Ikon kuliner khas Semarang ini memang nikmat disantap kapan saja. Buat sarapan bisa buat makan malam enak juga. Pastinya sajian legendaris ini selalu mengenyangkan perut dan berhasil menggoyang lidah.

Komposisinya lengkap ada nasi, suwiran ayam kampung, sayur labu siam (jipang), krecek, telur rebus dan tahu yang diguyur kuah opor. Lidah kalian dimanjakan lagi dengan hadirnya lauk pelengkap seperti aneka sate atau lauk bacem yang bisa ditambahkan sesuai selera.

Nasi ayam menyajikan cita rasa gurih yang cukup pekat karena disiram kuah opor. Selain kuah, nasinya sendiri juga sudah pulen dan gurih karena saat dimasak berasnya dicampur santan. Ayam suwirnya juga khusus diolah dari ayam kampung. Rasanya khas gurih manis alami dan meski empuk tetap ada sensasi serat yang nagih.

Meski sederhana kuliner satu ini punya rasa yang menyelerakan. Yang bikin lebih nendang makannya itu beralas daun pisang. Jadi wanginya keluar banget saat kena kuah opor yang masih panas.

Pasti rugi deh kalau ke Semarang kalian nggak icip kuliner nasi ayam ini. Pastikan mencicipinya di 12 kedai nasi ayam paling enak berikut ya!

1. Nasi Ayam Karang Kojo

12 Kedai Nasi Ayam Paling Enak Di Semarang, Gurihnya Nagih Betul!instagram.com/ny.rempong

Lokasinya di Jalan KH Ahmad Dahlan, Simpang Lima, Semarang. Bukanya mulai pukul 10.00-22.00. Kedai legendaris ini membanderol seporsi nasi ayam seharga Rp10 ribu. Isinya ada telur rebus, ayam suwir, nasi dan sayur labu siam yang disiram kuah opor.

Ayamnya empuk banget apalagi tahu bacemnya di sini terkenal berbumbu maknyus. Sayur labunya nggak bikin eneg karena masih bertekstur krenyes. Terpenting lagi porsinya cukup bikin kenyang. Nasi ayam ini rasanya gurih banget tapi kalau mau pedes tinggal minta tambah cabe rawit rebus yang bisa digerus pakai sendok kalian.

Wajib banget sih kalau makan nasi ayam ini juga pakai nambah lauk aneka sate. Ada sate usus, sate ati ampela, sate telur puyuh dan sate kulit ayam. Tinggal ambil sesuai selera!

2. Nasi Ayam Mbak Milih

12 Kedai Nasi Ayam Paling Enak Di Semarang, Gurihnya Nagih Betul!instagram.com/tarra_herwinata

Sepincuk nasi ayam di sini harganya Rp10 ribu. Meski murah porsinya mantap betul, bikin kenyang. Makannya makin yahut kalau ditambah sate usus.

Jangan panik kalau makan di sini memang antri banget jadi usahakan datang awal biar dapat tempat duduk. Alamatnya gampang ditemukan yakni di Jalan Majapahit 337, Palebon, Pedurungan, Semarang. Bukanya mulai jam lima sore sampai sepuluh malam.

3. Nasi Ayam Bu Sulami

12 Kedai Nasi Ayam Paling Enak Di Semarang, Gurihnya Nagih Betul!Instagram.com/bemp77

Berlokasi di Selomas Timur Tim.V, Panggung Lor, Semarang. Bukanya dari jam enam pagi hingga sebelas siang. Tempat ini recommended buat sarapan karena porsinya yang cukup banyak pasti bikin semangat beraktivitas di pagi hari. Dari segi rasanya juga enak, cenderung manis gurih.

Merogoh Rp10 ribu, sudah dapat nasi sama topping tahu, telur bacem, sayur jipang, krecek dan ayam suwiran. Yang makin joss kalau udah diguyur kuah opornya. Makin gurih sekaligus sedap bumbunya!

Selain nasi ayamnya para penyuka jeroan pasti makin kalap dengan aneka satenya yang berbahan usus, jantung, ati dan uritan. Cobain pula aneka jajanan yang menggoyang lidah seperti bakso tahu, lemper, lumpia dan aneka gorengan.

