Beberapa bulan lalu, muncul akun media sosial yang mengatasnamakan Subway dan mengumumkan bahwa mereka akan hadir di Indonesia. Sayangnya, akun tersebut hanyalah lelucon belaka. Padahal antusiasme masyarakat Indonesia untuk menyambut kembalinya brand sandwich asal Amerika ini, begitu tinggi.

Tapi, untuk mengobati kekecewaan masyarakat Indonesia, Subway ternyata secara resmi akan hadir di Indonesia melalui kemitraan dengan PT Mitra Adi Perkasa Tbk. Seperti apa proses kerja sama dua perusahaan besar ini? Simak penjelasannya berikut.

Ekspansi Subway ke Indonesia melalui kemitraan PT Mitra Adi Perkasa Tbk

Bukan Prank! Subway Resmi Kembali Hadir di IndonesiaDok. MAP

Subway telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Sari Sandwich Indonesia, anak perusahaan dari peritel makanan & minuman (F&B) di Indonesia, PT Map Boga Adiperkasa Tbk (MBA). MBA merupakan bagian dari PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP).
Perjanjian tersebut menandai rencana agresif Subway untuk melakukan ekspansi internasional.

Kemitraan ini akan menghadirkan beberapa restoran pertama Subway di Indonesia pada kuartal keempat 2021, yang pembukaannya berawal di wilayah Jabodetabek.

“Permintaan kehadiran restoran Subway yang tinggi datang dari berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia,” jelas John Chidsey, Chief Executive Officer Subway, seperti dikutip dari rilis yang diterima Popbela.

Subway, brand F&B internasional ke delapan yang bergabung dengan MBA

Bukan Prank! Subway Resmi Kembali Hadir di IndonesiaInstagram.com/Subway

Sebagai pemain utama ritel F&B di Indonesia, MBA memiliki lebih dari 590 gerai di 33 kota di Indonesia yang mengoperasikan merek ternama, seperti Starbucks, Pizza Marzano dan Krispy Kreme.

Berdasarkan perjanjian kerja sama tersebut, Subway di Indonesia secara resmi dioperasikan oleh PT Sari Sandwich Indonesia, sehingga memperluas portofolio bisnis MBA menjadi delapan merek internasional premium.

Selain itu, Indonesia secara global akan menjadi negara pertama yang menerapkan model waralaba negara (country franchise model) eksklusif Subway. Berdasarkan model ini, MBA akan menjadi ujung tombak dan perusahaan tunggal bagi pengembangan Subway di Indonesia, dengan harapan mampu membangun pertumbuhan tahunan restoran yang kuat dan stabil.

"MBA menyadari peran penting dari ritel F&B dan selalu bermitra dengan merek-merek terbaik di kelasnya. Dengan demikian, bagi kami, Subway merupakan pilihan yang tepat," kata V.P. Sharma, Group CEO dari PT Mitra Adiperkasa Tbk.

Sempat buat heboh di Indonesia pada Desember 2020 lalu

Bukan Prank! Subway Resmi Kembali Hadir di IndonesiaDok. Internet

Pada 3 Desember 2020 lalu, sebuah akun dengan nama Subway_id mengumumkan bahwa ia akan hadir di Indonesia. Dalam beberapa jam saja, akun tersebut berhasil mengumpulkan puluhan ribu pengikut.

Karena begitu ramai dan menjadi trending topic, akun tersebut pun mengaku bahwa hanya melakukan lelucon dan meminta maaf. Akun Subway_id pun kini sudah dihapus setelah sebelumnya membuat pernyataan maaf.

Restoran Subway pernah membuka cabang Indonesia pada sekitar era 1990-an, tepatnya di Mal Pondok Indah, Mal Taman Anggrek, Plaza Senayan, Mal Ciputra dan Wisma 46, Jakarta, serta di Kuta, Bali, hingga bulan Oktober 2000. Namun, semua cabang tersebut ditutup pada tahun 2005. 

Kini Subway secara resmi akan kembali hadir di Indonesia. Jadi, siapa yang sudah nggak sabar untuk mencicipinya, nih?

Baca Juga: Sandwich Buatan Sendiri yang Bisa Dihidangkan Saat Piknik

Baca Juga: Simpel dan Bisa Dibuat di Rumah, Ini Aneka Resep Kreasi Roti

Baca Juga: Resep Roti Kopi a la Roti'O, Aromanya Menggoda Banget!