Kue kering berbahan dasar kacang tanah ini sering menjadi santapan khas saat hari raya, seperti Idul Fitri dan Hari Imlek. Selain menjadi santapan saat hari raya, kue kacang juga menjadi camilan wajib yang harus ada di rumah. Kue kacang yang memiliki rasa gurih dan renyah ini dapat dibentuk menjadi berbagai varian, seperti bulat, hati, atau bulan sabit. 

Buat kamu yang ingin lebih menghemat sekaligus mengisi waktu luangmu saat weekend, yuk simak resep kue kacang berikut ini. 

Bahan Dasar Kue Kacang

Resep Kue Kacang Untuk Stok Camilan di RumahYummy Indonesia

Sebelum masuk ke proses pembuatannya, yuk siapkan dulu bahan-bahannya berikut ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapat lho!

Bahan dasar kue kacang:

  • 400 gr tepung terigu protein sedang⁣
  • 250 gr kacang tanah kupas yang sudah disangrai⁣
  • 170 gr minyak goreng⁣
  • 180 gr gula halus⁣
  • 1 sdt garam⁣
  • ¼ sdt vanilla ekstrak⁣

Bahan olesan:

  • Kuning telur, kocok lepas⁣
  • 1 sdt minyak sayur⁣

Cara Membuat Kue Kacang

Resep Kue Kacang Untuk Stok Camilan di RumahYummy Indonesia

Setelah bahan-bahannya sudah siap, langsung ke cara pembuatannya. Cara membuat kue kacang mudah dan hanya memerlukan lima langkah. Perhatikan ya.

Cara membuat kue kacang:

  1. Masukkan kacang tanah ke dalam food processor, proses hingga kacang halus atau masih sedikit kasar, sesuai selera. Sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk, campurkan tepung terigu, kacang yang sudah halus, gula halus, garam, dan vanilla ekstrak. Aduk rata, masukkan minyak sedikit demi sedikit hingga adonan dapat dibentuk.
  3. Tutupi dengan plastic wrap, masukkan ke dalam lemari es selama minimal 60 menit untuk hasil yang maksimal.
  4. Gilas adonan dengan rolling pin, cetak sesuai selera. Tata di atas loyang yang sudah diberi kertas roti. Oles dengan bahan olesan.
  5. Panggang pada oven yang sudah dipanaskan pada suhu 150 C selama 20 menit hingga kuning kecokelatan. Sisihkan dan diinginkan pada suhu ruang. Kue kacang siap untuk disajikan.
Resep Kue Kacang Untuk Stok Camilan di RumahYummy Indonesia

Gimana, Bela mudahkan untuk membuatnya? Kamu bisa jadikan kue kacang ini untuk stok camilan di rumah. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Resep Klappertaart, Kue Khas Manado yang Lembut dan Lezat