4. Nasi Ayam Bu Sami

12 Kedai Nasi Ayam Paling Enak Di Semarang, Gurihnya Nagih Betul!instagram.com/dwiarifwicaksono

Lokasinya ada di Jalan Simpang Lima, Pleburan, Semarang. Mulai buka jam sebelas malam sampai enam pagi. Kuliner malam yang rame ini memang eksis sejak tahun 1975.

Buat yang nggak suka manis nasi ayam disini cocok dicoba karena citarasanya cenderung gurih. Seporsinya merupakan kombinasi dari nasi, ayam suwir, telur, sayur krecek dan kuah gurih. Nggak cuma itu, mau makin lengkap tinggal pesan lauk tambahan. Ada sate kulit, ati rempela, ceker, sate uritan, ayam kuah opor dan masih banyak lainnya.

Porsinya banyak apalagi nasinya selalu tersaji hangat, pasti mantap. Meski kreceknya udah pedas tapi kalau ditambah sambal makin nikmat. Juga cabe rawit muda utuhannya bisa digerus pakai sendok biar kuahnya makin greget lagi pedasnya. Dijamin mata langsung batal ngantuk! Enak banget deh apalagi harga menu nasi ayam di sini cukup dibanderol Rp10 ribu seporsi.

5. Nasi Ayam Bu Pini

12 Kedai Nasi Ayam Paling Enak Di Semarang, Gurihnya Nagih Betul!instagram.com/e_ndro

Beralamat di Jalan Gang Pinggir 75, Kranggan, Semarang. Kedai yang buka mulai jam enam pagi ini memang pas buat sarapan di Semarang.

Cukup merogoh uang Rp10 ribu dapat nasi dengan pelengkapnya mulai ayam suwir, telur pindang, sayur rebung, sayur manisa dan krecek pedas. Kalau suka bisa tambah tahu bacem yang bumbunya meresap banget.

6. Nasi Ayam Bu Darmo

12 Kedai Nasi Ayam Paling Enak Di Semarang, Gurihnya Nagih Betul!instagram.com/mariskaannastasia

Berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan, Semarang. Kedai ini mulai buka jam lima sore sampai sembilan malam.

Makan di sini wajib pesan lebih dari satu piring karena nasinya lumayan sedikit. Sesuai sama harganya yang murah yakni Rp10 ribu saja seporsi. Terdiri dari nasi, telur rebus setengah, sayur jipang dan kuah opor.

Untuk pendamping nasi ayam ini ada banyak mulai lauk tusukan, aneka gorengan, baceman tahu tempe dan kerupuk.

7. Nasi Ayam Bu Har

12 Kedai Nasi Ayam Paling Enak Di Semarang, Gurihnya Nagih Betul!instagram.com/patrolikulinersemarang

Lokasinya di Jalan Majapahit No 101 dan Jalan MT Haryono Mataram No 908, Semarang. Bukanya dari jam enam malam sampai sepuluh malam.

Kuliner murah khas Semarang ini cukup ditebus Rp10 ribu sepiring. Isinya terdiri dari nasi, ayam suwir, tahu, telur, sayur jipang dan kuah opor. Bisa dilengkapi sama lauk tambahan seperti sate telur, tahu dan kerupuk. Tak lupa cicipi pula cekernya yang empuk banget dan bumbunya pas.

8. Nasi Ayam Bu Surip

12 Kedai Nasi Ayam Paling Enak Di Semarang, Gurihnya Nagih Betul!instagram.com/miss_shenovha

Lokasinya di Jalan KH Ahmad Dahlan, Karangkidul, Simpang Lima, Semarang. Nasi ayam ini memang cocok buat sarapan pagi. Mulai dari jam enam pagi kalian mesti siap antri.

Kalau lagi lapar berat makan disini wajib merogoh Rp10 ribu untuk pesan porsi penuh. Kalau takut nggak habis pilih setengah porsi juga bisa kok. Pastikan sekalian tambah lauk aneka sate seperti usus, uritan, telur puyuh dan lainnya.

