Malioboro, Yogyakarta, kerap menjadi destinasi favorit masyarakat untuk liburan ataupun sekadar jalan-jalan. Dikenal sebagai wisata budaya legendaris, kamu bisa berburu souvenir unik dan murah di Malioboro.

Nah, tak afdol rasanya jika berbelanja Malioboro belum mengisi perut dengan hidangan khas Yogyakarta. Menu-menu sarapan khas Yogyakarta mulai dari Pecel Senggol hingga Gudeg pun, layak kamu coba di dekat Malioboro.

Melansir dari beberapa sumber, berikut 7 rekomendasi tempat sarapan yang wajib kamu cicipi saat berada di Malioboro!

1. Pecel Senggol Beringharjo

Memiliki nama yang unik, Pecel Senggol Beringharjo ini berlokasi di depan Pasar Beringharjo, yang buka dari pukul 06:00 hingga 16:00 WIB.

Dengan harga mulai dari Rp8 ribu, sarapan dengan pecel yang kaya akan serat dan gizi ini cocok menjadi rekomendasi menu sarapan di pagi hari.

Karena lokasi warungnya yang sempit, tak heran jika warung ini diberi nama 'senggol'. Hal ini karena banyak pelanggan yang mengantre dan bersenggolan satu sama lain demi menikmati pecel legendaris ini.

2. Gudeg Yu Djum

Sebagai salah satu warung gudeg cukup legendaris di Yogyakarta, Gudeg Yu Djum terkenal dengan cita rasa yang enak dan menggugah selera.

Gudeg Yu Djum menyediakan kuliner khas Yogyakarta seperti paket Gudeg Besek & Kendil yang diburu para wisatawan. Salah satunya, menu Gudeg, Krecek, dan lima Telur dikemas dalam beser dengan harga Rp75 ribu.

Lokasinya cukup dekat dengan Malioboro, yakni di Jalan Wijilan No.31 Panembahan, Kota Yogyakarta dan buka dari pukul 07:00 - 22:00.

Karena cita rasanya yang lezat, Gudeg Yu Djum kerap jadi oleh-oleh untuk teman dan keluarga.

3. Pecel Madiun Berkat

Pecel Madiun Berkat menjadi tempat sarapan pilihan wisatawan karena harganya yang terjangkau, yakni mulai dari Rp10 ribu. Tempat makan ini berlokasi pinggir Jalan Malioboro, tepatnya di Jalan Malioboro kios No. 11, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

Pecel Madiun Berkat menyajikan menu pecel dengan porsi melimpah, seperti telur, tempe, rempeyek, dan aneka sayuran. Selain mengenyangkan, hidangan yang disajikan pun kaya akan gizi dan protein.

Tempat sarapan ini buka dari jam 06.00 - 13.00 saja. Karena itu jangan sampai kehabisan ya, Bela!

4. Soto Ayam 61

Jika kamu ingin sarapan dengan menu yang berkuah, Soto Ayam 61 bisa menjadi pilihan. Semangkuk menu soto ayam dengan lauk tambahan seperti otak sapi, perkedel, sate ayam, dan sate puyuh ini tentunya sangat mengenyangkan dan nikmat.

Untuk harganya pun terjangkau, yakni mulai Rp15 ribu per mangkoknya dan variasi lauk mulai dari Rp3.500 saja. Berdiri sejak 1976, cita rasa soto ayam ini tentunya sangat otentik dengan resep turun temurun tentunya memiliki cita rasa yang lezat.

Lokasi tempat makan Soto Ayam 61 ini berada di Jalan Margo Mulyo No.61, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Soto Ayam 61 buka setiap hari sejak pukul 06:00 hingga 16:30 WIB.

5. Empal Bu Warno

Berdiri sejak 1970, Empal Bu Warno merupakan warung empal legendaris yang menyajikan Empal Bacem yang lezat. Cita rasa manis dan gurih dari Empal Bacem dipadukan dengan sambal korek dan lalapan menciltakan. rasa nikmat yang sempurna

Empal Bu Warno berlokasi di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Buka dari pukul 08:00-16:00 WIB. Selain itu, ada menu Nasi Babat Iso yang bisa dinikmati di rumah. Harganya mulai dari Rp10 ribu.

6. Yamie Pangsit Pathuk

Jika kamu bosan sarapan dengan nasi, makan yamie bisa menjadi pilihan. Tak jauh dari Malioboro, terdapat yamie yang dijuluki sebagai yamie paling enak di Yogyakarta. Yamie Pangsit Pathuk namanya.

Baik warga lokal maupun wisatawan selalu memenuhi warung ini demi menikmati lezatnya yamie bertekstur kenyal ini. Bagi kamu yang suka makan, kamu bisa pesan yamie pangsit ukuran jumbo.

Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp13 ribu, kamu bisa menikmati semangkuk yamie pangsit yang lezat. Buka dari jam 9:00 - 21:00, Yamie Pangsit Pathuk berlokasi di Jl. Kemetiran Kidul No.63.

7. Gudeg Mbah Lindu

Nama Mbah Lindu cukup akrab di telinga masyarakat Yogyakarta dan masyarakat luar Kota Gudeg itu. Sebagai salah satu gudeg legendaris di Yogyakarta, Gudeg Mbah Lindu merupakan gudeg tertua yang sudah ada sejak zaman kolonial.

Gudeg yang dimasak dengan cara yang tradisional ini menciptakan rasa yang otentik. Gudeg legendaris Mbah Lindu sudah turun temurun ke keluarganya. Mbah Lindu dikenang sebagai sosok juru masak yang tak pelit bumbu, jadi tak heran cita rasa gudegnya sangat tinggi.

Buka setiap hari pukul 6:00-11:00 WIB, lokasinya berada di Jalan Sosrowijayan No. 41-43, Yogyakarta, tak jauh dari Malioboro.

Duh, jadi ingin mencobanya ya, Bela! Kira-kira mana nih, favoritmu?

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Kuliner dengan Pemandangan Alam Yogyakarta

Baca Juga: Mengenal Kue Kontol Kejepit, Kue Khas Yogyakarta

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Klitih yang Buat Trending #YogyaTidakAman