Minuman yang enak adalah minuman yang mempunyai ciri khas serta rasa yang enak, yang menempel di benak kita. Melihat fotonya saja membangkitkan memori kita akan rasa, vibes, keotentikan, dan momen ketika meneguk minuman tersebut.
Rasa minuman ini dipengaruhi oleh bahan, proses pembuatan, serta penyesuaian selera dari masyarakat setempat.

Saking enaknya, minuman ini tak hanya populer di satu negara saja, tetapi di seluruh dunia. Dari Yakult hingga es cendol, berikut rangkuman 13 minuman terenak pilihan Popbela dari berbagai sumber!

1. Yakult (Jepang)

Ada Cendol, Ini 13 Minuman Terenak di DuniaWikimedia Commons

Minuman probiotik asal Jepang ini menjadi penyelamat di kala sembelit. Banyak orang menjadikan minum yakult sebagai suatu rutinitas sehat. Bahan utamanya menggunakan bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain, bermanfaat memberantas bakteri jahat di usus.

2. Es Cendol (Indonesia)

Ada Cendol, Ini 13 Minuman Terenak di DuniaRinaresep.com

Memang paling enak menikmati segelas es cendol yang kenyal nan manis ini di siang hari. Es cendol cukup mendunia dan pernah masuk dalam daftar minuman terenak di dunia oleh CNN pada 2018.

Kombinasi manis gula merah, gurihnya santan yang dimasak dengan daun pandan menghasilkan minuman legit bercita rasa sangat khas. Minuman asal Jawa Barat ini disajikan dengan cendol yang kenyal berbahan dasar tepung beras.

3. Orange Juice (Amerika Serikat)

Ada Cendol, Ini 13 Minuman Terenak di DuniaFreepik.com

Orange jeruk alias jus jeruk menjadi minuman menyegarkan yang paling banyak disukai banyak orang. Meskipun cukup menjamur di berbagai belahan dunia, nyatanya orange juice berasal dari Amerika Serikat dan tercipta pada masa Perang Dunia II.

Berawal pada Perang Dunia II ketika tentara Amerika membutuhkan asupan vitamin C tinggi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Karena itu, jeruk diolah menjadi jus sebagai minuman saat sarapan pagi.

4. Sangria (Spanyol)

Ada Cendol, Ini 13 Minuman Terenak di DuniaSpanish Good Food

Lanjut ke Spanyol, ada sangria, minuman klasik beralkohol yang biasa dinikmati dalam acara besar, pesta, atau pun jamuan makan bersama keluarga dan teman. Minuman ini disajikan dengan brandy, anggur dan irisan buah berwarna merah dengan rasa menyegarkan.

Sangria berasal dari bahasa Spanyol yakni "sangre" yang berarti darah.

5. Eggnog (Inggris)

Ada Cendol, Ini 13 Minuman Terenak di DuniaBigger Bolder Chain

Selanjutnya, ada eggnog khas Inggris yang menjadi minuman wajib ketika Natal tiba. Asal-usul Eggnog pun masih sulit dijelaskan. Mengutip Times, eggnog merupakan evolusi dari minuman "posset", campuran susu dan bir yang disajikan panas yang muncul sejak abad pertengahan di Inggris.

Menurut USA Today, kala itu bangsawan Inggris mengubah eggnog menjadi minuman beralkohol dengan menambahkan brendi untuk mencegah susu dan telur membusuk nan amis, serta menghangatkan tubuh. Minuman ini bercita rasa manis dan aroma khas rempah dengan kuning telur yang dikocok ditambah air dan gula atau susu.

6. Pina Colada (Puerta Rico)

Ada Cendol, Ini 13 Minuman Terenak di DuniaThe Spruce Eats

Pina colada cukup populer di antara para pecinta minuman alkohol. Koktail ini disajikan dengan rum, krim kelapa atau santan, dan jus nanas yang dikocok dengan es. Minuman ini sangat segar disantap ketika musim panas atau sedang bersantai di pantai.

7. Fanta (Jerman)

Ada Cendol, Ini 13 Minuman Terenak di DuniaPinterest.com

Di balik populernya Fanta, ternyata ada sejarah. Tahukah kalian, bahwa Fanta dibuat untuk menggantikan Coca Cola yang bahan bakunya berhenti masuk ke Jerman pada Perang Dunia II tahun 1943.

