Selain menahan diri untuk jatuh cinta pada para pemainnya, salah satu hal sulit lainnya yang perlu dihadapi saat menonton K-Drama atau variety show adalah menahan rasa lapar dan keinginan untuk mencicipi kuliner Korea Selatan yang terlihat begitu lezat. Ada kimbap, tteokbokki, odeng, jjajangmeyon, jjampong, sampai makanan yang dihidangkan khusus untuk keluarga kerajaan. Bahkan, ramen saja terlihat begitu menggoda!

Ada banyak sekali ragam kuliner khas Korea Selatan yang dapat kamu temukan saat berkunjung ke negara tersebut (atau ketika berkunjung ke restoran Korea Selatan di sekitarmu!). Namun melansir dari Soompi, ada 10 hidangan yang dianggap sebagai menu klasik yang sering ditemukan dalam acara televisi kamu tonton. Kesepuluh makanan itu jadi yang wajib kamu santap, seenggaknya sekali dalam seumur hidupmu! Apa saja?

1. Jjajangmyeon

10 Makanan Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidupkitchenmisadventures.com

Mie dengan saus kacang hitam ini merupakan hidangan Cina-Korea yang paling digemari anak-anak dan orang dewasa. Ada sesuatu dari rasanya yang membuat anak-anak selalu menginginkannya dan menjadi makanan pilihan mereka. Biasanya, menu ini dihidangkan bersama dengan potongan daging dan bawang untuk memperkaya rasanya. Kamu pun akan menemukan 'danmuji' atau acar lobak kuning tersaji pada bagian atasnya. Jjajangmyeon juga cocok disantap oleh kamu yang nggak suka hidangan pedas!

2. Kimchi Jjigae

10 Makanan Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidupkoreanbapsang.com

Kimchi Jjigae atau sup kimchi ini dianggap sebagai menu klasik Korea Selatan. Ada kimchi, daging, tahu, dan sayuran lainnya yang berkumpul menjadi satu di dalam sup sehingga membuat menu ini jadi favorit. Kimchi Jjiage pun umumnya disantap dengan semangkok nasi putih dan hidangan samping lainnya. Sup ini juga jadi hidangan yang paling dicari ketika cuaca dingin. Rasanya pun sedikit lebih pedas. Jadi bagi kamu yang nggak suka makanan pedas, siap-siap berkeringat ketika menyantapnya.

3. Tangsuyuk

10 Makanan Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidupmaangchi.com

Sama seperti Jjajangmyeon, Tangsuyuk adalah hidangan khas Cina-Korea Selatan. Menu ini berupa potongan daging yang digoreng dalam rendaman minyak, kemudian ditumis dengan saus asam-manis bersama dengan potongan sayuran seperti bawang dan wortel. Hidangan ini umumnya dimakan bersama dengan Jjajangmyeon, tapi kamu juga bisa memesan menu ini sendiri, kok.

4. Tteokbokki

10 Makanan Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidup

Tteokbokki jadi salah satu makanan khas Korea Selatan yang paling sering muncul di acara televisi apapun, setuju? Ini merupakan cemilan paling terkenal sepenjuru negeri dan biasanya dijual oleh pedagang kaki lima. Tteokbokki adalah potongan kue besar yang dimasak dengan saus cabai pedas. Beberapa ada yang menghidangkannya dengan irisan bawang, kue ikan (odeng), dan telur rebus. Rasanya yang pedas ditambah harganya yang terjangkau membuat Tteokbokki jadi nagih! Biasanya tersaji dalam warna kemerahan dan pedas, namun ada juga yang menyediakan Tteokbokki dalam warna dan rasa berbeda. Ada rasa saus kacang hitam, saus alfredo, atau rasa rose. Mau coba, Bela?

5. Gamjatang

10 Makanan Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidup

Juga dikenal dengan nama sup tulang babi, hidangan ini merupakan sup dengan potongan kentang, kol, daging babi, dan sayuran lainnya. Gamjatang menjadi menu yang paling dicari saat memasuki musim dingin dan nikmat disantap dengan semangkok nasi.

6. Hanwoo atau Samgyeopsal

10 Makanan Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidupmaangchi.com

Hanwoo dianggap sebagai daging kelas A atau kelas terbaik di Korea Selatan. Ini dijual dengan harga yang cukup mahal dan biasanya dimakan tanpa nasi karena rasanya yang begitu lezat. Jika biayamu kurang untuk membeli Hanwoo, restoran Korean barbeque pada umumnya memiliki ragam daging lainnya yang bisa kamu nikmati. Salah satu pilihan lainnya yang juga cukup terkenal adalah samgyeopsal atau daging perut babi. Panggang daging yang kamu pilih, bungkus dalam daun selada bersama dengan kimchi, kemudian celupkan pada saus dan santap! Fix, kamu sudah berhasil makan seperti orang Korea Selatan asli.

7. Fried Chicken

10 Makanan Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidupcbc.ca

Fried Chicken atau ayam goreng tepung di Korea Selatan berbeda dengan yang biasa kamu santap di Indonesia, Bela. Ayam goreng tepung di negara ini biasanya terjadi dalam baluran saus yang pedas atau kurang pedas. Ada juga yang memiliki rasa bawang atau honey butter yang gurih-manis.

8. Naengmyeon

10 Makanan Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidupmaangchi.com

Pernah makan mie dingin, Bela? Nah, Korea Selatan punya menu tersebut! Namanya Naengmyeon, menu mie dingin yang terbuat dari mie soba dan disajikan dalam kuah kaldu dingin. Sebagian orang menyajikannya bersama dengan potongan lobak, buah pir, telur rebus, daging, dan tambahan cuka atau mustard. Hidangan ini biasanya jadi favorit di musim panas karena rasanya yang lezat dan kuah dinginnya yang segar.

9. Kimchi Bokkeumbap

10 Makanan Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidupmaangchi.com

Apapun yang dicampurkan dengan kimchi rasanya pasti lezat, termasuk salah satunya adalah Kimchi Bokkeumbap atau nasi goreng kimchi. Kamu hanya perlu menumis kimchi dan nasi bersama, menambahkan bumbu untuk membuat rasanya jadi lebih pedas atau gurih sesuai selera, dan memasukkan potongan daging atau telur untuk melengkapi hidangan. Ingin membuat sajian jadi lebih 'mewah'? Tambahkan potongan keju dan biarkan meleleh. Rasanya? Worth to try!

10. Bibimbap

10 Makanan Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidupkoreanbapsang.com

Kalau kamu adalah tipe orang yang senang mengaduk nasi dengan sayur dan lauk-pauk sebelum memakannya, patut mencoba Bibimbap, nih! Biasanya, Bibimbap terdiri dari nasi putih, toge, bayam, telur, daging, wortel, zucchini, timun, jamur, dan sayur lainnya. Kemudian, tambahkan minyak wijen dan biji wijen di atasnya. Aduk semuanya menjadi satu, maka hidangan siap disantap! Namun, kamu juga bisa membuat Bibimbap dengan nasi dan sayur atau lauk-pauk yang tersisa dari makan sebelumnya. Masukkan semua dalam satu mangkok dan aduk. Voila! Kamu sudah membuat Bibimbap versi kamu sendiri. Ini jadi cara asyik untuk menghabiskan sisa makanan di rumah.

Ada 10 makanan khas Korea Selatan yang wajib kamu coba. Hmm, mau makan yang mana dulu, ya, Bela?

Baca Juga: Mencicipi Kuliner Khas Korea di Jakarta