Tak hanya populer dengan tujuan wisata, negara Prancis juga dikenal sebagai surga kuliner. Terutama kue-kue manis khas Prancis, yang sudah bisa dinikmati di berbagai negara lainnya. 

Beraneka ragam kue manis khas Prancis ini tak hanya lezat, namun juga memiliki visual yang memanjakan mata. Seperti deretan kue-kue berikut ini, ada yang memiliki testur garing dan renyah dari luar, namun lembut dan lumer ketika dikunyah di dalam mulut. 

Penasaran, kan, apa saja kue-kue manisnya?  Berikut adalah deretan kue-kue khas Prancis yang mungkin belum pernah kamu coba.

1. Gâteau St. Honoré

Wajib Dicoba, Ini 10 Kue Khas Prancis Terbaik yang Jarang Diketahuifoodnetwork.com

Gâteau St. Honoré dibuat pada tahun 1847, di sebuah toko roti yang terletak di Rue St. Honoré. Namanya terinspirasi dari Saint Honoratus, yang merupakan pelindung bagi pembuat kue dan roti.

Kue ini dibuat dari dasar puff pastry dan crème chiboust, yang dikelilingi oleh choux berlapis karamel. Di atas kue ini dilengkapi dengan pita karamel sebagai topping.

2. La Dacquoise

Wajib Dicoba, Ini 10 Kue Khas Prancis Terbaik yang Jarang Diketahuifoodnetwork.com

Ada dua jenis makanan penutup ini: pertama, versi yang lebih sederhana, sementara yang kedua adalah kreasi Marjolaine, yang ditemukan oleh Koki dan pemilik restoran Prancis, Fernand Point, yang legendaris.

Kedua kue ini mengandung meringue almond dan hazelnut, yang dilapisi dengan buttercream vanilla atau cokelat.

3. Tourteau Fromagé

Wajib Dicoba, Ini 10 Kue Khas Prancis Terbaik yang Jarang Diketahuiasiaone.com

Tourteau Fromagé merupakan cheesecake yang berasal dari Poitou-Charentes. Cheesecake ini dibuat dari keju kambing, karena kebanyakan kambing di Perancis dipelihara di wilayah Poitou-Charentes.

Bahan dasar keju kambing tersebut kemudian dikocok dengan telur, tepung, gula, dan garam, untuk membuat kue sponge yang ringan dan lembut. Kulit hitam sebagai crust di atasnya dibuat dengan teknik membakar di dalam oven.

4. La Religieuse

Wajib Dicoba, Ini 10 Kue Khas Prancis Terbaik yang Jarang Diketahuiasiaone.com

La Religieuse  dibuat dengan menggabungkan dua choux atau kue soes, yang diisi krim di atas, ditumpuk, dan biasanya diberi topping cokelat atau karamel.  Krim yang dihasilkan bertekstur lembut dan manis.

5. Kouign Aman

Wajib Dicoba, Ini 10 Kue Khas Prancis Terbaik yang Jarang DiketahuiTastingTable.com

Kouign Aman pada dasarnya merupakan jenis roti croissant yang memiliki bentuk berbeda. Roti ini merupakan roti tradisional khas wilayah Brittany, yang namanya diterjemahkan dari Bahasa Breton yang artinya 'kue' dan 'mentega'.

Kue ini dibuat dari berbagai lapisan mentega yang manis, dipanggang menjadi bungkusan yang renyah namun tetap lembut. 

6. Galette de Perouges

Wajib Dicoba, Ini 10 Kue Khas Prancis Terbaik yang Jarang DiketahuiAsiaone.com

Kue ini menyerupai pizza, namun rasanya berbeda. Galette de pérouges dibuat dengan adonan manis, mirip dengan brioche, dan adonannya diratakan menjadi lingkaran yang datar, seperti pizza.

Adonan yang menyerupai pizza tersebut kemudian dibaluti mentega dan ditaburi gula, sebelum dipanggang dalam oven berbahan bakar kayu. Panas dari ovennya menghasilkan tekstur kerak yang renyah, lezat, dan caramelized

7. Pets-de-Nonnes

Wajib Dicoba, Ini 10 Kue Khas Prancis Terbaik yang Jarang DiketahuiNotreFamille

 Pets-de-Nonnes dibuat dari susu, tepung, susu, telur, gula, dan madu yang dikocok. Kue yang dari jauh mirip dengan choux ini awalnya dibuat dengan cara digoreng dahulu dengan minyak babi selama 2x atau metode double-fry, sebelum dipanggang di dalam oven.

Setelah adonan dipanggang dalam oven, kemudian ditaburi dengan gula bubuk sebelum disajikan.

8. Marie Antoinette

Wajib Dicoba, Ini 10 Kue Khas Prancis Terbaik yang Jarang DiketahuiAsiaone.com

Nama kue ini terinspirasi dari nama ratu Marie Antoninette yang dikatakan sama elegannya. Marie Antoinette pada dasarnya merupakan kue yang terdiri dari sekumpulan macaron besar yang memanjakan lidah. 

Setiap dari kepingan macaron diisi dengan krim raspberry dan krim mawar.

9. Tarte Tropezienne

Wajib Dicoba, Ini 10 Kue Khas Prancis Terbaik yang Jarang DiketahuiAsiaone.com

Juga dikenal sebagai La Tarte de Saint-Tropez, Tarte Tropézienne dibuat oleh seorang pâtissier atau pembuat kue bernama Alexandre Micka di Saint-Tropez, di mana toko kue miliknya sampai sekarang masih hadir.

Kue lezat ini dibuat dengan roti brioche yang mengapit krim pastry. Di atas kuenya ditaburi dengan gula batu sebagai topping.

10. Paris-Brest

Wajib Dicoba, Ini 10 Kue Khas Prancis Terbaik yang Jarang DiketahuiAsiaone.com

Paris-Brest merupakan kue yang mirip dengan donat namun teksturnya lebih renyah. Kue ini merupakan choux berbentuk donat yang dibelah dua secara memanjang, lalu diisi dengan pasta praline hazelnut.

Itulah deretan kue-kue Perancis yang mungkin belum pernah kamu dengar, namun wajib masuk dalam daftar makanan yang harus dicoba. Apalagi ketika kalian berkunjung ke Prrancis, deretan kue-kue ini wajib dicoba!

Baca Juga: Anti Mahal dan Ribet! 7 Resep Kue Tanpa Mixer dan Oven

Baca Juga: Sering Dikira Khas Belanda, 5 Fakta Unik Baby Dutch Pancake

Baca Juga: 13 Cake yang Dibikin Waktu Tukang Kuenya Lagi Bad Mood Berat!