Hari besar yang banyak ditunggu oleh masyarakat yaitu Hari raya Idul Adha.  Momen kumpul keluarga akan semakin berkesan dengan memasak daging kambing sambil menyantap bersama. 

Namun, pernah nggak kamu merasa malas untuk mengolahnya sebab baunya yang kurang sedap, bau tersebut bernama prengus yang berfungsi sebagai parfum kambing jantan untuk menarik perhatian lawan jenisnya dan menyebabkan orang yang mencium akan mual.

Namun bagaimana cara menghilangkan bau prengus daging kambing dengan mudah dan tepat? Simak caranya dibawah ini ya!

1. Lumuri dengan jeruk nipis

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing dengan Cepat dan MudahPixabay.com

Hal yang sering dilakukan sebagian orang sebelum memasak daging kambing adalah mencuci dagingnya, namun ketika kamu membersihkannya, justru malah bikin bau kambing makin tidak sedap. Sebaiknya kamu lumuri keseluruh daging dengan jeruk limau atau jeruk nipis, kemudian kamu bisa diamkan beberapa saat.

2. Rempah Jahe

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing dengan Cepat dan MudahPixabay.com

Kamu bisa gunakan beberapa olahan dari rampah jahe untuk menghilangkan bau daging kambing. Namun jika kamu memasak semur, lebih baik jangan menggunakan cara ini ya sebab bisa merusak citarasa masakannya!

3. Rebus daging dengan lobak

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing dengan Cepat dan MudahUnsplash.com

Lobak adalah tumbuhan jenis umbi-umbian yang dapat menghilangkan bau daging kambing dengan cepat. Caranya, kamu bisa rebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, kemudian rebus selama setengah jam. Setelah itu kamu bisa keluarkan lobaknya, dan mulai memasak daging sesuai dengan resep yang sudah kamu siapkan.

4. Daun pepaya

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing dengan Cepat dan MudahPixabay.com

Cara membungkus daging kambing dengan daun pepaya memang sudah sering dilakukan orang Indonesia sebab cara tradisonal ini ampuh mengurangi amis pada daging. Nggak harus daun papaya, kamu bisa pakai daun jambu dan jati. Selamat mencoba!

5. Nanas muda

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing dengan Cepat dan MudahPixabay.com

Pegganti jeruk nipis, kalau kamu memiliki nanas muda di rumah, kamu bisa manfaatkan untuk menghilangkan bau prengus pada kambing. Caranya, parut nanas muda hingga bentuknya kecil-kecil, lalu balurkan ke daging mentah secukupnya, dan tunggu hingga 30 menit ya.

6. Rendam dengan cuka

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing dengan Cepat dan MudahKitchn.com

Bahan dasar cuka sangat mudah ditemukan, kamu bisa gunakan saat tidak sempat membeli rempah atau bahan lainnya. Caranya rebus 1 liter air dalam panci, tunggu sampai mendidih, lalu masukkan 1 kilogram daging kambing, dan 50 gram cuka. Setelah itu kamu bisa tiriskan dan masak sesuai keinginan.

7. Garam

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing dengan Cepat dan MudahTheHeartFoundation.com

Alternatif untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari daging kambing, sangat mudah bisa dengan garam sebab garam dapat penetralisir aroma amis darah. Kamu hanya cukup membalurkan pada daging yang telah dipotong, lalu diamkan selama satu jam sebelum dimasak ya. Dijamin bau prengus akan hilang!

Itulah cara menghilangkan bau prengus daging kambing dengan cepat yang benar. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: Trik Praktis Biar Olahan Daging Kurban Nggak Bau dan Tetap Segar

Baca Juga: 7 Cara Mengolah Daging Sapi Supaya Lebih Lunak dan Lembut

Baca Juga: 10 Resep Olahan Daging Sapi Sederhana dan Lezat