Makanan yang menjadi kebutuhan primer setiap makhluk hidup ini harganya bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal harganya.

Penentuan harga makanan biasanya tergantung dari budidaya, kelangkaan bahannya, sekaligus proses pembuatannya. Makanan yang harganya sangat mahal, pastinya hanya dapat dinikmati kalangan tertentu.

Scroll ke bawah, yuk, untuk mencari tahu apa saja makanan paling mahal di dunia, mulai dari caviar hingga keju rusa. Beberapa adalah bahan makanan yang akan meningkatkan harga dari hidangan yang mungkin kamu pesan!

15. Tiram

Ini 15 Daftar Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!Pixabay.com/Patricia Alexandre

Tiram dulu tidak dianggap sebagai makanan yang mahal. Beberapa ratus tahun yang lalu, terdapat populasi tiram yang jauh lebih besar. Jumlah yang besar ini membuat semua orang mampu makan tiram sebagai hidangan yang murah. 

Setelah budidaya tiram yang membuatnya semakin langka, tiram dengan cepat menjadi makanan mewah. Saat ini, harganya sekitar US$24 - US$100 per lusin, tergantung dari kualitas dan di mana kamu membelinya.

14. Foie gras

Ini 15 Daftar Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!wealthgorilla.com

Foie gras merupakan hati bebek atau angsa, yang telah digemukkan sehingga menghasilkan kelezatan yang rich dan buttery. Sejarahnya dulu meliputi orang Mesir kuno yang biasa memberi makan burung secara paksa untuk menggemukkan mereka.

Hingga saat ini, foie gras dapat ditemukan di negara-negara tertentu di seluruh dunia, dengan perkiraan harga per pon US$90 – US$110.

13. Fugu

Ini 15 Daftar Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!wealthygorilla.com

Fugu merupakan hidangan ikan paling berbahaya di dunia. Jika tidak disiapkan dengan benar, ini bisa mematikan bagi siapa pun yang memakannya.

Oleh karena itu, persiapan hidangan Fugu dikontrol secara ketat oleh hukum Jepang. Hanya koki dengan pelatihan intensif selama tiga tahun atau lebih yang diizinkan untuk menyiapkan hidangannya.

12. Wagyu

Ini 15 Daftar Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!pexels.com/dana-tentis

Wagyu, yang artinya sapi Jepang, sering dianggap sebagai potongan steak terbaik. Dibandingkan daging sapi lainnya, wagyu mengandung kadar lemak yang lebih tinggi, sehingga lebih nikmat.

Ada beberapa jenis wagyu, termasuk Kobe, Ohmi, dan Bungo, semuanya hadir dengan harga yang bervariasi. Namun, wagyu terbaik berasal dari sapi Jepang di Matsusaka, khususnya sapi betina perawan.

Daging sapi wagyu harganya sekitar US$200 per pon. Harganya sangat mahal karena proses pemeliharaan sapi yang membutuhkan biaya besar. 

11. Biji vanilla

Ini 15 Daftar Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!yummuyummykitchen.com

Biji vanilla termasuk mahal karena sulit untuk dikembangkan di wilayah Madagascar. Sayangnya, sering ada badai di Madagascar selama bertahun-tahun, sehingga menyebabkan kerusakan pada tanaman biji vanilla. 

Kelangkaan biji vanilla lantas meningkatkan harganya. Saat ini, harganya sekitar US$300 per pon. Maka, banyak yang telah menggunakan ekstrak vanili buatan sebagai gantinya, karena harganya jauh lebih murah.

10. Iberico ham

Ini 15 Daftar Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!wealthygorilla.com

Iberico ham adalah sejenis daging yang diawetkan dari Spanyol dan Portugal. Daging ini berasal dari daging babi Iberia yang makan biji ek (acorns) di hutan.

Proses pengawetan juga berperan dalam menghasilkan rasa dan kualitas daging. Ham biasanya diawetkan selama 36 bulan. Harganya bisa mencapai sekitar US$392 per kilogram!

