Makanan merupakan kebutuhan pokok setiap dari kita. Tak jarang makanan diangkat sebagai tema berbagai acara TV untuk menarik perhatian pemirsa.

Untuk menjawab rasa penasaran tentang makanan, kita kerap mencari tahu tentang makanan melalui film, serial, atau dokumenter pilihan. Mulai dari Chef, Burnt, hingga film dokumenter populer Jiro Dreams of Sushi, acara TV terkait makanan akan selalu hadir dengan koleksi terbarunya.

Jadi Inspirasi, Ini 8 Rekomendasi Film & Serial Seputar Dunia Kulinermartinweigel.org/

Apple TV mengumumkan bahwa mereka akan segera merilis docuseries Omnivore, garapan sutradara Cary Joji Fukunaga dan koki restoran Noma, Denmark, René Redzepi. Sebuah film dokumenter tentang José Andrés's World Central Kitchen berjudul We Feed People juga akan dirilis akhir tahun ini.

Melansir Tatler Asia, berikut adalah rekomendasi film, serial, dan dokumenter favorit para koki profesional di Asia, yang menurut mereka berkesan dan menginspirasi. Patut masuk watchlist, nih, bagi kalian yang foodie!

1. The Chinese Feast 金玉满堂

https://www.youtube.com/embed/tjh6FxOXSZQ

Menurut Aaron Tan, selaku Executive Chinese Chef InterContintental Singapore, salah satu film favoritnya sepanjang masa adalah The Chinese Feast 金玉满堂. Kisahnya berpusat pada seorang gangster yang pindah ke Kanada untuk memulai hidup baru sebagai koki.

Film tersebut yang menginspirasi Aaron untuk bekerja paruh waktu sebagai pembantu dapur, sebelum memulai kariernya sebagai koki profesional.  Film ini memberikan sebuah pesan menurut Aaaron: tidak masalah memulai sesuatu dari awal, tetapi teruslah bekerja keras dan menjadi lebih baik dari apa yang kamu lakukan sebelumnya. 

2. The Mind of A Chef

https://www.youtube.com/embed/N4Blj2C_j3M

Patrick Go, selaku chef Gochugang, Dandan Eatery, dan Your Local di Filipina, berpendapat bahwa film dokumenter favoritnya yang ditonton sejak dulu adalah The Mind of a Chef, khususnya tiga musim yang dibawakan chef David Chang.

Patrick menyukai gaya memasaknya yang lugas dan cepat. Chef David Chang menunjukkan bagaimana pikirannya bekerja ketika berhadapan dengan bahan-bahan masakan tertentu.

Chef Patrick Go mengagumi caranya memasak dan mengelola restoran, meskipun dihadapkan dengan banyak tekanan.

3. Street Food

https://www.youtube.com/embed/eI_LjETc_Ak

Will Goldfarb, selaku chef Room 4 Desert, di Bali juga menyuarakan pilihannya. Serial Street Food yang tayang di Netflix, menurut pendapatnya, memberikan pandangan mengenai masakan otentik yang kurang dikenal oleh publik.

Musim pertama, hidangan di Asia, dan musim kedua, hidangan di Amerika Latin, dibawakan oleh deretan talenta lokal yang luar biasa. Hidangan yang disajikan membuat para penonton seolah-olah sedang mencicipi hidangannya melalui layar TV. 

4. Somebody Feed Phil

https://www.youtube.com/embed/Zv29Sjt7LnA

Film dokumenter favorit Mandy Goh, selalu chef di Kayuputi, Malaysia adalah Somebody Feed Phil dari Netflix, yang dibawakan oleh Philip Rosenthal. Menurut Mandy, Phil merupakan sosok yang sangat ceria dan lucu, ia menjelajahi berbagai jenis makanan dengan sangat antusias dan karismatik. 

Phil juga menyajikan makanan dari berbagai belahan dunia dengan sangat menarik. Phil mengeksplorasi berbagai jenis makanan, mulai dari fine dining hingga street food, dengan fokus pada kualitas, rasa, dan keunikan setiap hidangan.

