Jajanan Bango kali ini diharapkan mampu merepresentasikan kekayaan ragam kuliner bangsa, yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tradisi kuliner paling kaya di dunia. Eksplorasi kekayaan kuliner Indonesia perlu terus dilakukan untuk mendorong kiprah para UMKM sektor kuliner sehingga mampu berkontribusi pada perekonomian bangsa. Saya mengapresiasi pelaksanaan gelaran tahunan Festival Jajanan Bango sebagai salah satu medium yang efektif untuk memperkenalkan aneka kuliner otentik sekaligus sosok-sosok pengusaha UMKM kuliner tradisional yang legendaris kepada masyarakat luas," jelas Sandiaga.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here