7. Madu manuka

Ini 15 Daftar Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!Pixabay

Madu manuka berasal dari Selandia Baru, dari bunga Leptospermum Scoparium yang lebih dikenal sebagai Manuka Bush. Madu ini dipercaya memiliki berbagai khasiat penyembuhan, mulai dari menyembuhkan sakit tenggorokan hingga flu biasa.

Kandungannya bermanfaat sebagai antivirus, antiinflamasi, dan antioksidan. Harganya sekitar US$500 per kilogram.

8. Keju rusa

Ini 15 Daftar Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!wealthygorilla.com

Keju rusa dibuat dari susu rusa. Keju ini termasuk yang termahal di dunia karena hanya diproduksi di peternakan 'Moose House' di Swedia. Ada sekitar tiga jenis keju Moose: rind, feta, dan blue cheese, yang diproduksi dalam jumlah yang terbatas.

7. Jamur matsutake

Ini 15 Daftar Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!freepik.com/ freepik

Jamur natsutake tumbuh di Asia, Eropa, dan Amerika Utara, dan merupakan bahan premium yang biasanya dihidangkan di masakan Jepang, Korea, dan Tiongkok.

Selama bertahun-tahun, jamur ini mulai langka karena sulit untuk membudidayakan jamur ini.

6. Truffle putih

Ini 15 Daftar Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!wealthygorilla.com

Berasal dari wilayah Piedmont di Italia Utara, truffle putih lebih sulit ditemukan dibandingkan yang lain, karena hanya tumbuh di antara akar jenis pohon tertentu.

Mereka dikenal memiliki rasa yang kuat dan aroma yang khas. Harganya tergantung pada kondisi di mana mereka tumbuh, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperolehnya, dan jumlahnya yang beredar.

5. Saffron

Ini 15 Daftar Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!wealthygorilla.com

Saffron merupakan rempah-rempah yang begitu mahal, karena berasal dari bunga Crocus, yang dapat dipetik hanya beberapa minggu dalam setahun di musim gugur. Memanen saffron juga cukup sulit. 

4. Ayam cermani

Ini 15 Daftar Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!wealthygorilla.com

Ayam hitam yang berasal Indonesia ini, dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, kebenaran ini masih patut dipertanyakan. Ayam cemani dijual dengan harga sekitar US$2.500, tergantung ukurannya.

3. Tuna sirip biru

Ini 15 Daftar Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!wealthygorilla.com

Tuna sirip biru dari Jepang termasuk salah satu makanan laut paling mahal di dunia. Harganya mahal karena memiliki keseimbangan rasa yang kuat dan tepat dibandingkan jenis ikan Tuna lainnya, dan kandungan lemaknya juga lebih tinggi.

2. Melon yubari king

Ini 15 Daftar Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!wealthygorilla.com

Melon ini sangat mahal harganya karena rasanya yang manis. Melon ini dianggap sebagai buah tangan yang mewah di Jepang, dan begitu dihargai warga negara Jepang. 

1. Almas caviar

Ini 15 Daftar Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!wealthgorilla.com

Almas caviar harganya per kilogram hampir sama dengan harga beberapa mobil baru. Harga yang ditawarkan tergantung pada jumlah telur yang diproduksi oleh ikan sturgeon albino, karena mereka hanya menghasilkan telur setiap 100 tahun sekali!

Itulah daftar makanan paling mahal di dunia, ada juga yang berasal dari Indonesia, lho, Bela. Apakah kamu berani mencobanya? 

Baca Juga: Viral di TikTok Sepanjang 2021, Sudah Coba 8 Kreasi Makanan Ini?

Baca Juga: 8 Kotoran Hewan dan Manusia Termahal di Dunia, Tutup Hidung!

Baca Juga: 9 Destinasi Pantai Pink Terindah di Dunia yang Wajib Dikunjungi