Melalui film dokumenter yang dibawakan Phill, Mandy Goh jadi tersinpirasi untuk menjelajahi berbagai macam makanan ketika travelling.

5. Le Chef

https://www.youtube.com/embed/slF4yFbS-NE

Mari kita simak apa pendapat Simone Loisi, selaku Chef de Cuisine di Waterfall Ristorante Italiano, Shangri-La Singapore. Le Chef menurut pendapatnya, adalah film yang menghangatkan hati sekaligus kocak, yang mengangkat tema ketekunan, kerja keras, dan kepercayaan. Ketiga aspek ini, menurut Simone, sangat penting dan relevan untuk bertumbuh dalam dunia kuliner. 

Jacky Bonnot, seorang koki muda yang sangat antusias dalam filmya, menunjukkan tekad yang kuat dalam mengembangkan karier di dunia kuliner. Namun, perjalanannya penuh dengan tantangan - ia harus mulai dari menyiapkan makanan di panti jompo, hingga magang tanpa dibayar di restoran terkenal. 

Di dunia kuliner, perjalanan menjadi seorang chef yang sukses tidak selalu berjalan mulus. Menurut Simone, mereka harus selalu semangat, rendah hati, mau belajar, dan rela berkorban di sepanjang jalan. 

6. Iron Chef

https://www.youtube.com/embed/3-qPrnI0-2M

Iron Chef adalah acara TV Jepang yang menginspirasi Otto Tay, selaku juara Pastry Dunia dari Malaysia, sejak masa kecilnya. Acaranya mengumpulkan berbagai partisipan yang menantang tiga koki berbakat, yang dijuluki sebagai 'Iron Chef'. 

Acara tersebut memaparkan inspirasi di balik hidangan, biografi para koki, dan kisah seputar pembuatan hidangan. Berbagai koki dari seluruh penjuru negeri hadir untuk menantang 'Iron Chef', dan mereka diharapkan untuk menunjukkan  keterampilan memasak yang serupa untuk menyiapkan hidangan. 

7. Ratatouille

https://www.youtube.com/embed/NgsQ8mVkN8w

Ratatouille merupakan salah satu film favorit Alison Chan, co-founder dari Savor Cinema, Hong Kong, yang menggambarkan dapur mewah secara artistik. Melalui film ini, Alison Chan belajar mengenai tantangan yang dihadapi para koki wanita muda.

Prinsip 'siapa pun bisa memasak' yang ditekankan di Ratatouille juga menginspirasinya mendalami dunia kuliner. Menurut pendapatnya, film ini menerima respon positif dari kritikus karena menggabungkan teknik dan pembawaan cerita yang emosional dan personal. 

8. Tampopo

https://www.youtube.com/embed/0RtXSon0yMw

Menurut Peter Cuong Franklin, selaku chef restoran Anan Saigon, Pot Au Pho, dan Nhau Nhau di Vietnam, Tampopo merupakan film favoritnya. Film tahun 1985 garapan sutradara Jûzô Itami ini, menceritakan tentang dua pengemudi truk susu Jepang yang membantu pemilik restoran belajar memasak semangkuk mie dengan sempurna. 

Film ini menampilkan budaya Jepang melalui penyajian makanan yang unik. Peter Cuong berpendapat bahwa Tampopo merupakan salah satu film terbaik yang memberikan inspirasi ketika ia mendirikan Pot Au pho, restoran mie pho miliknya yang menyuguhkan hidangan nasional Vietnam.

Itulah deretan film, serial, dan dokumenter favorit para koki profesional di Asia, yang menurut mereka berkesan dan menginspirasi. Semoga daftar ini juga bisa jadi bahan tontonan yang menginspirasi kalian sebagai foodie, ya, Bela.

Baca Juga: IWF 2021: Tips Menulis Artikel Kuliner A la Kevindra Soemantri

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tontonan Netflix untuk Temani Kegiatan Selama Ramadan

Baca Juga: Temani Liburan, Ini 7 Rekomendasi Serial TV yang Harus kamu Tonton