Masa itu, Fanta dibuat dengan memanfaatkan bahan sisa pabrik seperti ampas buah dan air dadih bekas keju yang menghasilkan minuman bersoda aneka warna bercita rasa manis berperisa buah. Menarik bukan?

8. Thai Ice Tea

Ada Cendol, Ini 13 Minuman Terenak di DuniaEndeus.tv

Cita rasa kuliner Thailand yang unik dan otentik sangatlah mendunia, termasuk Thai ice tea. Thai Tea atau dikenal "Cha Yen" yang berarti teh dingin. Minuman ini diracik dengan campuran teh hitam, susu kental manis, krimer, susu evaporasi dan rempah. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat minuman ini cocok menjadi pelepas dahaga di tengah teriknya matahari.

9. Bubble Tea (Taiwan)

Ada Cendol, Ini 13 Minuman Terenak di Duniamedium.com

Minuman favorit anak millennial dan Gen-Z ini tak luput dari daftar minuman terenak di dunia. Bubble tea disajikan bersama topping bola kecil berwarna hitam yang dikenal boba. Boba terbuat dari pati tapioka yang direbus bersama sirup gula merah. Satu gigitan boba bertekstur kenyal menari-nari di mulut dengan paduan rasa manis dari milk tea sangatlah menggiurkan.

Bubble Tea disajikan pertama kali di kedai teh Shui Tang Teahouse di Taichung, Taiwan pada 1980-an. Demi menarik pelanggan, karyawan Shui Tang bereksperimen dengan mencampur bola tapioka ke dalam minuman teh susu. Alhasil, menu ini digandrungi banyak konsumen lantaran rasanya yang manis dengan boba yang kenyal.

10. Es Kelapa Muda

Ada Cendol, Ini 13 Minuman Terenak di DuniaPinterest

Tak kalah enak, es kelapa muda khas Indonesia memiliki citra baik di kancah kuliner internasional. Saking populernya, minuman ini menjadi favorit wisatawan asing ketika sedang berlibur di Indonesia.

Minuman bercita rasa manis khas dan menyegarkan ini cocok diminum ketika musim panas. Cara membuat es kelapa muda cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan air kelapa, daging kelapa muda sirup atau gula merah, dan es batu lalu diaduk hingga merata.

11. Lemonade (Mesir)

Ada Cendol, Ini 13 Minuman Terenak di DuniaLove and Lemons

Banyak orang menganggap bahwa lemonade berasal Amerika Serikat. Faktanya, minuman menyegarkan bercita rasa asam ini berasal dari Mesir dan dipercaya muncul sejak 1500 tahun lalu.

Lemonade dibuat dari bahan dasar jeruk lemon yang dicampur dengan gula atau madu, air, dan es batu.Minuman kaya akan vitanin C ini bermanfaat meningkatkan imunitas, menyehatkan kulit, dan melancarkan pencernaan.

12. Shikuwasa Juice (Jepang)

Ada Cendol, Ini 13 Minuman Terenak di DuniaPinterest.com

Identik dengan lemonade, jus shikuwasa khas Jepang ini memaparkan terobosan berbeda. Minuman ini terbuat dari shikuwasa, varietas jeruk bercita rasa asam nan menyegarkan.

Banyak orang tua di Jepang rutin minum jus shikuwasa untuk menjaga kesehatan. Deretan manfaat pun dirasakan dari jus ini, yakni mencegah alzeimer, diabetes, dan memperpanjang umur.

13. Mango Lassi (India)

Ada Cendol, Ini 13 Minuman Terenak di DuniaSimple Recipes

Terakhir, ada Mango Lassi asal India, cukup populer di seluruh dunia. Cita rasa manis, menyegarkan berpadu aroma yang otentik cocok diminum pada saat udara panas menyergap. Minuman ini terbuat dari mangga, yogurt, garam, merica, dan rempah khas India.

Lassi memiliki ciri khas dan keotentikan yang berbeda di setiap wilayah di India dan biasa disajikan pada upacara ritual keagamaan di India. Itulah deretan minuman terenak di dunia pilihan Popbela. Mana nih, yang menjadi favoritmu, Bela?

Baca Juga: Deretan 15 Makanan Terenak di Dunia, Ada Rendang, Lho!

Baca Juga: Ini 7 Dampak Buruk Minuman Bersoda untuk Kesehatan

Baca Juga: 5 Kreasi Minuman Air Kelapa Muda Segar yang Cocok untuk Buka Puasa