Salah satu cara kita menjaga kesehatan adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Sebab, makanan yang kita makan bukan hanya memberikan pengalaman berbeda, tapi juga harus memiliki kandungan gizi seimbang untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh.

Jika saat ini kamu sedang tidak bisa mengonsumsi daging, kamu bisa menggantinya dengan jenis makanan lain yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi pengganti daging atau yang disebut pula dengan substitusi daging.

Dalam acara Indonesia Memasak by Yummy 2021, Rabu, 1 Desember 2021, Risma Good membagikan beberapa bahan makanan yang bisa kamu pilih untuk menggantikan daging. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Tempe

4 Bahan Makanan yang Bisa Kamu Gunakan sebagai Pengganti DagingPexels.com/Cottonbro

Jika kamu berpikir makanan yang ramah vegetarian memiliki harga yang mahal, kamu salah, Bela. Menurut Risma, tempe bisa menjadi pilihan tepat sebagai bahan substitusi daging karena memiliki kandungan protein yang hampir sama. Rasanya yang enak, serta harganya yang terjangkau, membuat tempe menjadi makanan sehat yang mudah didapat.

Selain itu, tempe memiliki kandungan yang mampu melawan radikal bebas, sehingga dapat membantumu menghambat proses penuaan dini, serta mencegah terjadinya penyakit degeneratif, seperti jantung dan kanker.

2. Tahu

4 Bahan Makanan yang Bisa Kamu Gunakan sebagai Pengganti DagingPexels.com/Polina Tankilevitch

Masih terbuat dari kacang kedelai, tahu juga bisa kamu gunakan sebagai pengganti daging. Berbeda dengan tempe yang masih memiliki tekstur kacang, tekstur tahu lebih lembut dan mudah hancur saat dicerna di mulut.

Tahu memiliki banyak manfaat. Selain mengandung protein tinggi, tahu bermanfaat untuk mengontrol gula darah, meningkatkan kekuatan tulang, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan menurunkan kadar kolestrol pada tubuh.

3. Oncom

4 Bahan Makanan yang Bisa Kamu Gunakan sebagai Pengganti DagingKlikdokter.com

Secara penampilan, oncom terlihat kurang menarik. Namun, di balik itu semua, oncom memiliki kandungan protein yang hampir mirip dengan daging dan manfaat yang cukup banyak.

Oncom memiliki manfaat mencegah perut kembung, mengurangi kolesterol, menjaga berat badan, hingga sebagai sumber energi. Selain itu, oncom juga menjadi makanan yang ramah lingkungan dan zero-waste karena terbuat dari ampas tahu yang bisa masih dimanfaatkan.

4. Kacang-kacangan

4 Bahan Makanan yang Bisa Kamu Gunakan sebagai Pengganti DagingUnsplash.com/Pavel Kalenik

Protein daging bisa kamu gantikan pula dengan kacang-kacangan, Bela. Memang, secara tekstur dan rasa, kacang-kacangan tidak bisa menggantikan daging. Namun, kacang-kacangan memiliki manfaat dan nutrisi yang hampir sama dengan daging.

Manfaat kacang-kacangan adalah memiliki kandungan protein yang tinggi, asam folat yang mampu memperbaiki dan memperkuat sel-sel otak, menyeimbangkan gula darah, serta mencegah obesitas.

Itu tadi daftar bahan makanan pengganti daging yang bisa kamu konsumsi. Selain rasanya yang tak kalah lezat, kandungan nutrisinya pun tak kalah dengan daging. Mau mencoba bahan makanan yang mana, nih?

Indonesia Memasak by Yummy merupakan acara tentang makanan terbesar yang diselenggarakan secara online oleh Yummy Indonesia. Acara yang berlangsung pada 1-31 Desember 2021 ini menghadirkan banyak rangkaian kegiatan yang bisa kamu ikuti secara gratis. Mulai dari cooking classtalk show, hingga penghargaan untuk mereka yang telah berkontribusi di industri makanan Indonesia. 

Jangan ketinggalan untuk mengikuti semua rangkaiannya dengan follow akun Instagram @yummy.idn dan @indonesiamemasakbyyummy.

Baca Juga: Kembali Hadir! Simak Jadwal Acara Indonesia Memasak by Yummy

Baca Juga: Resep Mie Gacoan, Bikin Sendiri Nggak Perlu Antri!

Baca Juga: Program Yummy #1Resep1NasiBungkus Kembali Digelar, Berbagi Saat PPKM