Tubuh memerlukan vitamin untuk tetap membuatnya tetap sehat dan berfungsi optimal. Salah satu jenis vitamin yang harus terpenuhi kebutuhannya adalah vitamin E. 

Vitamin E punya banyak manfaat untuk tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan saraf, kesehatan mata, menurukan risiko penyakit alzheimer, menjaga keseimbangan hormon, hingga menjaga kesehatan kulit tubuh.  

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin E dalam tubuh adalah melalui makanan. Lalu, makanan apa saja ya yang mengandung banyak vitamin E? Simak ulasannya yang telah Popbela rangkum di bawah ini, yuk! 

1. Biji bunga matahari (kuaci)

Sehat dan Lezat! 7 Makanan Ini Kaya Akan Vitamin EVegetarian.lovestoknow.com

Kuaci, kamu pasti tidak asing dengan makanan ini, dong? Selain nikmat untuk dijadikan cemilan, kuaci juga kaya akan nutrisi, lho! 

Dalam 100 gram kuaci, terdapat 35,17 miligram vitamin E, 8,6 gram serat, 20,78 gram protein, 645 miligram potasium, 325 miligram magnesium, dan 5 miligram zinc. 

Kuaci yang kaya serat juga membuat sistem pencernaanmu tetap sehat. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menaburkan isi kuaci pada yoghurt, oatmeal, atau salad. Coba, yuk! 

2. Kacang almond

Sehat dan Lezat! 7 Makanan Ini Kaya Akan Vitamin Emumspantry.com

Selanjutnya, ada kacang almond! Dalam 100 gram kacang almond, terdapat 25,63 miligram vitamin E, 21,15 gram protein, 12,5 gram serat, 733 miligram potasium, dan 270 miligram magnesium. 

Kamu bisa mengolahnya menjadi kacang almond panggang, susu almond, atau dicampurkan bersama sereal dan yoghurt.  Pasti lezat, ya!

3. Kacang tanah

Sehat dan Lezat! 7 Makanan Ini Kaya Akan Vitamin Efreepik.com/ alexdon24

Kamu pasti pernah mengonsumsi kacang tanah goreng atau rebus, bukan? Ya, makanan ini memang populer di tengah masyarakat. Selain rasanya yang enak, kacang tanah juga kaya akan nutrisi. 

Dalam 100 gram kacang tanah, terkandung 4,93 miligram vitamin E, 24,35 gram protein, 8,4 gram serat, 634 miligram potasium, dan 14,355 miligram niacin 

Kamu bisa mengonsumsi kacang tanah dalam berbagai bentuk olahan. Namun, direkomendasikan untuk mengonsumsi kacang tanah tanpa tambahan penyedap rasa dan digoreng dengan minyak agar tetap sehat untuk tubuhmu. 

4. Alpukat

Sehat dan Lezat! 7 Makanan Ini Kaya Akan Vitamin EWellandgood.com

Olahan makanan atau minuman dari buah yang satu ini pasti selalu lezat! Lebih menariknya lagi, buah alpukat banyak mengandung nutrisi namun sedikit gula.  

Dalam 100 gram alpukat, terdapat 2,07 miligram vitamin E, 10 miligram vitamin C, dan potasium.  

Ada banyak cara menikmati alpukat yang bisa kamu coba. Seperti dibuat menjadi jus, salad, cemilan ringan, hingga dibuat menjadi es krim rendah gula. Yummy! 

5. Bayam

Sehat dan Lezat! 7 Makanan Ini Kaya Akan Vitamin EHealthline.com

Mengonsumsi bayam juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin E-mu, lho! Dalam 100 gram bayam, terkandung 2,03 miligram vitamin E, 9877 International Units (IU) vitamin A, 28,1 miligram vitamin C, 2,2 gram serat, dan 558 miligram potasium. 

Kamu bisa mengonsumsi bayam dengan cara dibuat menjadi sup, ataupun menjadi jus sayur yang dicampurkan dengan lemon dan madu.  

6. Minyak Nabati

Sehat dan Lezat! 7 Makanan Ini Kaya Akan Vitamin EMedicalnewstoday.com

Minyak nabati adalah salah satu jenis minyak sehat yang kaya akan vitamin E. Kamu bisa mengomsi beberapa jenis minyak sayur seperti Minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak gandum, dan minyak canola. 

Tahu nggak sih, dalam 1 sendok makan minyak biji gandum terkandung 100% kebutuhan asupan Vitamin E harianmu. Selain itu, 1 sdm minyak canola juga mengandung 12% dari nilai harian vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh.  

7. Udang

Sehat dan Lezat! 7 Makanan Ini Kaya Akan Vitamin EFoodnetwork.com

Menyantap hidangan lezat sekaligus memenuhi kebutuhan vitamin E, kedengarannya menyenangkan bukan? 

Meskipun udang kaya akan kolesterol, udang rendah akan kalori. Udang juga kaya akan mineral, antioksidan, dan vitamin, terutama vitamin E.  

Kamu bisa menyantap udang dengan lezat dan sehat dengan cara dikukus dan mencapurkannya dengan cincangan bawang, tomat, cabai, perasan lemon, dan minyak zaitun.  

Coba konsumsi makanan-makanan menyehatkan dan kaya akan vitamin E diatas, yuk! 

Baca Juga: Rutin Konsumsi Vitamin E? Ini 5 Manfaatnya untuk Tubuh

Baca Juga: Yummy App Buktikan Kalau Masak Itu Gampang! 

Baca Juga: 10 Resep Olahan Alpukat yang Lezat