Restoran siap saji di setiap negara di seluruh dunia biasanya memiliki konsep yang berbeda, menu yang berbeda, promosi dan marketing berbeda yang menyesuaikan budaya, selera masyarakat dan gaya hidup di negara tersebut.

Di Camden, Inggris, restoran fast-food Wendy's mengubah maskotnya dari Wendy si gadis rambut merah berkepang dua yang kemudian ber-"transformasi" bergaya a la anak punk.

Setelah 20 tahun "menghilang" dari negara Inggris, kini restoran Wendy's hadir kembali di Inggris. Masyarakat Inggris antusias menikmati makanan cepat saji di restoran ini. Tingginya animo masyarakat Inggris membuat restoran Wendy's cukup menjamur dan memiliki 8 gerai di seluruh Inggris. Wendy's membuka cabang kedelapannya pada bulan Juni 2022 kemarin di daerah Camden, London.

Uniknya, cabang kedelapan ini menjadi sorotan publik karena adanya perubahan maskot Wendy's yang bergaya emo a la anak punk.

Terinspirasi dari seni mural di jalanan Camden, kini Wendy's bergaya punk menjadi ikon baru Wendy pada gerai cabang di daerah tersebut.

Sebenarnya gerai cabang Camden ini sudah dibuka pada 28 Juni 2022, tetapi banyak orang mengabadikan ikon Emo Wendy sebagai meme di media sosial dan ramai dibicarakan warganet.

Emo Wendy ini juga semakin populer berkat sebuah cuitan dari akun resmi majalah AltPress"Bagaimana kalau kita....mencium emo Wendy's?"  tulis akun tersebut yang sudah di-retweeted lebih dari 10.000 pengguna.

Mengapa ikon Wendy's berubah menjadi emo di cabang Camden ini?

Unik! Di Inggris, Maskot Restoran Wendy's Bergaya Emo a la Anak PunkTwitter.com/Yasminesummanx

Banyak masyarakat berspekulasi apakah Emo Wendy ini merupakan redesign atau marketing untuk menarik perhatian saja. Faktanya, Emo Wendy merupakan kampanye iklan untuk mempromosikan gerai Wendy's di daerah Camden. Pada bulan Juni 2022 kemarin, bekerja sama dengan biro iklan VMLY&R dan platform seniman Camden, Open Air Gallery merancang tiga maskot Wendy yang baru yang bertemakan Camden sebagai daerah penuh seni dan kreativitas.

Tiga maskot pun dirancang total secara berbeda, yakni punk, bouffant quiff, dan emo. Lalu, agensi iklan ini meminta warganet di Twitter kemudian diminta untuk memilih maskot Wendy's mana yang cocok menjadi 'wajah' di lokasi Camden.

"Sebagai franchise yang akan memasuki lingkungan yang kaya akan budaya dan seni, menurut kami penting untuk menunjukkan rasa hormat kepada budaya Camden dan antusiasme yang tulus dalam menjadi bagian budaya Camden," ujar Tony Barr, direktur pemasaran internasional senior Wendy's untuk APMEA & Eropa.

Yang cukup menarik, dari ketiga maskot, Punk Wendy yang berhasil dipilih dan paling banyak menerima responden dari warganet. Ikon Wendy berambut merah a la anak punk juga dapat dilihat di tembok luar restoran Wendy cabang Camden.

Maskot Emo Wendy ingin membuat kesan dan impresi abadi di area yang terkenal dengan musik, seni dan mode — dan Emo Wendy yang dipilih menjadi maskot pun tentu saja menarik perhatian internet.

Wendy yang bergaya nerd berkepang dua kini sudah bertransformasi menjadi gadis emo nan nyentrik. Menarik banget, ya, Bela!

Baca Juga: 20 Menu Restoran Cepat Saji di Dunia yang Kalahkan Indonesia

Baca Juga: 6 Menu Baru Taste of the World McDonald's, Makanan Hits Berbahan Alami

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Seputar Restoran Cepat Saji yang Perlu Kamu Ketahui