Masakan nusantara dari Indonesia memang punya cita rasa yang khas di lidah para pencinta kuliner. Dengan banyaknya rempah-rempah yang kita miliki, banyak sekali resep masakan yang bisa diolah menjadi sajian lezat untuk disantap bersama kerabat dekat kita.

Sebagai referensi, Bela bisa download Yummy App untuk mengetahui cara memasak berbagai macam resep masakan nusantara favorit kalian. Bela juga harus cobain resep masakan nusantara yang bisa menggoda lidah para pencinta kuliner, lho. Ini dia daftarnya.

1. Bubur Manado

5 Resep Masakan Nusantara yang Gurih Menggoda Lidah! Yummy.co.id

Bubur Manado adalah masakan nusantara yang unik. Nama tradisional dari masakan ini adalah Tinutuan yang berasal dari kata dasar Tuutu yang berarti nasi.

Bahan dasar Bubur Manado ini adalah beras, beberapa sayuran, dan juga jagung manis. Beberapa masyarakat di daerah sana, biasanya suka menambahkan daun pepaya untuk menjadi pelengkap bubur ini.

Sebagai pelengkap, sambal atau dabu-dabu adalah pelengkap yang sesuai, karena memang pada dasarnya masyarakat di Manado suka dengan jenis makanan yang pedas.

2. Sop Konro Khas Makassar

5 Resep Masakan Nusantara yang Gurih Menggoda Lidah! Yummy.co.id

Sop Konro adalah masakan khas dari Kota Makassar dan biasanya dibuat dengan bahan dasar iga sapi yang segar atau dengan beberapa tambahan daging sapi yang melimpah serta cita rasa bumbu yang menggoda lidah.

Ciri khas utama dari sop konro ini adalah kuah yang berwarna agak kehitaman ditambah dengan ketupat atau nasi hangat sebagai pelengkap untuk menyantap masakan dengan rasa yang luar biasa nikmat.

Bela, ternyata banyak juga penyajian untuk sop konro ini, lho. Beberapa penyajian contohnya sop konro rica-rica dan juga ada sop konro bakar. Dengan penyajian yang berbeda, tapi cita rasa masakan ini tidak jauh berbeda dari sop konro aslinya.

3. Ayam Lodho Khas Tulungagung

5 Resep Masakan Nusantara yang Gurih Menggoda Lidah! Yummy.co.id

Kuah santan yang kental dan terasa di lidah adalah salah satu ciri khas dari masakan ayam lodho khas Jawa Timur. Dengan daging ayam kampung yang direbus dengan empuk, membuat daging terasa lebih nikmat untuk dikonsumsi.

Resep masakan nusantara ayam lodho ini bisa Bela lihat di aplikasi memasak Yummy App, lengkap dengan cara memasaknya.

Dengan taburan cabe rawit yang utuh dan berukuran besar, rasa pedas dari Ayam Lodho ini membuat kita ketagihan untuk mencoba memasak salah satu masakan yang berasal dari Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.

4. Sate Lilit Khas Bali

5 Resep Masakan Nusantara yang Gurih Menggoda Lidah! Yummy.co.id

Sate lilit adalah makanan khas Pulau Dewata Bali yang punya penyajian berbeda-beda. Di Bali, biasanya sate lilit dibuat dari daging ikan, babi, ayam, juga kura-kura yang dicincang dengan halus dan dibumbui dengan rempah-rempah khas nusantara.

Kamu juga harus tahu Bela, sate lilit bisa disajikan dengan beberapa cara yang berbeda, seperti dililit pada batang sereh, atau bisa dengan batang tebu, dan juga dengan batang bambu biasa seperti sate biasa pada umumnya.

5. Seblak Khas Bandung

5 Resep Masakan Nusantara yang Gurih Menggoda Lidah! Yummy.co.id

Seblak adalah makanan khas Kota Kembang Bandung yang punya banyak penyajian. Bela harus tau, nama "Seblak" ini ternyata berasal dari kata "Nyeblak" dalam bahasa Sunda yang berarti kaget atau mengagetkan.

Paling enak, seblak disajikan dengan rasa yang pedas dan kuah yang hangat. Maka dari itu, Bela jangan lupa menyiapkan minuman dingin untuk menghangatkan perut karena biasanya seblak ini membuat perut terasa panas. Ada beberapa penyajian untuk seblak, seperti seblak kering, seblak basah, atau bisa dipadukan dengan beberapa bahan makanan lain seperti mie, ceker, cilok, otak-otak atau lain sebagainya.

Nah, bagaimana menurut Bela, yang mana dari masakan nusantara di atas yang paling Bela sukai? Kalau ingin melihat referensi dan bagaimana cara memasaknya, bisa download Yummy App di Google Play Store dan App Store. #MasakItuGampang kok.