Cara Membuat Kaldu Dashi, Kaldu Dasar Jepang yang Umami

Untuk menambahkan rasa umami pada masakan

Cara Membuat Kaldu Dashi, Kaldu Dasar Jepang yang Umami

Kamu salah satu pencinta masakan Jepang? Cita rasa masakan Jepang yang guring memang susah, ya, untuk menolaknya. Nah, ternyata di balik rasa umami tersebut,  beberapa makanan Jepang menggunakan kaldu dasar, nih, Bela. Namanya kaldu Dashi. 

Dengan menggunakan kaldu ini kamu bisa membuat kuah sop misu, dan campuran adonan takoyaki yang lezat, lho. Cara membuatnya cukup mudah, dan bahan yang sederhana. Kamu hanya perlu menggunakan serpihan bonito, kombu kering, dan air saja.

Kalau kamu ingin mencobanya, kamu bisa simak resep berikut ini, ya?

Apa itu Serpihan Bonito?

Cara Membuat Kaldu Dashi, Kaldu Dasar Jepang yang Umami

Serpihan bonito atau biasa disebut dengan katsuobushi dalam bahasa Jepang adalah sejenis ikan-ikanan kering berbentuk lembaran tipis. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan cakalang. Kalau kamu suka makan takoyaki, taburan di atas takoyaki lah yang disebut serpihan bonito/katsuobushi. Saat ini di Indonesia sudah banyak, kok yang menjual katsuobushi ini.

Apa itu Kombu Kering?

Selain katsuobushi, kamu juga memerlukan Kombu kering, nih Bela. Kombu adalah sejenis ganggang laut yang telah dikeringkan dan dipotong menjadi lembaran. Ini berbeda dengan rumput laut kering, ya, Bela.

Jika diperhatikan, dalam lapisan kombu terdapat lapisan serbuk berwarna putih, serbuk itu adalah asam glutamat dan menjadi dasar kaldu dashi. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here