9. Nasi Ayam & Koyor Bu Mar

12 Kedai Nasi Ayam Paling Enak Di Semarang, Gurihnya Nagih Betul!instagram.com/claraalverin

Berlokasi di Jalan MT Haryono No 514, Karangkidul, Semarang. Bukanya mulai setengah tujuh pagi sampai sebelas malam. Seporsi nasi ayam di kedai ini dibanderol Rp12 ribu. Udah pasti ada telur bacem, tahu, suwiran ayam dan sayur jipangnya. Kalau suka bisa minta tambah sayur gori yang teksturnya khas ada empuk sekaligus krenyesnya pas dikunyah.

Nasi ayam di sini juga terkenal dengan olahan ceker dan gudeg koyornya yang mantap. Cekernya empuk bumbunya menggoyang lidah. Tapi jangan sampai mampir terlalu malam karena menu ceker yang jadi idaman ini ludesnya paling cepat.

10. Nasi Ayam Bu Wido

12 Kedai Nasi Ayam Paling Enak Di Semarang, Gurihnya Nagih Betul!instagram.com/jogjakakilima

Berlokasi di Jalan Gajah Mada dan Jalan Melati Selatan, Semarang. Kedai ini bukanya jam lima sore hingga sebelas malam.

Nasi ayam komplit berisi nasi ber-topping krecek pedas, ayam, sayur jipang dan telur. Selanjutnya diguyur kuah opor di atasnya. Buat rame piringmu bisa nambah lauk sate. Ada sate kulit ayam, sate telur puyuh, sate usus, sate ati ampela dan masih banyak lagi. Kisaran harga per porsinya kisaran Rp15 ribu sampai Rp25 ribu.

Kalau berani coba yang antimainstream, ada sate saren di sini. Jadi satenya itu diolah dari darah sapi yang sudah dimasak. Gimana, penasaran atau geli?

11. Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum

12 Kedai Nasi Ayam Paling Enak Di Semarang, Gurihnya Nagih Betul!instagram.com/yulindanunggalaa

Kedai ini bertempat di Jalan Puri Anjasmoro Raya Blok B1 No 23, Tawangmas, Semarang. Bukanya mulai dari jam enam pagi sampai sebelas malam.

Dengan Rp10 ribu kalian bisa menyantap seporsi nasi ayam dengan isi ayam suwir, telur, nasi dan labu siam. Porsinya cukup memuaskan tapi biar makin mantap pastikan pesan tambahan lauk krecek atau aneka satean. Ada sate usus, sate uritan, sate telur puyuh, sate ati ampela atau sate kulit. Bisa juga tambah keripik tempe biar ada tekstur kriuknya pas makan.

Kalau bosan nasi, kalian jangan lewatkan juga untuk mencoba sajian lontong opor di sini. Lontongnya punel dan teksturnya pas nggak lembek ataupun keras. Kuah opornya gurih merasuk sampai ke daging ayamnya.

12. Nasi Ayam Mbok Nem

12 Kedai Nasi Ayam Paling Enak Di Semarang, Gurihnya Nagih Betul!instagram.com/samuel_samm

Berlokasi di Jalan MT Haryono, Wonodri, Semarang. Kedai ini buka mulai jam lima sore hingga dua belas malam. Makan disini cukup siapkan Rp10 ribu dapat nasi dengan lauk tahu, suwiran ayam, krecek dan telur. Tak lupa sayur jipang dan kuah opor. Rasanya seimbang ada pedas dari krecek, manis sayur labu siam dan gurih kuah opornya.

Aneka satenya tampak nikmat dengan porsi yang lebih besar dibanding tempat makan nasi ayam lainnya. Kalau tambah aneka satean nantinya dicelup santan kental dulu sebelum dilahap.

Wah, baru lihat saja udah bikin perut keroncongan apalagi kalau udah masuk mulut pasti susah berhenti makan. Kalau kalian sudah punya langganan nasi ayam yang mana nih?

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "12 Kedai Nasi Ayam Paling Enak Di Semarang, Gurihnya Nagih Betul!"

Baca Juga: 9 Warung Nasi Babat Paling Laris Di Surabaya, Yummy Maksimal!