Menu berbuka puasa atau takjil apa nih, yang biasa kamu santap? Apakah gorengan, kolak, es krim, es teh manis, atau mungkin minuman bersoda? Duh, kedengarannya lezat dan segar bukan? 

Tapi awas! Meski kelihatannya sangat menggoda untuk dijadikan menu berbuka puasa, deretan menu diatas masuk dalam jenis takjil yang harus kamu hindari saat berbuka puasa, lho!  

Mau tahu alasannya? Simak 5 jenis takjil yang harus kamu hindari saat berbuka puasa di bawah ini, yuk! 

1. Terlalu dingin

Bahaya, Ini 5 Jenis Takjil yang Harus Dihindari Saat Berbuka PuasaId.pinterest.com/weheartitapp/

Apakah kamu salah satu yang biasa mengonsumsi minuman es saat berbuka puasa? Duh, kalau begitu coba hentikan kebiasaan tidak sehat ini, ya! 

Mengonsumsi minuman terlalu dingin seperti es ataupun makanan makanan bersifat dingin, dapat membuat kerja lambungmu menjadi lambat, Bela. Hal ini lantaran lambungmu harus bekerja lebih ekstra untuk menyesuaikan suhu makanan yang masuk dalam tubuhmu setelah belasan jam berpuasa.  

2. Terlalu panas

Bahaya, Ini 5 Jenis Takjil yang Harus Dihindari Saat Berbuka PuasaDailymail.com

Sama dengan minuman ataupun makanan bersuhu dingin, takjil dengan suhu terlalu panas juga harus kamu hindari! Alasannya sama, lambungmu jadi harus berkerja berkali-kali lipat lebih keras. Selain itu, takjil terlalu panas juga bisa membuatmu berisiko terkena  keram lidah ataupun sariawan.  

Jadi, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi takjil bersuhu ruangan dulu sebelum mngonsumsi makanan ataupun minuman bersuhu dingin atau panas, ya! 

3. Bersantan

Bahaya, Ini 5 Jenis Takjil yang Harus Dihindari Saat Berbuka PuasaCookpad.com

Kolak, makanan bersantan yang satu ini selalu jadi primadona untuk dijadikan takjil saat berbuka oleh banyak orang. Sayangnya, makanan bersantan juga nggak baik untuk tubuhmu, khususnya pencernaan. 

Kolak yang terdiri dari santan memiliki kadar lemak yang sangat tinggi. Jumlah kalori tinggi yang tiba-tiba masuk ke dalam perutmu akan membuatnya sulit untuk dicerna. Hasilnya, kamu akan mengalami masalah pencernaan. Nggak cuma itu, lemak yang menumpuk di tubuhmu karena sulit dicerna itu akan meningkatkan risiko obesitas juga, lho! 

4. Bersoda

Bahaya, Ini 5 Jenis Takjil yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Minuman bersoda memang tampaknya menyegarkan sekali ya, untuk berbuka puasa. Tapi awas! ternyata minuman bersoda mengandung efek yang buruk jika kamu konsumsi langsung saat berbuka puasa. Kenapa, ya? 

Minuman bersoda mengandung karbondioksida sangat tinggi yang dapatmengejutkan perutmu saat masuk dalam keadaan kosong. Minuman bersoda juga bisa memicu munculnya reaksi panas di dada, asam di mulut, hingga sakit perut karena reaksinya dengan lambung. Hal ini makin berbahaya jika kamu mengidap penyakit mag. Jadi, hindari dulu minuman bersoda saat berbuka puasa ya, Bela! 
 

5. Makanan tinggi minyak seperti gorengan

Bahaya, Ini 5 Jenis Takjil yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasafreepik.com/ jcomp

Sepertinya menu yang satu ini sudah jadi barang wajib yang ada saat berbuka puasa, ya. Sayangnya, gorengan juga punya efek negatif jika kamu konsumsi saat berbuka puasa, lho! 

Gorengan mengandung kadar minyak yang tinggi. Hal ini membuat gorengan sulit untuk dicerna dalam jangka waktu pendek oleh tubuh, terlebih ketika perut kosong saat berpuasa. Gorengan juga bisa menyebabkan asam lambungmu naik dan memicu terjadinya heartburn, yaitu kondisi ketika kamu merasakan perut bagian atasmu seperti terbakar. Selain itu, mengonsumsi gorengan juga bisa menyebabkan sembelit dan tenggorokan gatal.  

Sebaiknya, mulai buka puasamu dengan segelas air putih bersuhu sejuk, serta kurma taau buah-buahan ya, Bela. Selain lebih menyehatkan, organ-organ tubuhmu juga akan berterima kasih padamu.

Baca Juga: 5 Resep Mengolah Tahu untuk Berbuka Puasa

Baca Juga: Arti dan Menu Takjil Buka Puasa

Baca Juga: 11 Meme Buka Puasa Lucu