Ikon Kuliner Jakarta, Kenali 12 Rekomendasi Makanan Khas Betawi Ini

Sebagian kuliner ini sudah tak asing di telinga kita

Ikon Kuliner Jakarta, Kenali 12 Rekomendasi Makanan Khas Betawi Ini

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Sebelum bertransformasi menjadi ibu kota, dahulu Jakarta adalah sebuah kota pelabuhan bernama Sunda Kelapa. Dikuasai Kerajaan Hindu Pajajaran pada masa itu, Sunda Kelapa merupakan pusat perdagangan yang sibuk, sampai memikat bangsa Portugis di Malaka.

Sebagai Ibu Kota Indonesia, Jakarta memiliki segudang ketakjuban yang menarik atensi masyarakat lokal luar daerah maupun turis asing. Mulai infrastruktur, pergerakan ekonomi, gaya hidup, dan tempat wisata yang menarik.

Kalau bertandang ke Jakarta, jangan lupa untuk menjajal kuliner khas Betawi yang didominasi oleh rasa gurih dan berbumbu. Ini karena kuliner Betawi dipengaruhi oleh budaya Tiongkok, Eropa, dan Arab.

Berikut 13 rekomendasi kuliner khas Betawi yang wajib kamu coba, Bela. Di antaranya sudah tak asing di telinga kita.

1. Kerak telor

Camilan favorit warga Jakarta sering kali ditemukan di banyak tempat wisata Jakarta, seperti Kawasan Kota Tua, Jakarta Fair, dan Kebun Binatang Ragunan.

Kerak telor terbuat nasi ketan yang dicampur bersama telur kocok dan aneka bumbu lainnya, dan ditaburi serundeng. Ada dua jenis telur yang digunakan dalam pembuatan kerak telor, yakni telur ayam atau telur bebek.

Cita rasa gurihnya yang kuat didapat dari cara memasaknya yang menggunakan tungku api.

2. Soto Betawi

Persebaran luas kuliner soto di Indonesia sudah menyebar. Salah satunya adalah soto betawi yang menggunakan aneka jeroan sapi sebagai isian. Untuk kuahnya, soto betawi dibuat dengan campuran santan dan susu dan dimasak bersama tambahan berbagai macam bumbu dan rempah lainnya.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here