Korea Selatan punya banyak jenis acara hiburan dan entertainment untuk menggaet penonton. Sebut saja acara musik, drama, film, hingga variety show. Beberapa variety show cukup terkenal di antara para K-pop lovers, seperti Running Man, Return of Superman, Knowing Bros, dan The King of Mask Singer.

Selain bertema survival, variety show bertemakan makanan pun cukup populer, terutama di kalangan foodies. Variety show ini tentunya bukanlah hal yang baru di industri hiburan Korea Selatan.

Variety show bertema makanan ini cocok untuk kamu pencinta makanan, ingin mempelajari resep baru, atau mungkin sekadar menonton selebriti yang menikmati makanan. Mengutip Allkpop, berikut 8 variety show bertema makanan yang tidak boleh kamu lewatkan!

1. Youn's Kitchen

https://www.youtube.com/embed/_QezEdngwII

Memiliki dua musim, Youn's Kitchen merupakan cooking variety show andalan stasiun tvN selain Three Meals a Day. Variety Show ini mengusung konsep reality travel and cooking show yang menampilkan seorang celebrity chef dan sejumlah bintang top. 

Mereka diminta bepergian ke luar negeri dan membuka restoran Korea di sana dengan bahan yang sudah ditentukan. Pada season pertama, menu utama yang disajikan adalah bulgogi, dengan 3 hidangan berbeda; nasi bulgogi, mi bulgogi dan burger bulgogi. Pada season kedua, mereka menyajikan bahan utama bibimbap dengan tiga variasi menu, yaitu bulgogi bibimbap, spicy pork bibimbap, dan vegetable bibimbap.

Uniknya, setiap menunya berubah berdasarkan permintaan dan kesediaan bahan yang ada. Musim kedua Youn's Kitchen merupakan yang paling sukses dengan menampilkan eksotisme Spanyol dan para bintangnya. Salah satunya adalah Park Seo-joon yang memang sedang naik daun.

2. Three Meals a Day

https://www.youtube.com/embed/xlsEia8Z948

Three Meals a Day merupakan cooking variety show di mana tiga selebriti Korea Selatan diminta untuk tinggal bersama di desa pegunungan atau pantai. Setiap musimnya menampilkan selebriti yang berbeda, seperti Gong Hyo-jin, Lee Kwang-so, Go Ara, dan Park Shin-hye. Variety show ini cukup populer, terdiri dari 5 musim dan 1 spin off, yang menampilkan lokasi berbeda dengan tema yang berbeda pula.

Para selebriti ini merasakan hidup di alam desa tanpa alat elektronik yang tentunya menjadikan acara ini cukup unik. Variety show ini menonjolkan bagaimana ketiga selebriti itu hidup bersama dengan masyarakat setempat, merasakan hidup di pedalaman dan menyiapkan makan pagi, siang dan malam untuk para bintang tamu.

Uniknya, semuanya dilakukan secara manual tanpa peralatan modern seperti sayuran harus dipetik sendiri dan memancing ikan sendiri. Kompornya pun terbuat dari tungku tradisional yang harus selalu dikipasi.

3. Let's Eat Dinner Together

https://www.youtube.com/embed/wrB1-CpLzDY

Variety show ini terinspirasi dari Kim Sat Gat yang jalan-jalan mengelilingi Joseon dengan kondisi lapar dan beberapa masyarakat sekitar berbaik hati mengajaknya makan malam bersama.

Let's Eat Dinner Together menampilkan para selebriti yang diundang bergabung dengan pembawa acara Kang Ho-dong dan Lee Kyung-kyu, untuk melakukan perjalanan ke berbagai daerah demi mencari keluarga yang menerima mereka untuk makan bersama.

4. Delicious Rendezvous

https://www.youtube.com/embed/73eit5tTV0w

Delicious Rendezvous merupakan variety show yang berupaya membantu para petani, peternak, dan nelayan. Para selebriti ternama membantu menawarkan hasil bumi para petani, peternak dan nelayan, kepada orang-orang. Salah satu hasil bumi itu adalah jamur enoki cokelat. Biasanya para selebritI menawarkannya di tempat-tempat umum seperti stasiun dan bandara.

