Tahun ke tahun zaman semakin berubah. Begitu juga dengan teknologi yang terus berkembang dan semakin canggih. Di tahun yang lebih modern ini, manusia terus membuat penelitian dan penemuan. Banyak sekali teknologi buatan yang diciptakan untuk mempermudah dan mempersingkat pekerjaan manusia. Salah satunya yaitu robot yang menyerupai manusia untuk melakukan berbagai pekerjaan. Tidak hanya digunakan dalam dunia bisnis perhotelan, kini robot juga dimanfaatkan dalam dunia kuliner. Banyak restoran di dunia yang memilih menggunakan robot sebagai pelayan. Berikut 7 Restoran di dunia yang melayani konsumen dengan robot.

1. Hema Robotic Restaurant, Shanghai

7 Restoran Ini Layani Konsumen Pakai Robot Pelayansmartshanghai.com

Restoran milik perusahaan Alibaba menggunakan robot Hema yang berfungsi menerima dan mengantarkan pesanan. Tidak berbentuk seperti robot lainnya, Robot hema cukup simpel karena bentuknya sama seperti microwave. Alasan utama Alibaba mengembangkan bisnis ini yaitu untuk menghemat biaya pengeluaran. Di Shangai, biaya untuk menyewa seorang pelayan senilai Rp22 juta per bulan, sedangkan restoran membutuhkan setidaknya dua shift setiap harinya. Hmm... mahal juga ya, Bela.

2. Spyce, Boston, Amerika

7 Restoran Ini Layani Konsumen Pakai Robot Pelayandesignboom.com

Berbeda dengan restoran yang ada di Amerika Serikat, restoran bernama Spyce yang menggunakan robot sebagai alat memasak. Kitchen robotic atau dapur yang dioperasikan oleh teknologi robot secara otomatis. Kalau kamu berkunjung ke sini, kamu cukup menunggu kurang dari 3 menit dan pesanan mu sudah siap dan tersaji. Spyce menjadi restoran otomatis pertama di dunia yang menggunakan robot dalam memasak pesanan pengunjung. Harga yang ditawarkan oleh Spyce mulai dari $7,50 atau Rp105 ribu per menu.

3. Restoran hotpot robot, Hong Kong

7 Restoran Ini Layani Konsumen Pakai Robot Pelayanecns.cn

Kali ini restoran dengan memanfaatkan teknologi canggih berada di Hong Kong. Bekerja sama dengan Haidailao dan perusahaan elektronik terbesar yaitu Panasonic, menciptakan dan membuat robot hotpot. Robot ini sangat canggih dan memiliki kemampuan hebat yaitu dapat meracik sup dengan rasa yang sesuai dalam menu. Kamu hanya perlu memesan lewat tablet yang tersedia di setiap meja. Pesanan tersebut akan langsung tertera di dapur robot. Pesanan yang sudah siap akan diantar oleh robot humanoid. Tidak hanya mengantar makanan, ada juga robot yang bertugas mengambil nampan pengunjung yang sudah selesai.

4. Hajime Robot Restaurant, Bangkok

7 Restoran Ini Layani Konsumen Pakai Robot Pelayanoddviser.com

Hajime Robot Restaurant berada di Pusat Bangkok, tepatnya di Monopoly Park Plaza. Restoran yang menyajikan makanan khas jepang dengan tema all you can eat. Menunya terdiri dari shabu-shabu hingga yakiniku. Setiap meja disediakan tablet yang gunanya untuk memesan menu makanan. Setelah pesanan siap saji, robot akan datang ke meja pengunjung untuk menyajikan makanan. Selain itu, robot di restoran ini juga memiliki kemampuan untuk menghibur. Jika kamu berkunjung ke Hajime Robot Restaurant, kamu bisa meminta para robot untuk menari selama beberapa menit. 

5. Creator Restaurant, San Francisco

7 Restoran Ini Layani Konsumen Pakai Robot Pelayanlonelyplanet.com

Robot yang dimiliki oleh Creator Restaurant di San Fransisco ini sangat canggih. Para robot bisa memasak burger hanya dengan waktu 5 menit saja. Robot ini memiliki tinggi 1,2 meter dan bertugas membuat burger. Mulai dari menggiling daging, memanggang roti, mengiris keju sampai memberikan saus. Cukup 5 menit, satu porsi burger sudah siap disajikan. Artinya, dalam waktu satu jam robot yang dimiliki Creator Restaurant dapat membuat lebih dari 130 burger. Masalah harga, jangan khawatir, Bela. Satu porsi burger dihargai sebesar $6 atau Rp85 ribu. Terbilang murah ya meskipun dikerjakan oleh robot yang super canggih.

6. Restoran Shinju, Jepang

7 Restoran Ini Layani Konsumen Pakai Robot Pelayansoranews24.com

Restoran yang berada di Negeri Sakura ini memiliki pelayanan unik yaitu Restoran Shinju. Terletak di daerah Chugoku, Okayama, terdapat restoran tua yang terkenal karena menu Okonomiyaki. Restoran Shinju sudah 10 tahun menggunakan pelayanan yang dilakukan oleh robot terampil dan canggih. Robot yang mengenakan topi Minnie Mouse ini memiliki tugas yang sama seperti restoran robot lainnya. Ketika pengunjung memilih menu makanan, robot akan keluar dan menyapa, "selamat datang," dalam bahasa jepang. Pelayan robot ini juga akan mengantarkan minum, "Terima kasih sudah menunggu, silahkan ambil ini," lanjutnya dalam bahasa Jepang. Wah, ramah banget ya!

7. Rong Heng Seafood Restaurant, Singapore

7 Restoran Ini Layani Konsumen Pakai Robot Pelayanasiaone.com

Melirik negara tetangga yaitu Singapore, terdapat restoran seafood yang menggunakan pelayan robot. Ide dari pelayan robot ini didapatkan ketika pemilik restoran, Zhang Zhinong, berkunjung ke salah satu restoran di China. Menggunakan robot sebagai pelayan adalah sesuatu yang praktis, canggih dan hemat. Menurut Zhang Zhinong, robot tidak perlu gaji, bonus atau kesejahteraan. Robot juga bisa bekerja 24/7, tidak mengambil cuti atau izin sakit dan tidak akan berhenti. Untuk kamu yang sedang mencari restoran seafood di Singapore, langsung saja datang ke Rong Heng Seafood Restaurant. Selain menikmati santapan seafood, kamu juga memiliki pengalaman dilayani oleh robot yang canggih, lho.

Baca Juga: Ini yang Bisa Kamu Lakukan Agar Pekerjaan Tidak Diganti dengan Robot