Di zaman era digital ini, hampir semua masyarakat sudah menggunakan media sosial. Banyak hal yang ditawarkan oleh media sosial, seperti berkomunikasi, mendapatkan dan menyebarkan informasi, mengenal teman baru, bahkan untuk berbisnis.

Dari banyak media sosial yang kita ketahui, Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang banyak digunakan masyarakat. Facebook resmi membuka café pop up yang berlokasi di area Melawai, Jakarta untuk mengajak masyarakat mengenal privasi di media sosial. 

Facebook Café ini berlokasi di Filosofi Kopi, Melawai selama tiga hari dari tanggal 13 hingga 15 September 2019. Hadirnya Facebook Café ini mengajak masyarakat untuk mengingkatkan pemahaman publik tentang pengaturan, kebijakan, dan fitur privasi yang tersedia di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Facebook Café Hadir di Jakarta, Ajak Publik Tingkatkan Privasi Doc. Istimewa

Sekarang ini berbagai cara dapat kita lakukan untuk mengatur akun yang kita miliki, salah satunya membagikan informasi di media sosial. Hal ini merupakan fitur untuk memastikan bahwa pengguna dapat memilih orang-orang yang mereka pilih untuk berbagi informasi. Namun, nggak semua orang memahami fitur dan kendali privasi di dalamnya.

Facebook Café hadir untuk meningkatkan privasi pengguna dalam media sosial. Di café ini, pengguna diajak untuk mengikuti tes privasi, yang akan membantu pengguna untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka tentang fitur dan kendali privasi di Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Pengunjung juga memiliki kesempatan untuk belajar dan meningkatkan pengaturan privasi mereka, sambil menikmati sajian dan camilan dari Facebook, sehingga mereka dapat mengetahui siapa saja yang melihat informasi dan konten yang mereka bagikan.

Facebook Café Hadir di Jakarta, Ajak Publik Tingkatkan Privasi Doc. Istimewa

“Indonesia merupakan negara ketiga di mana Facebook Cafe ini dibuka. Setelah melihat penerimaan yang sangat positif di United Kingdom dan Jepang, kami dari keluarga besar Facebook Indonesia sangat bangga sekali bisa membuka Facebook Café di Indonesia," ujar Noudhy Valdryno, Manajer Kampanye Kebijakan, Facebook Indonesia.

Facebook Café Hadir di Jakarta, Ajak Publik Tingkatkan Privasi Doc. Istimewa

Salah satu kunci utama untuk menjaga keamanan di dunia media sosial adalah dengan melindungi akun kamu, Bela. Oleh karena itu, pengguna harus bisa melindungi akun pribadi dengan memahami panduan serta alat yang tersedia di media sosial untuk melindungi privacy. Facebook memberikan beberapa tips untuk melindungi privasi kalian dengan cara, melindungi password, jangan membagikan informasi login, jangan lupa log out dari akunmu jika menggunakan komputer di tempat umum, jangan menerima permintaan teman yang kalian nggak kenal, dan jangan membuka URL yang mencurigakan.

Baca Juga: Aplikasi Facebook, WhatsApp dan Instagram ‘Down’ Secara Global