Shirataki noodle mungkin sering kamu temui pada varian nasi mentai rumahan atau program menu diet katering. Rasanya unik dan mengenyangkan, ternyata mi ini juga rendah kalori.

Mi ini kaya akan glukomanan, sejenis serat yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Faktanya, glukomanan telah terbukti menurunkan berat badan dalam banyak penelitian. Lalu, apa sih mi Shirataki itu?

Shirataki adalah mi panjang berwarna putih yang sering disebut mie “ajaib” atau mi konnyaku. Nah, konnyaku banyak tumbuh di Jepang, Tiongkok dan berbagai wilayah Asia Tenggara. Berikut fakta menarik tentang Mi Shirataki, apa saja, ya? Simak di bawah ini, yuk!

1. Tinggi serat kental

Fakta tentang Shirataki Noodle, Si Mi “Ajaib”Pinterest.com

Mi Shirataki mengandung Glukomanan yang berfungsi sebagai prebiotik, sehingga dapat menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam usus besar yang memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti melancarkan pencernaan dan meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Membantu menurunkan berat badan

Fakta tentang Shirataki Noodle, Si Mi “Ajaib”Freepik.com/rawpixel

Kandungan Glukomanan pada Mi Shirataki dapat meningkatkan perasaan kenyang dengan menunda pengosongan lambung dan mengurangi perasaan lapar dari hormone ghrelin atau hormone lapar.

3. Mengatasi sembelit

Fakta tentang Shirataki Noodle, Si Mi “Ajaib”Freepik.com/Jcomp

Apakah kamu penderita sembelit kronis? Mnegonsumsi mi Shirataki bisa jadi alternatif pengobatan meredakan sembelit. Serat Glukomanan terbukti aman dan efektif mengatasi sembelit pada dewasa dan anak-anak.

4. Mengontrol kadar gula darah dan insulin

Fakta tentang Shirataki Noodle, Si Mi “Ajaib”Freepik.com

Serat kental mampu menunda pengosongan lambung, sehingga rasa kenyang bertahan lebih lama, hal ini terbukti bisa menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

5. Mengurangi pontensi kolestrol

Fakta tentang Shirataki Noodle, Si Mi “Ajaib”Freepik.com

Sudah banyak penelitian menunjukan Glukomanan mampu mengurangi dan menyeimbangkan kadar kolesterol. Glukomanan menurunkan kolesterol jahat dengan mengeluarkannya melalui kotoran.

6. Mengurangi karbohidrat

Fakta tentang Shirataki Noodle, Si Mi “Ajaib”Pinterest.com

Sebagai orang Indonesia tentu terbiasa mengonsumsi nasi atau mi instan yang tinggi akan karbohidrat, apabila kamu menggantinya dengan Shirataki, jelas akan memberikan rasa kenyang yang hampir setara dengan mengonsumsi nasi, namun hampir tidak ada kalori atau karbohidrat yang dikonsumsi.

Efek samping dari mengonsumsi mi shirataki hampir nggak ada, Bela. Tapi mungkin bisa menyebabkan masalah pencernaan bagi sebagian orang dengan metabolisme cepat, seperti diare dan perut kembung. 

Nah, itulah beberapa faktar tentang Mi shirataki yang dikenal sebagai mie ajaib. Apakah kamu tertarik mencobanya?

Baca Juga: Selain Mie Instan, 7 Makanan Ini Wajib Dibawa Saat Liburan

Baca Juga: Ini Resep Plant-Based Diet Termudah untuk Jaga Imunitas dari Virus

Baca Juga: Resep Mie Ayam