Siapa sih yang nggak tahu acara MasterChef? Acara kompetisi memasak yang tayang setiap akhir pekan ini selalu membuat kagum para penontonnya dengan penampilan para peserta yang menakjubkan, lho. Layaknya koki profesional, mereka menunjukan kebolehannya dalam memasak. Adegan memotong dengan pisau, filet daging, menata makanan, dan adegan memasak seperti koki profesional lainnya, tak jarang membuat orang yang menontonnya ternganga.

Nah, buat Bela yang hobi memasak dan ingin seperti mereka, Popbela punya caranya, nih. Cara ini bisa Bela terapkan untuk jadi seorang MasterChef yang bisa menghasilkan makanan-makanan yang lezat dan menggugah selera. Ini dia caranya!

1. Cintai dan pelajari makanan

Mau Jago Masak seperti Peserta MasterChef? Ini Dia 9 CaranyaPinterest.com/The_Telegraph

Peribahasa “tak kenal maka tak sayang” cocok banget nih untuk menjelaskan cara yang pertama ini. Kamu perlu mempelajari hal-hal dasar dalam memasak, seperti mengenal bahan makanan, bagaimana mengolahnya, bagaimana mengombinasikannya dengan bahan lain, dan hal-hal lainnya yang bisa menambah ilmu kamu seputar makanan. Untuk memperoleh hal ini, kamu bisa membaca buku, bertanya kepada ahlinya, atau membaca di internet. Dengan luasnya pengetahuan kamu akan makanan, maka kamu akan semakin jatuh cinta dengan memasak.

2. Punya visi yang jelas

Mau Jago Masak seperti Peserta MasterChef? Ini Dia 9 CaranyaPinterest.com/JoannaGodard

Dalam memasak, kamu harus memiliki tujuan yang terarah. Jangan sampai kamu sudah di dapur dan tidak tahu apa yang akan kamu masak. Carilah ide atau inspirasi makanan apa yang mau kamu masak dan pastikan kamu mengetahui waktu yang dibutuhkan dalam memasak bahan utama. Jangan sampai kamu memasak sayur terlebih dahulu dibanding ayam.

3. Thrid Eye Vision

Mau Jago Masak seperti Peserta MasterChef? Ini Dia 9 CaranyaPinterest.com/Deliciouslyella

Kemampuan multitasking sangat-sangat diperlukan dalam memasak, lho. Saat memasak, kamu akan sangat sibuk karena banyak hal yang diolah. Walaupun sibuk, kamu harus bisa memantau dan memastikan bahwa masakan kamu dalam kondisi baik. Oleh karena itu, kemampuan multitasking benar-benar diperlukan. Dengan sering berlatih, secara otomatis skill keren ini akan kamu kuasai.

4. Percaya diri yang penuh

Mau Jago Masak seperti Peserta MasterChef? Ini Dia 9 CaranyaPinterest.com/Bojongourmet

Jangan takut salah. Percaya diri adalah kunci utama yang punya pengaruh besar kepada hasil akhir makanan. Yang perlu kamu siapkan ketika memasak adalah kamu harus mempunyai rencana lebih dari satu, sehingga apabila rencana pertamu gagal masih ada rencana yang lain. Salah bukan berati gagal melainkan pembelajaran. Jadi, jangan takut mencoba!

5. Perhatikan bahan masakan

Mau Jago Masak seperti Peserta MasterChef? Ini Dia 9 CaranyaPinterest.com/JessicaSepel

Sebelum memasak, yang perlu kamu perhatikan adalah bahan-bahan masakanmu. Pastikan semua bahan masakanmu dalam kondisi baik dan segar. Jangan sampai kamu memasak bahan yang kurang baik, karena hal itu akan memengaruhi cita rasa dan juga kesehatan.

6. Fokus pada bahan utama

Mau Jago Masak seperti Peserta MasterChef? Ini Dia 9 CaranyaPinterest.com/ChelseaCambridge

Ketika kamu memasak, letakkan fokusmu pada rasa yang ada di bahan utama. Jangan sampai kamu kehilangan rasa original dari bahan utamamu dan malah memperkuat rasa lain yang berasal dari bumbu-bumbu yang kamu tambahkan ke masakan. Cara ini dilakukan supaya kamu menghasilkan makanan yang berasa autentik.

7. Gunakan semua pancaindra

Mau Jago Masak seperti Peserta MasterChef? Ini Dia 9 CaranyaGettyimages/ValeriyaTikhonova

Memasak emang hal yang paling mengasikan. Kegiatan seru ini melibatkan semua pancaindra, lho. Mencicipi, mencium, menyentuh, melihat, dan mendengar semuanya dilakukan ketika memasak. Nggak salah jika kegiatan memasak dikategorikan jadi salah satu kegiatan yang multitasking. Jadi, ketika memasak, fungsikanlah semua pancaindramu, ya!

8. Punya pisau yang mendukung

Mau Jago Masak seperti Peserta MasterChef? Ini Dia 9 CaranyaPinterest.com/Anchiy

Yang perlu kamu tahu, pisau adalah perpanjangan tangan dari chef, lho. Oleh karena itu, pisau dengan kualitas tinggi sangat diperlukan ketika memasak supaya hasil masakan jadi maksimal. Pastikan juga kamu menggunakan pisau yang sesuai dengan kegunaannya, ya.

9. Be passionate!

Mau Jago Masak seperti Peserta MasterChef? Ini Dia 9 CaranyaPinterest.com/Iamweelandgood

Terakhir dan yang paling penting, jangan lupa untuk semangat ketika memasak. Percaya atau tidak, semangat yang ada ketika memasak bisa menular ke makanan yang kita masak, lho. Dengan semangat juga, rasa lelah tidak akan terasa dan rasa senang lah yang akan menghampiri.

Baca Juga: A La MasterChef! Ini 3 Resep yang Dapat Kamu Coba di Rumah