Lewat acara ini, kita disuguhkan betapa beratnya pekerjaan petani, peternak, dan nelayan. Proses penanaman hingga masa panen berminggu-minggu hingga berbulan-bulan lamanya. Mereka berupaya sebaik mungkin menyediakan bahan pangan yang terbaik untuk masyarakat.

5. Please Take Care of My Refrigerator

https://www.youtube.com/embed/FVktP0FKrwc

Variety show kuliner tentang masak memasak memang sudah biasa. Tetapi bagaimana kalau variety show kuliner membawa kulkas ke mana-mana DI setiap episodenya?

Please Take Care of My Refrigerator memiliki konsep unik tersebut. Variety show ini cukup sukses. Setiap episodenya menampilkan dua bintang tamu selebriti dan lemari es yang ada di rumah mereka. Nantinya, isi dari lemari es ini ditujukan kepada penonton.

Para koki nantinya harus berkompetisi membuat masakan terbaik dari bahan-bahan yang ada di dalam kulkas tersebut. Bahkan variety show ini juga pernah mengundang Gordon Ramsay sebagai bintang tamu. Agar semakin menantang, setiap koki ini hanya diberi waktu 15 menit untuk menyajikan hidangan kepada pemirsa.

6. 4 Wheeled Restaurant

https://www.youtube.com/embed/r9N3iaLekuw

Berbeda dengan konsep variety show sebelummya, 4 Wheeled Restaurant berjualan dengan konsep food truck di luar negeri. Uniknya, para koki dan selebritas Korea Selatan yang akan melayani dan menyajikan makanan untuk pelanggan.

Mereka akan memasak dan menjual beberapa menu ke penduduk lokal. Nantinya, penduduk lokal akan menilai hidangan yang dibuat oleh mereka. Setiap musimnya, variety show ini mengambil tema dan lokasi yang berbeda-beda.

Musim pertama berlokasi di Thailand, musim kedua diTiuongkok, dan musim ketiga mengambil Amerika Serikat sebagai tempat tujuannya. Namun, pada musim keempat, acara ini beralih ke Korea Selatan dan menyajikan masakan Italia dengan layanan food delivery.

7. Kang's Kitchen

https://www.youtube.com/embed/Pz1sT0NEGns

Merupakan spin off dari New Journey to The West, kali ini Kang Ho Dong cs beralih profesi menjadi koki dan mengelola restoran. Kang's Kitchen memiliki konsep mirip seperti Youn's Kitchen. Yang membedakan adalah Kang's Kitchen berlokasi tetap di Korea Selatan.

Variety show ini menampilkan kuliner Korea Selatan yang menggugah selera yang tentunya membuat kita lapar. Ada berbagai menu hidangan yang disajikan. Dari menu utama hingga hidangan penutup, seperti tteokbokki, nasi goreng kimchi, omurice, piza, patbingsu.

Kang Ho Dong cs juga dilatih langsung oleh koki ahli seperti Baek Jong Won. Tak heran jika menu kuliner yang mereka buat sungguh lezat dan menggugah selera.

8. The Hungry and The Hairy

https://www.youtube.com/embed/Zyi-L6Y67iM

Berbekal sepeda motor, duo pertemanan aktor sekaligus penyanyi Rain dan No Hong-chul, melakukan road trip sambil menikmati makanan dan pemandangan lokal di sekitar Korea Selatan. Rain yang memang suka memasak, menjadi sosok The Hungry yang kerap mengendus makanan gourmet baru ke mana pun mereka pergi. Sementara No Hong-chul 'The Hairy' turut menikmati makanan sambil mencari tren fashion biker baru untuk perjalanan mereka. Sebuah variety show yang menghibur dengan sajian kuliner dan pemandangan indah alam Korea Selatan.

Nah, itu tadi 8 rekomendasi variety show Korea Selatan bertemakan kuliner. Jika kamu menontonnya, dijamin ingin ikut mencicipi juga, deh!

Baca Juga: Jadi Inspirasi, Ini 8 Rekomendasi Film & Serial Seputar Dunia Kuliner

Baca Juga: Kocak! Beginilah 5 Aksi Curang Idol Kpop di Variety Show

Baca Juga: Auto Ngakak, Ini 10 Komedian Andalan Variety Show Korea Selatan