Resep Cromboloni, Kombinasi Croissant dan Bomboloni yang Viral

Crispy dan lumer

Resep Cromboloni, Kombinasi Croissant dan Bomboloni yang Viral

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Media sosial TikTok sedang diramaikan dengan kuliner baru yang merupakan salah satu jenis olahan croissant bernama cromboloni. Kreasi ini merupakan gabungan dari croissant dan bomboloni yang bentuknya melingkar. 

Di dalamnya, cromboloni diisi dengan isian krim manis dengan aneka rasa, seperti cokelat dan matcha. Teksturnya yang flaky dan renyah membuat olahan pastry ini terlihat menggugah selera. 

Sayangnya, cromboloni ini belum banyak tersedia di kota-kota lainnya selain Jakarta. Maka dari itu, kamu bisa mengikuti resep cromboloni ini kalau tidak sabar ingin mencobanya. 

1. Bahan-bahan cromboloni isi cokelat

  1. 250 gram tepung terigu protein sedang 
  2. 250 gram tepung terigu protein tinggi 
  3. 150 ml susu cair dingin 
  4. 50 gram mentega tawar dingin
  5. 240 gram mentega tawar, letakkan di suhu ruang 
  6. 150 ml air es 
  7. 50 gram gula kastor 
  8. 10 gram ragi instan 
  9. 10 gram garam 
  10. 10 gram madu 
  11. 350 ml susu cair full cream untuk isian cokelat 
  12. 85 gram dark chocolate cincang untuk isian cokelat 
  13. 30 gram mentega tawar untuk isian cokelat 
  14. 4 kuning telur untuk isian cokelat 
  15. 60 gram gula pasir untuk isian cokelat 
  16. 20 gram tepung maizena 
  17. Dark cooking chocolate, lelehkan untuk topping 
  18. Almond panggang, cincang kasar untuk topping 
  19. Chocolate chips untuk topping 

2. Langkah membuat cromboloni

  1. Buat dulu adonan croissant dengan memasukkan tepung terigu, gula kastor, madu, ragi, garam, susu cair, dan air dingin ke dalam wadah mixer. Lalu, aduk dengan mixer pengaduk roti selama 3 menit. 
  2. Setelah itu, masukkan mentega dingi, lalu aduk kembali sampai rata dan elastis. 
  3. Kalau sudah, bulatkan adonan, lalu letakkan dalam wadah dan tutup dengan plastic wrap. Kemudian, sisihkan selama 20 sampai 30 menit di suhu ruang saja. 
  4. Setelah didiamkan di suhu ruang, gilas adonan menjadi berbentuk persegi panjang dengan ukuran 20x30 cm, lalu bungkus dengan plastic wrap. Sisihkan di dalam kulkas selama 2 jam. 
  5. Untuk mentega tawarnya, taruh di atas selembar baking paper dan gilas dengan rolling pin sampai pipih. Rapikan menjadi berbentuk persegi juga dengan ukuran 20x18 cm dan simpan dalam kulkas. 
  6. Sebelum digunakan, keluarkan mentega 5 sampai 10 menit sebelumnya. Gilas lagi dengan rolling pin sampai lembut.
  7. Untuk adonan croissant, keluarkan dari kulkas dan gilas lagi menjadi berukuran 20x40 cm. Letakkan mentega di tengah adonan, lalu lipat bagian kiri dan kanan adonan menutupi mentega. Gilas lagi dengan rolling pin sampai pipih membentuk persegi panjang berukuran 20x60 cm.  
  8. Lipatlah kedua sisi adonan ke tengah, kemudian lipat adonan jadi dua bagian ke tengah lagi baru rapatkan. 
  9. Bungkus adonan dengan plastic wrap, kemudian simpan dalam kulkas selama 2 jam. 
  10. Gilas lagi adonan membentuk persegi panjang 60 cm, lipat 1/3 bagian kiri dan kanan saling menumpuk di tengah menjadi 3 bagian. Tutup dengan plastic wrap dan simpan dalam kulkas 2 jam. 
  11. Keluarkan adonan sekitar 5 menit sebelum digilas, gilas adonan sampai berbentuk persegi panjang 60x40 cm dengan tebal kurang lebih 4 mm sambil rapikan pinggirnya. 
  12. Gulung adonan dari sisi lebarnya sambil dirapatkan, simpan dalam kulkas lagi selama 20 menit dan potong setebal 4 cm setelahnya 
  13. Taruhlah dalam cetakan bundar di atas loyang datar dengan alas baking paper. Diamkan dulu di suhu ruang selama 2 jam sampai mengembang. 
  14. Tutuplah dengan baking paper, lalu letakkan loyang datar di atasnya. 
  15. Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat Celcius selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Lepaskan cetakan bundar dan balik, lalu panggang kembali 20 menit sampai matang. Sisihkan. 
  16. Untuk membuat isian cokelat, kocok kuning telur, gula, dan maizena sampai rata. Dalam panci lain, rebus susu dan sisa gula sambil aduk dengan whisk sampai mendidih baru kemudian diangkat. 
  17. Tuanglah sebagian susu panas ke dalam kuning telur, aduk cepat. Tuang lagi ke dalam panci susu, masak sampai mengental.
  18. Angkat dan masukkan cokelat cincang, aduk merata. Jangan lupa tambahkan mentega, aduk sampai meleleh dan rata, lalu dinginkan dalam kulkas. 
  19. Masukkan krim cokelat ke dalam cromboloni, hias dengan topping. Sisihkan sampai cokelat mengeras lalu sajikan. 

Resep cromboloni di atas akan memuaskan keinginanmu untuk merasakan pastry yang renyah dan flaky sekaligus. Jangan lupa isi dengan isian yang banyak supaya makin lumer saat dinikmati. Selamat mencoba, Bela!

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here