Okonomiyaki merupakan hidangan yang terbuat dari adonan, sayuran, kaldu, dan seafood, seperti cumi-cumi, gurita, dan udang. Hidangan yang disajikan bersama saus dan mayonaise ini dimasak di atas panggangan datar. Dalam memasak okonomiyaki, dibutuhkan teknik agar hidangan ini memiliki kematangan yang pas dan bertekstur garing di luar namun lembut di dalam.

Namun, faktanya ada beberapa teknik memasak okonomiyaki yang perlu diketahui supaya hasilnya tidak gagal. Sayangnya, beberapa kesalahan terjadi saat membuat okonomiyaki biasanya terjadi karena cara memanggang yang salah sehingga hasilnya tidak matang merata.

Mengutip berbagai sumber, berikut 5 tips membuat okonomiyaki yang sempurna!

1. Ketika memasak, jangan menekan adonan okonomiyaki

5 Teknik Memasak Okonomiyaki Anti-Gagal, Coba Yuk!Savoryjapan.com

Kunci dasar dalam membuat okonomiyaki yang sempurna yaitu ada pada teknik memanggang.

Karena itu, ketika membuat okonomiyaki sebaiknya adonan tidak ditekan di atas panggangan. Hal ini karena terdapat udara yang nantinya membentuk tekstur okonomiyaki yang lembut di dalam adonan.

Jika adonan okonomiyaki ditekan seperti membuat pancake, maka kandungan udaranya akan keluar dan membuat tesktur okonomiyaki berubah.

2. Adonan okonomiyaki didiamkan dahulu sebelum dimasak

5 Teknik Memasak Okonomiyaki Anti-Gagal, Coba Yuk!Chopstik Chronicles

Tak hanya teknik memasak, dalam membuat adonan okonomiyaki dibutuhkan perhitungan yang tepat.

Ketika membuat adonan okonomiyaki, sebaiknya jangan terlalu banyak memasukkan tepung. Tepung yang terlalu banyak bisa memberikan tekstur yang terlalu kering, sementara itu menambahkan telur dapat membuat tekstur lebih lembut dan lebih lezat.

Melansir The Kitchn, sebaiknya adonan okonomiyaki pun harus didiamkan sekitar 10-20 menit. Teknik mengistirahatkan adonan ini membuat suhu dalam adonan kembali normal sehingga bisa dibentuk dengan lebih mudah nantinya. Ketika diistirahatkan, molekul pati di dalam adonan akan menyerap cairan dalam adonan.

3. Jangan pakai api besar saat memasak okonomiyaki

5 Teknik Memasak Okonomiyaki Anti-Gagal, Coba Yuk!Livinginjapan.com

Okonomiyaki merupakan hidangan yang menggunakan teknik slow-cooking. Dalam memasak okonomiyaki membutuhkan waktu yang cukup lama agar adonan dapat matang secara merata.

Tak hanya itu saja, ketika memasak jangan menggunakan api terlalu besar, agar okonomiyaki matang sampai ke bagian dalamnya. Api yang besar dapat membuat okonomiyaki cepat gosong, namun dalamnya belum matang sepenuhnya.

4.Ukuran okonomiyaki jangan terlalu lebar

5 Teknik Memasak Okonomiyaki Anti-Gagal, Coba Yuk!Livinginjapan.com

Dalam memasak, sebaiknya ukuran okonomiyaki yang dibuat tidak terlalu lebar. Ukuran yang terlalu lebar berisiko membuat okonomiyaki pecah dan berantakan ketika dibalik.

5. Menggunakan panggangan datar anti-lengket dan ringan

5 Teknik Memasak Okonomiyaki Anti-Gagal, Coba Yuk!Tokyotreat.com

Memasak okonomiyaki lebih mudah apabila menggunakan panggangan anti-lengket dan berbahan ringan. Mengapa? Penyebaran panas sangat merata pada panggangan berbahan ringan.

Karena itu, panggangan ini menjadi pilihan tepat agar tingkat kematangan okonomiyaki pas dan mengurangi risiko gosong.

Nah, itu tadi 5 teknik membuat okonomiyaki. Semoga bermanfaat, ya, Bela!

Baca Juga: Ada Dua Jenis, Ini Perbedaan Okonomiyaki Khas Osaka dan Hiroshima

Baca Juga: Resep Okonomiyaki, Hidangan Gurih Khas Jepang

Baca Juga: 10 Momen Apes Saat Order Makanan Jepang, Nggak Sesuai Ekspektasi