Memperhatikan pilihan makanan yang tersedia di destinasi wisata merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Sangat disayangkan jika sudah berkunjung ke suatu daerah namun tidak mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya memiliki kuliner yang khas pula dari setiap daerahnya. 

Namun, makanan yang hampir selalu ada di setiap daerah nasi goreng. Perbedaan nasi goreng pada setiap daerah terletak pada bumbu yang digunakan atau cara memasaknya. Oleh karena itu, baru-baru ini Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menetapkan Nasi Goreng menjadi salah satu dari lima makanan nasional Indonesia bersama soto, rendang, sate, dan gado-gado.

Tak hanya di Indonesia, nasi goreng juga merupakan makanan favorit dan mudah didapatkan di sejumlah negara Asia tenggara. Mulai dari restoran mewah hingga gerobak dorong sederhana biasanya menyediakan nasi goreng pada pilihan menunya. Jadi pengen makan nasi goreng ya? Tenang Bela, berikut rekomendasi nasi goreng di Ibu Kota yang bisa kamu coba.

1. Nasi goreng kambing Kebon Sirih

7 Rekomendasi Nasi Goreng Terbaik di Ibu Kota ala Travelokamoney.id

Andalan dari nasi goreng kambing kebon sirih adalah daging kambing yang digunakan sebagai utamanya dan bumbu rempahnya yang khas. Di tempat ini nasi goreng dibuat pada wajan berukuran besar yang cukup menarik perhatian. Untuk menyantap seporsi nasi goreng ini, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam yaitu seharga Rp40-45 ribu dan bisa kamu dapatkan di Jalan Kebon Sirih, Barat Dalam I No.1-3, RT.03/RW.2, Kb. Sirih, Menteng dari jam 4 sore hingga jam 3 pagi.

2. Nasi goreng kebuli apjay

7 Rekomendasi Nasi Goreng Terbaik di Ibu Kota ala Travelokasang-pelancong.blogspot.com

Nasi goreng yang satu ini cocok banget untuk kamu yang lagi laper parah. Nasi goreng di tempat ini tersedia dalam porsi yang melimpah dan potongan daging yang besar. Walaupun nasi kebuli identik dengan kambing, kamu tetap bisa menyantap nasi goreng dengan daging ayam di tempat ini. Kamu bisa menyantap nasi goreng di sini mulai dari jam 5 sore hingga jam 2 pagi di Jl. Panglima Polim IX No.19, RT.2/RW.7, Melawai, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

3. Nasi goreng mafia-Tebet

7 Rekomendasi Nasi Goreng Terbaik di Ibu Kota ala Travelokapergikuliner.com

Nasi goreng di tempat yang satu ini bisa kamu jadikan tempat untuk brunch lho, Bela. Kedai nasi goreng ini buka dari jam 10 pagi hingga 11 malam. Berbagai macam jenis dan level kepedasan nasi goreng tersedia di kedai ini dengan nama yang unik, seperti gangster, preman, dan brandal. Harga yang tidawarkan juga lebih beragam mulai dari 15-20 ribu rupiah. Tempatnya pun cukup mudah untuk dijangkau yaitu di Jl. Tebet Raya No.27D, RT.1/RW.2, Tebet Timur, Tebet, Kota Jakarta Selatan.

4. Nasi Goreng Gila OK – Menteng

7 Rekomendasi Nasi Goreng Terbaik di Ibu Kota ala Travelokaheytheresia.com

Kedai nasi goreng gila OK bertempat di Jl. Sidoarjo No.3, RT.3/RW.5, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Daya tarik dari kedai nasi goreng yang satu ini adalah rasa pedasnya yang membuat penyantapnya ketagihan. Namun jangan khawatir untuk kamu yang tidak suka pedas, di sini juga tersedia nasi goreng lainnya seperti nasi goreng telur, nasi goreng pete, dan nasi gila. Menu lain yang juga wajib kamu coba adalah nasi gila tiau yaitu nasi gila yang dipadukan dengan kwetiau. Pasti enak banget!

5. Nasi goreng gila gondrong 81

7 Rekomendasi Nasi Goreng Terbaik di Ibu Kota ala Travelokasate-taichan-konden-83-pulo-mas.business.site

Sesuai dengan nama kedainya, seluruh pegawai di kedai nasi goreng gondrong ini ternyata berambut gondrong. Lucu ya? Ciri khas dari nasi goreng ini adalah isian dari nasi goreng seperti sosis, bakso, ayam suwir dan telur ini seperti nasi goreng siram. Harga yang dipatok pun juga masih terjangkau. Seporsi nasi goreng harganya berkisar Rp25 ribu. Penasaran sama rasanya? Langsung saja ke Jl. Muara Karang Raya No.263, RT.14/RW.18, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Kedai nasi goreng ini buka dari jam 6 sore hingga jam 1 dini hari setiap harinya.

6. Nasi goreng bang ronie

7 Rekomendasi Nasi Goreng Terbaik di Ibu Kota ala Travelokapergikuliner.com

Slogan “Tempat kaki lima, rasa bintang lima” nampaknya sangat pas diberikan pada kedai nasi goreng yang satu ini. Terletak di Jl. Pinangsia Tim. No.1, RT.4/RW.5, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, kedai nasi goreng yang satu ini menyediakan 16 varian menu nasi goreng yang menggugah selera. Kunci kenikmatan Nasi Goreng Bang Ronie adalah penggunaan Kecap SH Benteng, kecap legendaris asli Tangerang. Seporsi nasi goreng ditawarkan mulai dari harga Rp9 ribu – Rp19 ribu plus kerupuk dan es teh tawar sepuasnya.

7. Nasi goreng kambing NGK-Kuningan

7 Rekomendasi Nasi Goreng Terbaik di Ibu Kota ala Travelokaksmtour.com

Berlokasi di Jl. Pedurenan Mesjid Raya, RT.6/RW.7, Kuningan, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, seporsi nasi goreng di sini dapat disantap dengan mengeluarkan uang mulai dari 27 ribu rupiah. Nasi goreng di tempat ini disajikan dengan daging kambing yang lembut dan taburan bawang goreng serta kerupuk emping. Untuk menghindari antrean yang cukup ramai, kamu bisa datang ke tempat ini di atas jam 8 malam.

Jadi, mau coba yang mana dulu nih, Bela?

Penulis: Filza Intan Mariezka

Baca Juga: 5 Etika Penyajian Makanan yang Harus Kamu Patuhi di Beberapa Negara