Kerja dari rumah atau work from home adalah kondisi yang sedang banyak dirasakan oleh banyak masyarakat di Indonesia. Bela, coba deh konsumsi makanan yang mengandung zinc agar tubuh tetap fit dan sehat. Zinc adalah salah satu kandungan di dalam makanan yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita, akan tetapi memiliki fungsi yang penting untuk tubuh, yakni menjaga tubuh tetap fit dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari virus dan penyakit.

Eits, tapi bukan hanya itu saja fungsinya Bela, zinc juga mempercepat proses penyembuhan luka tubuh, memecah karbohidrat, dan juga menjaga pembentukan sel dalam tubuh lho. Nah, coba deh konsumsi makanan yang mengandung zinc berdasarkan referensi dari Popbela!

1. Cokelat hitam

Jaga Tubuh Tetap Fit, Ini 5 Bahan Makanan yang Mengandung Zinc Shutterstock/iravgustin

Cokelat hitam adalah salah satu makanan yang mengandung zinc, namun juga memiliki kandungan kalori yang cukup besar. Sebanyak 100g cokelat hitam sama dengan 3,3mg zinc. Selain itu, Bela juga bisa mendapatkan berbagai jenis antioksidan seperti polifenol, flavonoid, dan katekin dalam jumlah tinggi dari cokelat hitam ini, lho.

2. Telur

Jaga Tubuh Tetap Fit, Ini 5 Bahan Makanan yang Mengandung Zinc Unsplash/Modernista Magazine

Hampir semua orang pernah memakan telur, baik itu dalam sajian dadar, mata sapi, ataupun dengan kombinasi dengan makanan lainnya. Sayangnya banyak yang tidak menyadari bahwa di dalam telur mengandung zinc yang sangat berguna untuk menjaga tubuh tetap fit, Bela.

Satu butir telur besar memiliki kandungan 5% dari kebutuhan harian Zinc untuk tubuh manusia, lho Bela. Selain itu, telur juga mengandung 5gr lemak baik, 6gr protein, dan juga 77 kalori.

3. Produk susu

Jaga Tubuh Tetap Fit, Ini 5 Bahan Makanan yang Mengandung Zinc Shutterstock/nevodka

Zinc juga terdapat pada kandungan hasil dari susu yang sering kita konsumsi sehari-hari, contohnya adalah keju. Jenis pada produk susu bahkan yang paling mudah diserap oleh tubuh, lho Bela. Manfaat lain dari produk susu ini adalah memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, yakni protein, kalsium, dan juga vitamin D, lho.

4. Daging merah

Jaga Tubuh Tetap Fit, Ini 5 Bahan Makanan yang Mengandung Zinc Shutterstock/Gregory Gerber

Banyak anggapan bahwa daging merah dalah salah satu bahan makanan yang dapat membahayakan kesehatan. Tapi kamu harus tahu Bela, 100g daging merah mengandung 4,8mg zinc, lho. Selain itu, daging merah juga mengandung protein, vitamin B12, asam linoleat, dan asam lemak omega 3 lho.

5. Biji wijen

Jaga Tubuh Tetap Fit, Ini 5 Bahan Makanan yang Mengandung Zinc Shutterstock/pattama narkpim

Biji wijen mengandung banyak zinc. Dalam 100g biji wijen terkandung 7,8mg zinc. Bahkan, bahan makanan ini juga merupakan sumber fitosterol yang hebat karena berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Bela juga wajib tahu, khasiat lainnya dalam bahan makanan ini juga sebagai penurun tekanan darah tinggi, meningkatkan kesehatan tulang, melancarkan pencernaan, melindungi radiasi, dan meningkatkan kesehatan mulut.

Bahan makanan ini bisa Bela coba variasikan menjadi berbagai macam masakan, lho. Coba deh download Yummy App, dan pilih menu masakan yang ada disana, apalagi saat kondisi seperti ini yang tidak memungkinkan kita untuk pergi ke tempat umum.

Intinya, saat pandemi virus corona seperti sekarang ini, imunitas tubuh memang menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga. Dengan mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak zinc, kondisi tubuh Bela pasti akan lebih fit dan terhindar dari berbagai macam virus dan penyakit.